Ilustrasi Hikmah Hari ini | Republika

Hikmah

Mendidik Anak Shalat

Shalat juga mendidik anak agar terhindar dari perbuatan keji .

Oleh MUHAMMAD KOSIM

OLEH MUHAMMAD KOSIM

Shalat merupakan kunci ibadah. Mendidik anak mendirikan shalat merupakan bentuk pendidikan terbaik dari orang tua mukmin kepada anak-anaknya. Dengan mendirikan shalat, diharapkan lahir generasi saleh yang menebar kebaikan sepanjang hidupnya.

Pentingnya mendidik anak shalat juga tampak dalam kisah Nabi Ibrahim AS. Suatu ketika, ia mengantarkan istri dan putranya, Ismail, yang masih menyusui di suatu tempat yang belum berpenghuni dan tidak ada air, yaitu Makkah. Ibrahim hanya meninggalkan sekantong perbekalan berisi kurma dan kantong air.

Ibrahim kemudian pergi dan diikuti oleh Siti Hajar seraya berkata, "Wahai Ibrahim, kamu mau pergi kemana dan meninggalkan kami di lembah yang tidak ada orang dan sesuatu apa pun di dalamnya?"

Ibu Ismail itu mengulang pertanyaannya, tetapi Ibrahim tidak menoleh kepadanya. Siti Hajar berkata: “Apakah Allah memerintahkan kepadamu hal ini?” Ibrahim menjawab, “Iya.” “Kalau begitu, Allah tidak akan menyia-nyiakan kami,” jawab Siti Hajar.

Siti Hajar pun pergi. Sedangkan Ibrahim berangkat, hingga ketika tiba di suatu jalan di sebuah gundukan tanah dan tidak terlihat lagi, ia menghadapkan wajahnya ke Baitullah lalu berdoa:

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS Ibrahim [14]: 37).

Imam Qurthubi menafsirkan huruf lam pada kata liyuqimus shalah dalam ayat di atas berfungsi sebagai perintah, seolah-olah dia mohon kepada Allah agar menjamin dan memberikan taufik kepada mereka untuk mendirikan shalat.

Kisah di atas menegaskan bahwa Nabi Ibrahim AS mendahulukan permintaan agar anak keturunannya mendirikan shalat dibandingkan permohonan agar mereka mendapat rezeki dan kebutuhan dunia lainnya.

Mendidik anak dengan mendirikan shalat juga diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Sabdanya: “Apabila anak itu telah mengetahui kanan dan kirinya, maka suruhlah dia mengerjakan shalat.” (HR Abu Dawud). Jadi, shalat sudah diajarkan dan dibiasakan sejak usia dini.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, orang tua tidak boleh abai dalam mendidik anaknya mendirikan shalat. Selain mendekatkan diri pada Allah SWT, shalat menjadi media untuk bermunajat agar selamat dari berbagai bentuk bahaya.

Shalat juga mendidik anak agar terhindar dari perbuatan keji (fahsya’), serta perbuatan mungkar. Mendirikan shalat juga meningkatkan iman sekaligus imun karena shalat membuatnya ingat (zikir) kepada Allah dan zikir akan memberikan ketenangan batin.

Wallahu a’lam.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat