Ibu Negara AS Jill Biden berbicara kepada wartawan di Alaska, Rabu (21/7/2021). | AP/Mark Thiesssen

Kisah Mancanegara

Sang Ibu Negara Siap Kembali ke Ruang Kelas

Jill adalah ibu negara AS pertama yang bekerja penuh waktu, mengajar setiap Selasa dan Kamis.

OLEH LINTAR SATRIA

Jill Biden (70 tahun) akan kembali ke ruang kelas untuk mengajar. Setelah berbulan-bulan mengajar melalui layar kaca karena pandemi, ibu negara Amerika Serikat (AS) itu akan bertatap muka dengan para mahasiswa di perguruan tinggi.

Jill Biden sudah mengajar di Northern Virginia Community College sejak 2009. "Ada sesuatu yang tidak bisa digantikan dan saya tidak sabar untuk kembali ke ruang kelas," kata Jill baru-baru ini kepada majalah Good Housekeeping seperti dikutip ABC News, Selasa (7/9).

Ibu negara cukup deg-degan untuk bertemu kembali dengan para mahasiswa secara langsung. Pandemi yang hingga saat ini masih menjadi tantangan terbesar pemerintahan Presiden Joe Biden, membuat Jill harus mengajar secara virtual.

“Mengajar bukan sekadar pekerjaan. Itu bagian dari siapa saya,” kata Jill.

Menurut organisasi advokasi perempuan bekerja, Catalyst, pada 2019 perempuan hampir setengah atau 47 persen angkatan kerja AS. Jill mengatakan, dirinya selalu ingin menjadi perempuan bekerja. Ia tetap mengajar selama suaminya menjadi wakil presiden semasa pemerintahan presiden saat itu, Barack Obama.

Saat itu, Jill mungkin masih bisa mengelak soal identitasnya. Laman Washington Post pernah menuliskan, Jill kerap menghindari jika ada mahasiswa bertanya tentang nama belakangnya atau suaminya. Ia terkadang menyebut Joe Biden sebagai “kerabatnya”.

photo
Presiden AS Joe Biden dan istrinya Jill Biden tiba di Pangkalan Udara Dover di Delaware, Ahad (29/8/2021). - (AP/Manuel Balce Ceneta)

Para pengawal kepresidenan yang mengawalnya didandani sedemikian rupa agar dapat berbaur dengan kehidupan kampus. Bahkan setelah mahasiswanya lulus, saat itu tak banyak yang tahu bahwa dosen mereka adalah istri wakil presiden.  

Di kampus, Jill dikenal dengan panggilan Dr B. Ia meraih gelar sarjana pendidikan, dua gelar master, dan doktor bidang pendidikan. Ia memilih mengajar Sastra Inggris.

Kini, Jill adalah ibu negara AS pertama yang bekerja penuh waktu. Ia akan mengajar setiap Selasa dan Kamis. Para istri presiden di awal berdirinya AS tidak ada yang bekerja di luar rumah apalagi bila rumahnya Gedung Putih.

Profesor ilmu komunikasi di Boston University, Tammy Vigil, mengatakan, ibu negara yang bekerja “sesuatu yang besar artinya”. Vigil adalah penulis buku tentang Michelle Obama dan Melania Trump.

Para ibu negara itu hanya mendukung suaminya, membesarkan anak dan menjadi tuan rumah yang baik. Beberapa ibu negara pernah menjadi duta besar khusus untuk suaminya.

Eleanor Roosevelt sangat aktif keliling AS dan memberi laporan ke suaminya, Presiden Franklin D Roosevelt yang aktivitasnya terbatas karena polio. Eleanor melakukan advokasi untuk rakyat miskin, minoritas, dan kelompok tertinggal lainnya. Ia menulis untuk surat kabar dari Gedung Putih.

Laura Bush yang bekerja sebagai guru sekolah dasar dan perpustakawati berhenti bekerja setelah memiliki anak. Ia tidak lagi pernah bekerja sejak suaminya, George W Bush, terpilih memimpin AS. Hillary Clinton dan Michelle Obama yang pernah menjadi ibu bekerja, tidak melanjutkan karier mereka selama berada di Gedung Putih.

Kini, persatuan guru, National Education Association, senang dengan keputusan Jill untuk kembali ke kelas. Artinya salah satu di antara mereka kini berada dalam posisi yang berpengaruh sehingga diharapkan bisa memperbaiki kebijakan dalam pendidikan. Jill juga dinilai bisa meningkatkan citra profesi yang sudah lama dianggap kurang dihargai.

"Kini ia melihatnya dari dekat dan personal, dalam posisinya sebagai Ibu Negara. Tidak hanya memberikan suara dari tempat yang memahami, ia memiliki kesempatan untuk menciptakan platform dan pengaruh," kata Presiden National Education Association, Becky Pringle.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat