Ilustrasi balapan Formula Satu atau F1. | AP/Luca Bruno

Olahraga

Berharap Tuah Silverstone dalam Formula Satu

Red Bull Racing unggul 44 poin dari juara musim lalu Mercedes di Formula Satu (F1) musim ini.

SILVERSTONE -- Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen semakin menegaskan status sebagai pesaing terberat juara bertahan Formula Satu (F1) Lewis Hamilton pada musim ini. Dari sembilan seri yang telah digelar, Verstappen sukses mengemas lima kemenangan, unggul tiga dari Hamilton.

Tiga dari lima kemenangan itu ditorehkan Verstappen pada seri-seri terakhir. Imbasnya, Verstappen unggul 32 poin atas Hamilton di papan klasemen sementara pembalap.

Sementara dari segi capaian tim, untuk kali pertama sejak era mesin hybrid, Red Bull Racing meraih lima kemenangan beruntun dalam satu musim F1. Empat dari lima kemenangan itu dipersembahkan oleh Verstappen. Red Bull Racing pun unggul 44 poin dari juara musim lalu Mercedes di papan klasemen sementara konstruktor F1 musim ini.

Merespons ancaman dari Red Bull Ring, Mercedes akhirnya memperbaiki sejumlah aspek pada mobil F1 W12 yang dikendarai oleh Hamilton dan Valtteri Bottas. Peningkatan ini yang akan dibawa Mercedes ke GP Inggris yang bakal dihelat di Sirkuit Silverstone, akhir pekan ini.

Pengembangan tersebut bukan satu-satunya modal yang dimiliki Mercedes untuk mematahkan dominasi Red Bull Racing pada lima seri terakhir. Mercedes memiliki Hamilton, pembalap dengan koleksi kemenangan terbanyak di Sirkuit Silvertone dalam pentas F1, yaitu tujuh kemenangan.

Dari 14 kesempatan tampil di Sirkuit Silverstone, pembalap asal Inggris itu berhasil 10 kali naik podium. Tidak ada satu pun pembalap sepanjang sejarah gelaran F1 yang meraih koleksi kemenangan lebih dari Hamilton di Sirkuit Silverstone. Terakhir, Hamilton menjadi yang tercepat di Sirkuit Silverstone pada musim lalu.

Selain mengakhiri puasa kemenangan, Hamilton memiliki motivasi tersendiri untuk finis di podium tertinggi akhir pekan ini. Menurut dia, sejak pertama membalap di F1 pada 2007 silam, dukungan penonton di Silverstone benar-benar luar biasa dan tidak didapatkan di tempat lain.

Ia ingin membalas dukungan itu nanti. Momennya sangat pas karena setelah dalam beberapa seri tanpa penonton, GP Inggris bakal dihadiri penggemar balap jet darat ini. Setidaknya, 140 ribu orang diperkirakan bakal memenuhi Sirkuit Silverstone setelah penyelenggara mengizinkan penonton menyaksikan langsung.

“Saya ingin melakoni seri ini dengan antuasisme tinggi dan berharap bisa mendapatkan hasil maksimal akhir pekan nanti,'' tutur Hamilton seperti dilansir laman resmi F1, Jumat (16/7).

Hamilton menegaskan, dukungan penonton menjadi salah satu modal berharga. Ia juga berharap format baru saat kualifikasi, yaitu sesi sprint race, bisa membantunya memangkas jarak poin dengan Verstappen. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah F1, FIA menerapkan sprint race pada sesi kualifikasi. Sprint race merupakan versi mini dari sesi balapan utama. Nantinya, para pembalap akan menempuh jarak 100 kilometer atau sekitar 17 lap dalam sebuah sesi balapan.

Rencananya, sprint race ini akan digelar pada Sabtu (17/7) waktu setempat. Selain bakal menentukan posisi pole position pada sesi balapan utama, tiga pembalap terdepan juga akan mendapatkan tambahan poin di papan klasemen sementara. Tiga poin untuk pembalap terdepan, dua poin untuk peringkat kedua, dan satu poin bagi pembalap peringkat ketiga.

"Saya harap semua elemen itu bisa mendukung kami untuk memangkas jarak dengan Red Bull, yang mampu meningkatkan performanya begitu pesat dalam beberapa seri terakhir," tutur Hamilton.

10 Besar Klasemen Sementara Pembalap F1

1 Max Verstappen RED BULL RACING HONDA 182

2 Lewis Hamilton MERCEDES 150

3 Sergio Perez RED BULL RACING HONDA 104

4 Lando Norris MCLAREN MERCEDES 101

5 Valtteri Bottas MERCEDES 92

6 Charles Leclerc FERRARI 62

7 Carlos Sainz FERRARI 60

8 Daniel Ricciardo MCLAREN MERCEDES 40

9 Pierre Gasly ALPHATAURI HONDA 39

10 Sebastian VetteL ASTON MARTIN MERCEDES 30

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat