Kue marzipan berbentuk wajah Kanselir Jerman Angela Merkel yang dibuat di salah satu toko di Weilbach, Jerman. | Annkathrin Weis/Reuters

Kisah Mancanegara

16 Sep 2021, 03:45 WIB

Permen Wajah Jadi Souvenir Perpisahan Sang Kanselir

Jerman akan mengadakan pemilihan umum pada 26 September mendatang.

OLEh RIZKY JARAMAYA

Permen berbahan dasar marzipan ini memang tak biasa. Marzipan ini berbentuk wajah Kanselir Jerman Angela Merkel. Marzipan edisi khusus ini dibuat sebagai souvenir untuk melepas Merkel yang akan turun dari jabatannya setelah 16 tahun berkuasa.

“Ini adalah suvenir baik untuk penggemar maupun non-penggemar Angela Merkel yang akan mundur dan telah menyelesaikan layanannya," kata Manajer Odenwaelder Marzipan, Thomas Zuber, di Negara Bagian Bavaria, di barat daya Jerman.

Ide untuk membuat marzipan berbentuk wajah Merkel muncul beberapa bulan lalu. Zuber mengatakan, sebuah tim yang terdiri dari delapan orang bertugas untuk memproduksi marzipan edisi khusus tersebut. Produksi gelombang pertama akan memakan waktu selama dua hari dan terdiri dari delapan tahap persiapan.

Odenwaelder Marzipan telah beroperasi selama 40 tahun. Bisnis yang dijalankan keluarga tersebut, sekarang memiliki mesin untuk melakukan beberapa produksi massal. Namun mereka juga mempertahankan produksi yang menggunakan keterampilan buatan tangan.

"Merkel adalah edisi khusus bagi kami. Kami akan memproduksi sekitar 500 buah,” kata Zuber. 

photo
Pekerja membuat kue marzipan berbentuk wajah Kanselir Jerman Angela Merkel yang dibuat di salah satu toko di Weilbach, Jerman. - (Annkathrin Weis/Reuters)

Zuber mengatakan, perusahaan memproduksi cetakan Merkel dengan buatan tangan. Cetakan itu kemudian diisi dengan marzipan. Zuber berkelakar bahwa marzipan edisi khusus Merkel dapat bertahan selama dua tahun. Harapannya, itu dapat “memperpanjang masa jabatan” Merkel selama dua tahun lagi.

“Kami telah membuatnya agar bertahan selama dua tahun, sehingga orang dapat memperpanjang waktu Merkel selama dua tahun lagi,” kata Zuber sambil tertawa.

Jerman akan mengadakan pemilihan umum pada 26 September mendatang.  Ada tiga kandidat yang memperebutkan kursi kanselir yaitu Olaf Scholz dari Sosial Demokrat, Armin Laschet dari Christian Democratic Union (CDU), dan Annalena Baerbock dari Partai Hijau.

Pada awal bulan ini Merkel menyatakan dukungan untuk Laschet sebagai penggantinya dalam pemerintahan. Merkel dan Laschet sempat mengunjungi Kota Hagen dan wilayah lain di negara bagian Rhine-Westphalia Utara. Wilayah tersebut mengalami kerusakan parah akibat banjir pada Juli lalu. Laschet merupakan gubernur North Rhine-Westphalia, yaitu negara bagian barat yang paling padat penduduknya di Jerman.

"Armin Laschet memimpin negara bagian terbesar di Jerman ini dengan sangat sukses. Seseorang yang bisa memimpin negara seperti itu juga bisa memimpin Jerman sebagai kanselir," ujar Markel.

Merkel mengatakan, ada tiga agenda penting yang dihadapi oleh Jerman yaitu penanganan Covid-19, banjir, dan pemilu. “Ada banyak hal yang perlu kita lakukan pada saat yang sama, yaitu virus korona, banjir dan kemudian pemilu. Saya pikir bersama-sama kita akan melakukannya dengan baik, dan Armin Laschet  tahu dia mendapat dukungan saya," ujar Merkel.

Dalam jajak pendapat, Laschet  tertinggal di belakang Social Democratic Party (SDP). Laschet telah menerima ulasan yang sangat tidak menguntungkan, setelah membuat kesalahan dalam kampanye beberapa bulan terakhir. Keberhasilan SDP dalam jajak pendapat dibantu oleh popularitas dari kandidat mereka, yaitu Menteri Keuangan Olaf Scholz. 

Sumber : Reuters/Associated Press


×