Relawan menyiapkan tabung oksigen untuk dipinjamkan kepada warga di kawasan Utan Kayu, Jakarta, Ahad (11/7/2021). Program oksigen untuk warga yang digagas oleh Gerakan Solidaritas Sejuta Antigen untuk Indonesia tersebut meminjamkan tabung oksigen secara g | Prayogi/Republika.

Laporan Utama

Isi Oksigen Gratis dari Sahabat

Para relawan menjalankan misi mulia dengan membuka pengisian tabung oksigen secara cuma-cuma.

OLEH ANDRIAN SAPUTRA

Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa hari terakhir telah meningkatkan kebutuhan akan oksigen. Permintaan terhadap isi ulang tabung oksigen di beberapa lokasi meningkat tajam sehingga menyebabkan habisnya persediaan.

Di tengah kondisi tersebut para relawan yang tergabung dalam relawan Sahabat Indonesia menjalankan misi mulia dengan membuka pengisian tabung oksigen secara cuma-cuma. 

Aksi para relawan Sahabat Indonesia mengisi tabung oksigen warga secara gratis sudah berlangsung sejak awal Juli lalu. Pusat pengisian oksigen gratis ini berada di Jalan Kaum nomor 12 Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Langkah para relawan itu pun disambut antusias oleh masyarakat khususnya di Cileungsi dan sekitarnya.  

Salah satu relawan Sahabat Indonesia, Arif mengatakan, sejak hari pertama pusat pengisian oksigen gratis dibuka, masyarakat telah berbondong-bondong datang membawa tabung oksigen. Mereka pun rela mengantre dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurut Arif, sejauh ini para relawan mampu melakukan pengisian ulang 50 tabung oksigen warga  setiap hari. Relawan pun akan memprioritaskan pengisian tabung oksigen bagi warga yang anggota keluarganya  dalam kondisi darurat.

photo
Relawan menyiapkan tabung oksigen untuk dipinjamkan kepada warga di kawasan Utan Kayu, Jakarta, Ahad (11/7/2021). Program oksigen untuk warga yang digagas oleh Gerakan Solidaritas Sejuta Antigen untuk Indonesia tersebut meminjamkan tabung oksigen secara gratis kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri Covid-19 dengan mengisi formulir secara daring. Prayogi/Republika. - (Prayogi/Republika.)

"Respons masyarakat sangat baik sekali, mereka sangat membutuhkan. Alhamdulillah sehari itu mungkin bisa sampai 50 lebih tabung oksigen warga yang kami isi," kata Arif kepada Republika beberapa waktu lalu.

Menurut Arif, pasokan dan peralatan lainnya diperoleh dari seorang donatur yang juga relawan Sahabat Indonesia. Meski saat ini masih berpusat di Cileungsi, para relawan berharap aksi baik tersebut bisa meluas di beberapa lokasi lain sehingga bisa lebih memperluas manfaatnya bagi masyarakat.Lebih lanjut, Arif mengatakan para relawan tidak membatasi berapa banyak pengisian tabung oksigen warga. Biasanya warga membawa 1 sampai 3 tabung oksigen untuk diisi ulang.

Selain untuk warga, pusat pengisian oksigen gratis itu pun ikut membantu dalam memenuhi kebutuhan oksigen Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat. Untuk memperoleh oksigen gratis warga terlebih dulu untuk memberi informasi kepada relawan baik langsung maupun melalui pesan singkat. Mereka harus mendaftarkan nama, alamat serta melengkapi nomor telepon yang bisa dihubungi.  

photo
Papan informasi oksigen habis dipasang jasa isi ulang tabung oksigen di Yogyakarta, Jumat (9/7/2021). Hingga kini pasokan oksigen masih belum normal. Prioritas pasokan oksigen dari produsen masih untuk medis atau rumah sakit. - (Wihdan Hidayat / Republika)

Para relawan pun tengah mengupayakan penambahan kapasitas pengisian oksigen sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat menerima. Menurut Arif, gagasan dibukanya pusat pengisian oksigen gratis lantaran keprihatinan para relawan melihat sulitnya masyarakat memperoleh akses oksigen di tengah meningkatnya lonjakan kasus Covid-19.

Menurut dia, adanya titik-titik baru pusat pengisian oksigen juga akan lebih mempermudah warga serta mengantisipasi terjadinya kerumunan yang dapat berpotensi pada munculnya kasus baru Covid-19. "Ini banyak banget yang membutuhkan, kita cuma ingin menolong. Karena untuk mencari oksigen kan terlalu sudah banget sekarang, dan untuk mengurangi kerumunan, antrean masyarakat juga di satu pusat pengisian oksigen," kata dia.

Para relawan pun rela bergantian dan menyisihkan waktu mereka untuk melayani warga memperoleh oksigen. Di pusat pengisian oksigen gratis di Cileungsi ada sekitar enam orang relawan yang setiap harinya berjaga dan melayani warga.

Pusat pengisian oksigen gratis di Cileungsi mulai buka pukul 7 pagi. Jika ketersediaan oksigen masih memenuhi, para relawan pun tetap bersiaga hingga pukul 12 malam.

Menurut Arif, program isi ulang oksigen gratis itu akan terus diupayakan ada selama para relawan masih dapat menerima stok oksigen. Ia berharap aksi kecil para relawan dapat menyelamatkan warga khususnya pasien yang mengalami penurunan oksigen saat terinfeksi Covid-19. 

Arif sendiri tidak saja bertugas menjadi relawan pengisian tabung oksigen warga. Di sela-sela luang, Arif mengaku menyempatkan diri untuk ikut dalam aksi penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga maupun di fasilitas umum.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat