Pendukung kesebelasan Argentina. | AP/Gustavo Garello

Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia: Argentina Jaga Gengsi tanpa Messi

Argentina tidak menemui kesulitan berarti walaupun merumput di tanah Uruguay

MONTEVIDEO -- Timnas sepak bola Argentina menumbangkan Uruguay dengan skor 1-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, Sabtu (13/11) malam WIB. Pasukan Albiceleste berhasil menjaga gengsi meski tanpa Lionel Messi di babak pertama. 

Argentina tidak menemui kesulitan berarti walaupun merumput di tanah Uruguay, tepatnya di Estadio Campeon del Siglo, Montevideo. Formasi 4-2-3-1 racikan Lionel Scaloni efektif membuahkan gol cepat di awal babak pertama. 

Saat laga baru berjalan tujuh menit, Paulo Dybala sukses mencuri bola dari kaki bek Uruguay, Joaquin Piquerez. Gelandang Juventus itu menjadi motor serangan dengan menyusun serangan balik cepat. 

Ia lantas memberikan bola ke kaki Angel Di Maria yang berdiri bebas di dalam kotak penalti. Cungkilan Di Maria ke ujung kanan gawang tak mampu diselamatkan kiper lawan, Fernando Muslera.

Uruguay tak serta-merta bermain di bawah dominasi Argentina. Kehadiran Luis Suarez beberapa kali membuat kiper Argentina, Emiliano Martinez bersusah-payah menjaga gawang. Striker Atletico Madrid itu pun sempat hampir mencetak gol andai tendangannya tidak membentur mistar gawang. 

Tak hanya mengandalkan Suarez, Uruguay juga mencatat peluang dari tandukan Julian Alvarez. Beruntung, situasi tersebut mampu dikendalikan Martinez. Jual-beli serangan terus terjadi hingga babak kedua. 

Bintang timnas Argentina, Lionel Messi akhirnya masuk di babak kedua ketika laga tersisa 14 menit. Messi yang sempat absen dalam dua pertandingan terakhir bersama Paris Saint-Germain (PSG), dikabarkan pulih lebih cepat saat membela negaranya. Akan tetapi, perannya dalam laga kontra Uruguay tidak begitu signifikan dan skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi. 

Pelatih Argentina Lionel Scaloni mengaku tetap memberikan apresiasi kepada anak buahnya meski menang dengan skor tipis. Menurut dia, kemenangan tetaplah sebuah kemenangan berapapun gol yang dicetak. 

"Kadang-kadang, kita hanya perlu menang dan menerima hasilnya. Tidak untuk bermain bagus, tapi (kemenangan) tetap dihitung," katanya seperti dilansir ESPN, Ahad (14/11). 

Tiga poin ini membawa Argentina ke peringkat kedua zona Conmebol dengan 28 poin. Pemuncak klasemen, Brasil, sudah lebih dulu melangkahkan kaki ke Piala Dunia 2022 karena mengantongi 34 poin. Kemenangan 1-0 atas Kolombia memastikan langkah mereka ke pesta sepak bola terbesar sejagat. 

Uruguay berada di urutan keenam dengan 16 poin. Mereka memiliki perolehan angka yang sama dengan Cile dan Kolombia di peringkat keempat dan kelima. Hanya empat tim yang mendapat masing-masing satu tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Sementara peringkat kelima, akan masuk ke babak play-off

Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez tetap optimistis timnya mampu bangkit. Menurut dia, Suarez dan kawan-kawan berada di dalam skuad yang kolektif. Dengan kerja sama tim yang apik, ia yakin hasil baik akan segera hadir.  “Kami sudah memiliki cara mengelola pertandingan selanjutnya," ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat