GR Yaris | Youtube

Otomotif

28 Oct 2021, 09:14 WIB

Menguji Kelincahan GR Yaris dengan Drifting

GR Yaris diincar bukan hanya karena menawarkan performa khas mobil balap.

Toyota merupakan salah satu pabrikan yang ingin salalu terlibat secara serius dalam ajang World Rally Championship (WRC). Oleh karena itu, pabrikan Jepang ini pun menghadirkan produk GR Yaris.

Di Indonesia, produk itu rencananya mulai diserahkan kepada konsumen pada November 2021. Untuk membuktikan performa dari mobil hot-hatch itu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) pun menggelar journalist driving experience.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, journalist driving experience digelar di lintasan drifting agar awak media bisa merasakan performa mesin dan handling dari mobil yang didesain untuk bisa mencatat prestasi dalam balap rali tersebut.

"Mobil ini memiliki performa yang sangat andal dan sangat diminati oleh para pencinta mobil high performance. Di Indonesia, mobil ini dipesan oleh sekitar 600 orang," kata Anton dalam journalist driving experience yang digelar di Edutown Arena, BSD, Tangerang, Banten, pekan lalu.

Padahal, Indonesia hanya mendapat alokasi mobil yang dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing ini sebanyak 127 unit. Oleh karena itu, TAM menggelar pengundian untuk menentukan konsumen yang berhak membeli mobil dua pintu tersebut.

GR Yaris diincar bukan hanya karena menawarkan performa khas mobil balap. Mobil ini juga dihadirkan dengan desain yang ringkas dan eksotis. Terutama, pada bagian fasia dan bagian rear end. Untuk penunjang performa, GR Yaris didukung oleh mesin 1,6 liter turbo dengan kode G16E-GTS berkemampuan 257 daya kuda.

Republika pun sempat melibas lintasan drift di arena itu beberapa kali menggunakan mobil dengan sistem penggerak empat roda atau full time four wheel drive yang disebut dengan GR-Four tersebut. Saat digunakan untuk drifting, GR Yaris memang terasa memiliki kekuatan yang berlimpah. Produk ini juga terbukti memiliki handling yang akurat berkat racikan suspensi, bobot yang ringan, dan center of gravity yang rendah.

Apalagi, mobil yang ditawarkan dengan transmisi manual ini juga menerapkan bahan carbon fiber reinforced polymer pada atap GR Yaris yang mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan dan menurunkan center of gravity.

Hasilnya, mobil yang ditawarkan dalam transmisi manual enam percepatan ini jadi terasa sangat menyenangkan saat diajak meliuk-liuk melintasi arena drifting. Tak heran, mobil ini dinilai mampu menjawab hasrat sports car enthusiast ataupun para kolektor karena diproduksi secara terbatas.


×