Para pemain PSG berpose dengan trofi usai memenangi pertandingan final Piala Prancis antara Paris Saint Germain dan Monaco di stadion Stade de France, di Saint Denis, utara Paris, Rabu, 19 Mei 2021. | AP/Christophe Ena

Olahraga

29 Oct 2021, 09:26 WIB

Juara Bertahan PSG Siap Tempur

Lille enggan dipermalukan oleh penantang gelar, PSG.

PARIS -- Pemuncak klasemen Ligue 1 Prancis 2021/2022 Paris Saint-Germain (PSG) dan juara bertahan Lille akan saling bentrok pada Sabtu (30/10) dini hari. PSG masih mendominasi perburuan gelar liga sampai pekan ke-11, dengan unggul tujuh poin dari peringkat dua.

Sementara, Lille justru mengalami penurunan performa pada awal musim ini setelah hanya berada di peringkat 10 dan tertinggal 13 poin dari puncak klasemen. PSG memiliki awal yang sempurna untuk musim ini setelah hanya meraih sekali kalah dan satu kali. Rekor 100 persen mereka rusak dengan kekalahan mengejutkan 2-0 di kandang Rennes.

Namun, pasukan Mauricio Pochettino itu bangkit kembali setelah jeda internasional dengan kemenangan beruntun atas Angers di liga dan RB Leipzig di Liga Champions. Momentum bangkit itu terhenti akhir pekan lalu saat bermain imbang tanpa gol melawan Marseille. Karena itu, PSG mencoba untuk kembali ke rutinitas mereka meraih kemenangan seperti  awal musim dalam pertandingan di Parc des Prince tersebut. 

Meski hanya meraih satu poin pekan lalu, Pochettino menyebut ada beberapa aspek positif yang bisa dibawa untuk pertandingan melawan Lille, seperti tim yang solid dan terorganisasi dengan baik dengan dan tanpa bola. ''Tapi, ada beberapa hal bagus dari sudut pandang serangan, kami hanya kurang dalam penyelesaian akhir,'' ujar Pochettino, dikutip dari 90min, Kamis (28/10).

Kekhawatiran terbesar bagi penggemar PSG saat ini adalah fakta bahwa Neymar sedang melempem. Pemain berusia 29 tahun itu baru mencetak satu gol musim ini, itu pun dari titik putih. Marco Verratti bakal absen selama empat pekan karena cedera pinggul. Sementara itu, Kylian Mbappe diragukan bisa turun di Parc des Princes akhir pekan karena mengalami infeksi THT. 

Di sisi lain, Lille yang butuh momentum untuk bangkit setelah tiga pertandingan belum merasakan kemenangan, justru mendapatkan ujian terberat mereka. Kini, skuad asuhan Jocelyn Gourvennec itu belum bisa memikirkan bagaimana caranya mempertahankan gelar. 

Lille saat ini perlu bangkit untuk kembali ke papan atas Liga Prancis setelah hanya mendapatkan satu poin dalam dua laga terakhir di liga, ketika kalah dari Clermont dan imbang oleh Brest.

 Namun, Lille punya modal positif untuk percaya diri bisa menang. Sebab, Les Dogues mengalahkan PSG dalam ajang Trophee des Champions. Kapten Lille, Jose Fonte, menyatakan timnya tidak akan menyerah untuk melewati masa sulit. Selain itu, ia juga mengimbau rekan setimnya untuk tetap tersenyum dan bahagia saat menghadapi PSG karena sepak bola adalah pekerjaan terbaik di dunia.

"Anda harus tetap bereaksi, bekerja dan tidak berhenti. Kami harus bermain dengan lebih banyak energi dan dinamika,'' ucap Fonte, dikutip dari laman resmi Ligue1. 

Lille tidak akan diperkuat Benjamin Andre karena mendapatkan akumulasi kartu kuning. Karena itu, Renato Sanches kemungkinan akan jadi penggantinya. Sven Botman juga masih absen karena mengalami cedera pangkal paha hingga awal November. Sementara, Leo Jardim dinilai terlalu dini jika dimainkan melawan PSG setelah kembali dari cedera leher. 


×