Manager Timnas Sepak Bola Inggris Gareth Southgate. | Adrian Dennis / POOL/AFP POOL

Olahraga

Menimbang Keputusan Southgate

Southgate mengakui tidak mudah dalam menyeleksi pemain bek kanan untuk terbang ke Piala Eropa tahun ini.

Timnas Inggris telah resmi mengumumkan ke-26 pemain yang masuk skuad tim besutan Gareth Southgate untuk gelaran Piala Eropa 2020. Keputusan Southgate cukup mengejutkan dan menimbulkan berbagai pertanyaan atas pilihannya dalam membawa pasukan the Three Lions.

Negara peringkat keempat dalam ranking FIFA itu memastikan akan berangkat ke Euro 2020 dengan empat bek kanan. Hal itu yang menjadi pertanyaan beberapa pengamat penggemar timnas Inggris.

Terselip nama Trent Alexander-Arnold di antara tiga bek kanan lain, yakni Kyle Walker (Manchester City), Kieran Trippier (Atletico Madrid), pun Reece James (Chelsea).

Posisi bek kanan bagi Alexander-Arnold memang masih jauh dari pasti. Sebab, penampilannya yang kurang memuaskan bersama Liverpool musim ini dianggap menjadi salah satu alasan kuat dirinya bakal lebih sering diparkir Southgate.

Selain itu, Alexander-Arnold juga sempat tak dipanggil ke skuad Inggris terakhir yang bermain pada laga-laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Maret lalu.

Southgate mengakui tidak mudah dalam menyeleksi pemain bek kanan untuk terbang ke Piala Eropa tahun ini. Pasalnya, generasi Tiga Singa sekarang sedang banyak bek kanan tangguh. Sampai-sampai bek kuat milik Manchester United (MU) Aaron Wan-Bissaka kembali tersingkir.

Trent Alexander-Arnold sendiri sebelumnya sempat diprediksi banyak orang bakal tidak disertakan pelatih Inggris. Namun, fakta berkata lain, Southgate memasukkan namanya ke dalam 26 pemain karena memiliki alasan kuat.

"Ya, kami memiliki empat pemain yang terkadang bermain sebagai bek kanan," kata Southgate dilansir Independent, Rabu (2/6).

Berbeda dengan sektor bek kiri yang hanya membawa dua pemain Luke Shaw (MU) dan Ben Chilwell (Chelsea). Pelatih berusia 50 tahun meyakini, pilihannya kepada empat bek kanan tak akan mengganggu keseimbangan tim.

Meski sama-sama berposisi di bek kanan, empat pemain itu dianggap memiliki karakteristik dan spesialisasinya masing-masing. Contohnya, Kieran Trippier merupakan tipe bek kanan yang fasih bermain sebagai wing-back dalam formasi tiga bek tengah, sama halnya dengan Reece James.

Sementara Reece James dan Kyle Walker dapat bermain sebagai bek tengah di sisi kanan dalam formasi tiga bek. Hanya Alexander-Arnold dinilai punya peran yang lebih matang sebagai pemain bek kanan konvensional, yang hanya memerankan skema empat bek.

"Pada dasarnya mereka semua ada dalam skuad karena mereka adalah pesepak bola yang sangat bagus. Dan, jika saya bisa memilih lima atau enam bek kanan, saya mungkin akan melakukannya," kata dia.

 
Jika saya bisa memilih lima atau enam bek kanan, saya mungkin akan melakukannya.
 
 

Keputusan Southgate masuk akal dengan menetapkan pilihannya kepada empat bek kanan tersebut. Dalam perjalanan kampanye liga musim ini, tiga dari satu pemain tersebut berhasil mempersembahkan titel juara untuk klubnya di masing-masing kompetisi.

Walker sukses mempresentasikan dirinya sebagai pilihan utama Josep Guardiola di Man City dengan mampu mempersembahkan gelar Liga Primer Inggris dan Piala Liga. Sedangkan, Trippier menampilkan performa memukau bersama Atletico Madrid. Musim ini bek 30 tahun itu bermain 28 kali dan mencetak enam assist sekaligus merengkuh gelar La Liga Spanyol untuk Los Rojiblancos.

Untuk Reece James, bek berusia 21 tahun milik Chelsea tampil mengilap dengan mampu menyaingi sang kapten Cesar Azpilicueta. Pada usianya yang terbilang masih muda James berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions untuk the Blues.

Secara fisik, James lebih oke dari Alexander-Arnold. Dia jago berduel udara plus tembakan jarak jauhnya juga bisa beberapa kali mengancam gawang lawan. Kemampuan dribel, mengumpan, dan mempertahankan bolanya juga bagus.

Di sisi lain, nama-nama pemain yang dicoret pada pengumuman tersebut adalah Aaron Ramsdale (Bournemouth), Ben Godfrey (Everton), Ben White (Brighton), James Ward-Prowse (Southampton), dan Ollie Watkins (Aston Villa).

Untuk baris sepertiga akhir timnas Inggris, Southgate sepertinya tidak menemui kendala berat. Keberadaan Jack Grealish, Harry Kane, Phil Foden, Jadon Sancho, Marcus Rashford, dan Raheem Sterling diklaim begitu komplet untuk meneror gawang para lawan.

Dengan nama-nama yang telah dipilih tadi, mampukah Southgate mempersembahkan gelar pada turnamen yang akan dimulai 11 Juni mendatang?

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat