Pedagang sembako dan sayuran melayani pembeli di Pasar Subuh, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). Pemerintah terus berupaya untuk mengoptimalkan penerimaan negara melalui sektor perpajakan, dengan berencana mengenakan Pajak Pertambahan Nilai | ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI
12 Jul 2021, 12:27 WIB

Hadirkan Sajian Menyehatkan: Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran kaya manfaat bagi tubuh dengan pengolahan yang baik dan tepat.

OLEH UMI NUR FADHILAH

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah guna mencegah penularan Covid-19. Kondisi itu tentu tidak memungkinkan bagi warga untuk makan di luar rumah. Solusinya adalah memesan makanan sehat secara daring atau lebih baik memasak makanan sendiri di rumah.

Hal yang penting untuk dilakukan saat ini adalah dengan menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas. Ahli gizi dan pakar kuliner menyebutkan, setiap orang dapat menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imunitasnya, misalnya dengan mengonsumsi buah dan sayur.  

“Makanan yang mengandung gizi spesifik bisa berperan menunjang berbagai aktivitas sistem imun,” kata Ahli Gizi di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo dalam keterangan tertulisnya, dua pekan lalu. 

Terkait

Chef Yuda Bustara juga menekankan pentingnya buah dan sayuran pada makanan. Dia tidak menyarankan untuk makan makanan instan atau yang tidak matang. Untuk anak kos, misalnya, dia mencontohkan bisa menumis daging dengan tambahan saus botol, sambel ulek, sayuran segar, dan nasi. “Makanan itu simpel di setiap kondisi,” ujar dia.

Hal senada juga diutarakan chef Chandra Yudaswara. Dia merekomendasikan kudapan yang bisa menggunakan bahan dengan teknik mengolah cepat dan mudah untuk hasil yang terbaik. Dia mencontohkan, memasak sayuran dengan cara menumis cepat agar tidak merusak kandungan nutrisinya. “Makanan yang dibutuhkan adalah yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi, khususnya zinc, di masa pandemi ini,” katanya.

photo
Buah dan sayuran kaya manfaat bagi tubuh dengan pengolahan yang baik dan tepat. - (Pixabay)

Buah dan sayuran bagi Chef Vindex Tengker merupakan bahan makanan yang benar-benar kaya manfaat dan baik bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, maka pengolahannya perlu diperhatikan dengan baik. “Semua harus balance. Pakai juga bumbu yang ada manfaatnya, bawang putih, jahe,” ujar dia.

Selain makanan, untuk menjaga imunitas bisa dipenuhi dengan obat tradisional. Menurut Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Bambang Wibowo, pemanfaatan obat tradisional, termasuk di masa pandemi ini, merupakan salah satu upaya pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan.

Dikutip dari laman yankes.kemenkes.go.id, ada enam resep ramuan tradisional untuk menjaga daya tahan tubuh. Pertama adalah rebusan jahe merah, jeruk nipis, kayu manis, dan gula merah. Kedua adalah campuran kunyit, lengkuas, jeruk nipis, air, dan gula merah. Lalu, ketiga adalah campuran pegagan, jahe merah, temulawak, air, dan gula aren. 

Campuran keempat adalah kencur, beras, daun pandan, air, dan gula aren. Kelima adalah campuran kencur kupas, beras, air, dan gula aren. Juga, ada campuran daun kelor dan air. Keenam, bawang putih tunggal, air hangat, dan madu.

Yuda juga mengakui soal minuman tradisional, seperti empon-empon untuk menambah imunitas. Namun, dia lebih memilih minuman dari jus buah untuk kebugaran. “Kalau bisa makan buah langsung lebih bagus, ada seratnya. Kalau blender, cari yang seratnya ikut diblender.”

Vindex juga lebih memilih asupan vitamin dari jus. Sedangkan, untuk vitamin dan empon-empon dari jenis serbuk, dia mengimbau untuk lebih memahami kandungannya. “Kalau buatan sendiri, itu lebih bagus dan praktis juga. Mungkin, jahe, temulawak, teh hijau, sama air putih bagus untuk tubuh,” kata dia.

photo
Buah dan sayuran kaya manfaat bagi tubuh dengan pengolahan yang baik dan tepat. Kalau bisa makan buah langsung lebih bagus, ada seratnya. Kalau blender, cari yang seratnya ikut diblender. - (Pixabay)

Menjaga daya tahan tubuh

Beberapa daerah di Indonesia saat ini tengah menghadapi lonjakan pandemi Covid-19 dan keadaan cuaca yang tak menentu. Selain menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, menjaga pola hidup sehat jadi langkah terbaik untuk menghadapi situasi seperti ini. 

Menambah asupan nutrisi harian dengan buah dan sayuran semakin penting untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh. Selain sumber vitamin, buah, dan sayuran juga kaya mineral dan serat untuk menjaga tubuh yang sehat. 

Mengerti akan kebutuhan tersebut, Wiki Wiki Juice & Health Bar, bisa jadi solusi praktis gaya hidup sehat dengan harga terjangkau. Mereka memberikan rekomendasi jus buah dan sayuran yang bisa membantu menjaga kesehatan saat pandemi dan cuaca ekstrem. 

“Kesehatan merupakan tanggung jawab serta investasi jangka panjang. Dengan kondisi tidak menentu seperti saat ini, kita diingatkan akan hal-hal yang paling penting dalam kehidupan, seperti bersyukur serta menjaga dan melindungi kesehatan keluarga, teman dan kerabat," ujar Co-Founder Wiki Wiki Juice & Health Bar Clarissa Brata dalam keterangan pers yang diterima Republika, pekan lalu.

Untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi dalam masa pandemi, Wiki Wiki juga menyediakan berbagai paket khusus untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti paket Express Boost dan juga Wiki Immune Series. Untuk produknya, Clarissa memberikan rekomendasi jus buah dan sayuran dari Wiki Wiki Juice & Health Bar yang bisa membantu menjaga kesehatan, yaitu: 

Green Juice

photo
Pengusaha tour dan travel, Joseph Sugeng Irianto (kanan), bersama anaknya Theodorus Primaxylxla Jodimarlo (kiri) mengemas jus sayuran pakcoy di kediamannya di Permata Permai, Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (1/10). Akibat pandemi Covid-19 yang membuat perusahaan tour dan travel miliknya merugi hingga 90 persen, pengusaha tersebut beralih usaha sementara menjadi budi daya aneka sayuran dan produksi jus pakcoy guna memanfaatkan masa pandemi ini agar tetap produktif. Foto: Abdan Syakura/Republika - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Green Juice bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi penuh dari sayuran segar. Seledri dan pakcoy sering kali menjadi bahan utama untuk Green Juice dengan kadar vitamin A, C, dan K yang tinggi dengan segudang manfaat, seperti menjaga kesehatan mata dan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, meningkatkan imunitas tubuh, serta melancarkan pencernaan. Ada pilihan dengan campuran buah, seperti Wiki Nourish-pakcoy, nanas, dan jeruk, atau C3-seledri, nanas, dan apel. 

Jahe dan Kunyit

photo
Pedagang rempah-rempah melayani pembeli di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Seni (23/3/2020). Menurut pedagang sejak merebaknya wabah virus corona atau COVID-19, harga bahan baku untuk pembuatan jamu tradisional atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, jeruk nipis dan sirih mengalami kenaikan sekitar 40 persen, akibat permintaan naik hingga dua kali lipat - (ANTARA FOTO)

Jahe dan kunyit bisa meningkatkan imunitas tubuh, melawan infeksi virus, dan juga efektif mengatasi radang. Kaya akan antiinflamasi dan antiradang, jahe dan kunyit telah digunakan berabad-abad sebagai pengobatan herbal untuk berbagai penyakit kronis.

Selain bisa ditemukan di jamu tradisional, sekarang jahe dan kunyit bisa dinikmati di dalam kandungan jus yang dipadukan bersama wortel, apel, jeruk, bit, dan lemon pada Wiki Immune Shots dan Wiki Immune Series.

Buah Bit

Buah bit yang manis mengandung zinc yang tinggi. Kekurangan zinc membuat seseorang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Sifat antiviral dalam zinc dapat melawan infeksi virus serta memperbaiki sel imun dalam tubuh. Beberapa varian jusnya adalah Wiki Beat (campuran buah bit, apel, nanas dan jahe), Wiki Immune (campuran buah bit, jahe, wortel, apel dan jeruk), serta Wiki Cure (Campuran buah bit, apel, wortel dan lemon).

Dalam rangka meningkatkan kebutuhan nutrisi dalam masa pandemi, Wiki Wiki juga menyediakan berbagai paket khusus untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti paket Express Boost dan juga Wiki Immune Series yang dapat mudah didapatkan di berbagai platform digital dan marketplace.


×