Abdullah Hammoud | facebook

Kisah Mancanegara

Buka Jalan Jadi Wali Kota Muslim Pertama Dearborn

Menurut sensus 2010, 40 persen populasi Dearborn adalah warga Arab-Amerika.

OLEH KAMRAN DIKARMA

Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, pemilihan wali kota Dearborn, Amerika Serikat (AS), akan terbuka lebar. Kota itu dikenal sebagai pusat warga Arab-Amerika.

Abdullah Hammoud bakal terjun dalam kontestasi dan berharap dapat menjadi orang Arab serta Muslim pertama yang menjadi wali kota di sana. "Jika Anda memiliki pertanyaan atau ketakutan berdasarkan hal-hal yang mungkin pernah Anda dengar di media atau beberapa persepsi negatif tentang Muslim dan warga Arab-Amerika, silakan tanyakan!" katanya kepada para pemilih, dilaporkan laman Aljazirah, Sabtu (30/10).

Sejak 2007 kursi wali kota Dearborn diduduki John B O'Reilly. Namun, karena sakit, dia semakin jarang muncul di hadapan publik selama setahun terakhir.

Selasa pekan depan, Dearborn bakal menghelat pemilihan wali kota. Abdullah Hammoud, yang saat ini menjadi perwakilan negara bagian Michigan, bakal berpartisipasi dalam kontestasi. Dia telah memenangkan pemilihan pendahuluan pada Agustus lalu dengan margin cukup signifikan.

Hammoud, yang masih berusia 31 tahun, menempati urutan pertama dalam kandidat utama wali kota. Pesaingnya adalah politisi veteran Gary Woronchak (66 tahun).

Hammoud memiliki misi sederhana untuk Dearborn. Dia ingin meningkatkan kualitas kehidupan seluruh warga di sana. Dearborn menghadapi beberapa masalah mendesak, termasuk pajak properti, keamanan publik, dan banjir yang berulang.

Sebagai anggota Partai Demokrat, Hammoud menyebut dirinya "progresif pragmatis". Hammoud mengungkapkan, bagi siapa pun yang merasa tidak nyaman dengan agama, ras, dan cara pandang politiknya, dia berharap hal itu disuarakan secara terbuka.

Menurut sensus 2010, 40 persen populasi Dearborn adalah warga Arab-Amerika. Dalam beberapa tahun terakhir, komunitas Arab telah mengalami peningkatan jumlah pemilih yang stabil. Hal itu turut mendorong munculnya beberapa politisi lokal, termasuk Hammoud.

Namun, menurut Micho Assi, seorang advokat Arab-Amerika, para pemilih tidak ingin mencoblos sembarang kandidat Arab dalam pemilu. Mereka mencari kandidat berdasarkan kualifikasi. Assi berpendapat, pemilihan Hammoud akan menjadi bersejarah.

"Kami tidak dapat menyangkal fakta bahwa tidak hanya orang Arab dari segi populasi membuat persentase yang baik dari Dearborn, tapi juga orang Arab membuat perbedaan dalam ekonomi serta sejarah dan kehidupan Dearborn, sehingga mereka layak memiliki perwakilan di kepemimpinan," ujar Assi.

Sementara itu, Gary Woronchak mengungkapkan, pengalaman di bidang pemerintahan membuatnya lebih memenuhi syarat menjadi wali kota dibanding Hammoud. Woronchak adalah mantan perwakilan negara bagian dan komisaris daerah.

"Saya memiliki pengalaman paling banyak di kantor publik sejauh ini. Ini tak sebanding (dengan pengalaman Hammoud)," ucapnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat