Ilustrasi CCTV untuk menjaga keamanan rumah dan smart home | Pixabay

Inovasi

Tetap Cermat Memilih Perangkat 'Penjaga Rumah'

Memiliki kamera pengawas sudah menjadi keharusan saat ini.

Memiliki kamera pengawas, baik itu CCTV atau IP Camera sudah menjadi keharusan saat ini. Terutama bagi mereka yang suka bepergian, namun ingin bisa mengawasi anak ataupun properti berharga. 

Tapi agar tidak kecewa, calon konsumen juga harus cermat dalam memilih perangkat pengawas. Termasuk, dalam hal teknoloi yang dimiliki. 

Salah satu perangkat yang bisa menjadi pertimbangan adalah, Imou Ranger 2C yang memiliki Pan atau kamera yang bisa bergerak ke kanan kiri dan Tilt atau naik turun atau atas bawah. Selain itu, Ranger 2C juga memiliki fitur human detection, video kompresi H.265, dan kemampuan 16 kali digital zoom.

Artinya, selain memiliki ketajaman kamera 1.080P Full HD, seluruh ruangan di rumah maupun kantor akan bisa juga terawasi. Sehingga setiap barang bisa terpantau dari jauh selama ada sambutan internet. 

photo
CCTV Imou - (Dok Imou)

Kamera IP ini juga sangat sensitif dengan manusia dengan kemampuan mendeteksi manusia lebih cepat untuk melaporkannya kepada Anda. “Imou Ranger 2C memastikan semua sudut rumah ter-cover. Fitur deteksi manusia akan dengan cepat menemukan target manusia dalam gambar dan segera mengirimkan notifikasi kepada Anda,” ucap Regional Sales Head of Imou South Pacific, Siti Li. 

Imou Ranger 2C juga memiliki Privacy Mode untuk membantu melindungi privasi pribadi saat berada di dalam rumah, serta fungsi smart tracking yang memungkinkan kamera mengikuti objek saat mendeteksi ada gerakan. "Perangkat ini juga diperlenglapi dengan sirine yang berfungsi menakuti tamu tak diundang menjauh dari rumah. Bahkan dia akan mengirimkan peringatan ke smartphone ketika dia mendeteksi suara yang abnormal,” lanjutnya. 

Awasi Tanaman Kesayangan

photo
CCTV Ezviz C3N untuk menjaga tanaman kesayangan - (Dok Ezviz)

 

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik mulai menjadi pilihan utama para praktisi bercocok tanam. 

Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air. Dalam metode ini, tidak diperlukan media tanah dan dalam prakteknya lebih ditekankan kepada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman.

Meningkatnya tren hidroponik, tentu harus dibarengi dengan pengetahuan tentang perawatan tanaman hidroponik. Selain harus memperhatikan kondisi air dan wadah, para pegiat hidroponik juga harus memantau keamanan tanaman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengawasi tanaman hidroponik adalah dengan bantuan kamera pintar. Perangkat canggih ini memiliki banyak keuntungan dari sisi kemudahan instalasi hingga fitur yang canggih. 

Ezviz sebagai jenama smart home security terdepan di global, berkomitmen untuk menghadirkan layanan pengawasan kepada para penggunanya. Dalam kesempatan Instagram live bersama Hidroponikpedia @hidroponikpedia, beberapa waktu lalu, Ezviz berkesempatan memamerkan C3N yang merupakan kamera pengawas luar ruang dengan beragam fitur yang bermanfaat untuk mengawasi tanaman hidroponik.

EzvizC3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan untuk perlindungan yang lebih proaktif di setiap saat. Mode tersebut memungkinkan pengguna untuk menentukan area pengawasan secara manual. 

Dimana seketika terdeteksi gerakan dari tamu tak diundang, maka perangkat akan memperingatkan pengguna melalui notifikasi di aplikasi. "Ezviz C3N sangat bermanfaat untuk menjaga kebun hidroponik. Selain menjaga dari perilaku tak bertanggung jawab, saya juga dapat dengan mudah memantau perkembangan tanaman hidroponik,” ujar Bayu Widhi Nugroho selaku Founder Hidroponikpedia.

Perangkat ini, ia melanjutkan, juga dapat memantau tumbuh kembangnya dan dapat memantau dari serangan hama seperti burung maupun binatang seperti serangga, maupun dari manusia yang ingin merusak atau mencuri tanaman tersebut. Untuk kondisi malam hari yang cukup gelap, Ezviz C3N juga mampu menangkap tayangan jernih dengan resolusi hingga Full High Definition 1.080p .

Hal ini berkat dua lampu inframerah dan dua lampu sorot terintegrasi ke dalam perangkat. Kombinasi lampu sorot dan inframerah memberikan kapabilitas Ezviz C3N untuk tiga mode penglihatan malam, mode pertama black and white yang memanfaatkan lampu inframerah, mode kedua color night vision yang memberikan penglihatan malam berwarna dengan memanfaatkan lampu sorot, dan mode ketiga smart night vision yang secara otomatis beralih dari tayangan hitam putih ke tayangan berwarna dengan menyalakan lampu sorot seketika terdeteksi gerakan manusia di area sekitar. 

 
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengawasi tanaman hidroponik adalah dengan bantuan kamera pintar.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat