Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke ibu hamil di Sentra Vaksinasi Covid-19 RSUP Dr Hasan Sadikin, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (19/8/2021).Sentra vaksinasi diperbanyak dan penguatan penanganan Covid-19 juga dilakukan dengan memperbanyak isola | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Kabar Utama

Sentra Vaksinasi Terus Diperbanyak

Penguatan penanganan Covid-19 juga dilakukan dengan memperbanyak isolasi terpusat.

JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengimbau masyarakat untuk aktif mendatangi sentra vaksinasi Covid-19. Erick yang juga Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengatakan, masyarakat memiliki peran penting agar Indonesia bisa secepatnya mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok melalui vaksinasi Covid-19. 

Erick menegaskan, pemerintah pun akan terus menggencarkan program vaksinasi. Upaya itu salah satunya dilakukan dengan memperbanyak sentra vaksinasi di berbagai daerah.

Pada Ahad (22/8), misalnya, pemerintah bersama perusahaan BUMN, TNI-Polri, dan pemerintah daerah, membuka tiga sentra vaksinasi di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menurut Erick, kegiatan vaksinasi tersebut menunjukkan bahwa pemerintah ingin masyarakat tetap sehat dan aman dari Covid-19 dengan divaksinasi Covid-19, sehingga masyarakat bisa bekerja dan beraktivitas seperti semula.

"Karena itu, kami mengimbau dan berharap agar masyarakat di Jateng dan Jatim berbondong-bondong ke lokasi vaksinasi," kata Erick di depan peserta vaksinasi yang berlokasi di Akamigas, Cepu, Jateng. Selain Erick, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga ikut meninjau langsung kegiatan vaksinasi. 

Vaksinasi Merdeka yang digelar di Cepu melibatkan berbagai pihak. Selain PT Pertamina, PT Jasa Raharja, dan Telkom, juga melibatkan Dinas Perhubungan Provinsi Jateng, Polda Jateng, dan Kodam IV/Brawijaya. Sedangkan sentra vaksinasi di Jatim yang bertempat di SMP 1 Padangan, Bojonegoro, melibatkan Pelindo III yang berkolaborasi dengan Dishub Jatim, Polda Jatim, dan Kodam V Brawijaya. Satu sentra vaksinasi lainnya digelar di Dolokgede, Bojonegoro.

photo
Sejumlah ibu hamil menjalani tahap pemeriksaan kesehatan sebelum disuntik vaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi Covid-19 RSUP Dr Hasan Sadikin, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (19/8/2021). Sebanyak 200 ibu hamil yang memiliki usia kandungan 13 minggu hingga 34 minggu mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

"Keterlibatan pemerintah pusat, perusahaan BUMN, serta instansi lain ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama sesuai arahan dan target Presiden Joko Widodo. Kami, para menteri yang hadir saat ini, akan terus mengawal dan berkolaborasi agar Indonesia Sehat yang kita cita-citakan terwujud demi Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh," lanjut Erick.

Menurut rencana, sebanyak 15 ribu vaksin disiapkan untuk tiga sentra vaksinasi tersebut. Tak hanya melayani masyarakat dari kalangan umum, lansia, dan pelajar, para pekerja layanan publik dan pekerja di sumur minyak dan gas blok Cepu juga menjalani vaksinasi. 

Pemerintah menargetkan angka indeks reproduksi (RT) Covid-19 bisa ditekan hingga di bawah 1 persen. Tingkat kasus positif diharapkan bisa segera turun di bawah lima persen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (erickthohir)

Laju vaksinasi juga dipercepat dengan mengadakan kegiatan vaksinasi di tempat kerja, seperti pabrik. Kemarin (22/8), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, memantau langsung kegaitan vaksinasi massal terhadap sekitar 1.000 buruh di pabrik garmen PT Pan Brothers, Desa Butuh, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

"Kami mendukung supaya vaksinasi di pabrik-pabrik lebih banyak lagi dan juga bagaimana melihat proses pengujian dan penelusuran kasus Covid-19 yang dilakukan di Kabupaten Boyolali," kata Budi. 

Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada para pekerja untuk tidak takut melapor jika tertular Covid-19. Menkes menekankan, kejujuran tersebut sangat penting guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Penting bagi penderita Covid-19 agar bisa mendapatkan tindakan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Tidak usah takut karena bukan aib. Jika kena (terinfeksi Covid-19), tidak apa-apa dilakukan isolasi dan lebih baik di tempat isolasi terpusat (isoter). Insya Allah tidak ada buka tutup-buka tutup lagi jadi kita bisa berjalan seimbang antara kesehatan dan ekonomi," kata Menkes.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI-Polri siap membantu Menkes melaksanakan vaksinasi di seluruh lini di wilayah Boyolali, termasuk juga melakukan testing dan tracing atas kasus konfirmasi positif Covid-19 di wilayah Boyolali.

TNI dan Polri melaksanakan treatment terhadap warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk dirawat di tempat isoter bagi yang masuk gejala ringan hingga sedang. Sedangkan, warga yang isolasi mandiri (isoman) terus dilakukan pendampingan dan perkembangannya selalu dipantau. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, target vaksinasi khusus untuk buruh di wilayah Solo Raya sebanyak 100 ribu orang. Target tersebut diharapkan tercapai pada Agustus ini. 

Menurut Kapolri, kegiatan vaksinasi tentunya dilakukan secara bertahap dan akan terus ditambah jumlahnya. "Begitu juga untuk lingkungan masyarakat, terus diakselerasi sehingga diharapkan di akhir Desember 2021 angkanya akan cukup bagus," kata Sigit. 

photo
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke ibu hamil di Sentra Vaksinasi Covid-19 RSUP Dr Hasan Sadikin, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (19/8/2021). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Isolasi terapung

Penguatan penanganan Covid-19 juga dilakukan dengan memperbanyak isolasi terpusat (isoter). Untuk luar Pulau Jawa, pemerintah menyediakan fasilitas isoter terapung atau isoter di atas kapal laut yang bersandar di pelabuhan. 

Terbaru, fasilitas isoter terapung disediakan di KM Bukit Raya di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara. Sabtu kemarin, Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung isoter terapung tersebut. 

Erick mengatakan, isoter terapung di Medan merupakan fasilitas kedua, setelah sebelumnya disediakan di Makassar. "Ini langkah inovasi dan bukti kehadiran pemerintah yang bisa dilakukan di daerah lain yang butuh ruang isolasi dalam jumlah besar," ujar Erick.

Sarana isoter di atas KM Bukit Raya ini disiapkan PT Pelindo I (Persero) dengan menyediakan pelayanan dan fasilitas bersandar di dermaga bagi kapal laut milik PT Pelni tersebut. Pelindo I memastikan keamanan di lingkungan kapal, membuka akses/jalur khusus ke kapal isoter, pembatasan akses ke kegiatan bongkar muat, dan suplai air bersih melalui PDAM Tirtanadi.

photo
Kapal Motor (KM) Bukit Raya yang akan dijadikan tempat isolasi terpusat (isoter) tiba di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara, Senin (16/8/2021). Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan PT Pelni menyediakan ruang isolasi terapung bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala (OTG) dengan kapasitas 450 tempat tidur. - (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Isoter terapung tersebut memiliki 450 unit tempat tidur untuk pasien dan 13 unit untuk tenaga kesehatan. Fasilitas Isoter ini akan difungsikan untuk waktu lama oleh Pemerintah kota Medan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan, khususnya Medan Utara akan ruang isoman yang memadai dan punya fasilitas lengkap.

"Diharapkan pasien yang  bergejala ringan,  OTG di Medan dapat menggunakan  isoter ini karena sudah dilengkapi dengan fasiltas dari pemerintah, berupa pendampingan, layanan nakes dan obat-obatan," kata Erick. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, salah satu kunci menangani Covid-19 adalah penyediaan fasilitas isoter yang memadai. "Selama ini fasilitas isolasi mandiri ada di darat dan kebetulan kapal Pelni tidak berkegiatan selama masa pandemi. Kita berinisiatif menggunakannya sebagai isoter. Saat isoter pertama diluncurkan di Makassar, hasilnya sukses," kata Menhub.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pelayaran Nasional Indonesia (@pelni162)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat