Pemain Atletico Madrid Renan Lodi menendang bola dalam sebuah sesi latihan. | EPA-EFE/ATLETICO MADRID

Olahraga

Suarez Poin Plus Atletico Madrid

La Liga akan menjadi pertandingan seru antara Atletico Madrid dan Real Madrid.

MADRID — Dua mantan rekan satu tim Luis Suarez, Javier Mascherano dan Diego Forlan mengatakan Atletico Madrid favorit mengangkat tropi La Liga musim ini. Los Rojiblancos masih memimpin di puncak klasemen dengan unggul dua poin atas Real Madrid. Sehingga penentuan akan disaksikan di pekan terakhir, Sabtu (22/5) malam WIB.

Atletico akan bertandang ke markas Real Valladolid. Adapun Madrid menjamu Villarreal. Forlan melihat Atletico favorit karena adanya Luis Suarez. Menurutnya, kehadiran Suarez di skuad Diego Simeone keuntungan besar bagi Atletico.

“Pencetak gol yang hebat seperti Suarez, golnya sangat penting bagi Atletico dan juga sangat menentukan, seperti gol terakhir yang dia cetak pada hari pertandingan terakhir mereka (melawan Osasuna) yang memungkinkan mereka berada di jalur yang tepat untuk memenangkan liga,” kata Forlan, dilansir dari telegraphindia.

Pandangan serupa juga dikatakan Mascherano. Ia tahun bagaimana kehebatan Suarez ketika masih sama-sama berseragam Barcelona. Oleh karena itu, ia kecewa mendengar Suarez dilepas oleh Blaugrana.

Barcelona merasakan bagaimana pengaruh Suarez ketika absen. Dan menurutnya, Suarez tak hanya mewakili tim di lapangan namun juga di luar lapangan. Ia menambahkan, Suarez memulai musim dengan Atletico sangat baik.

Ketika Suarez cedera, Atletico menderita. Namun saat kembali ia memberikan dampak luar biasa dengan bukti gol kemenanganya ke gawang Osasuna beberapa hari lalu. Gol tersebut sangat penting untuk menjaga Atletico tetap memegang kendali perburuan gelar.

“Kontribusi Luis sangat penting bagi Atletico. Tapi sayangnya, bagi kami yang mencintai Barcelona, kami akan senang melihatnya bertahan di Barcelona, “ katanya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Luis Suarez (luissuarez9)

Kota Madrid berpesta

Kota Madrid akan berpesta. Gelar juara La Liga Spanyol musim 2020/2021 akan kembali ke ibu kota Spanyol seusai pertandingan pamungkas musim ini pada Sabtu (22/5) malam WIB. Namun, belum diketahui kubu mana yang akan mengangkat piala. Atletico Madrid di atas angin, tapi Real Madrid juga masih punya harapan. 

Tersisa dua tim ini yang bersaing memperebutkan gelar La Liga. Barcelona sudah gugur sebelum pekan terakhir setelah takluk dari Celta Vigo dan Atletico mengalahkan Osasuna. Sungguh satu musim yang luar biasa. Mirip musim 2015/2016 ketika Madrid, Barcelona, dan Atletico juga bersaing sampai pekan terakhir, lalu trofi akhirnya menjadi milik Blaugrana.

Atletico memegang kendali perburuan trofi La Liga sekarang karena masih memimpin dengan nilai 83, unggul dua poin dari Real Madrid. Los Rojiblancos akan bertandang ke markas Real Valladolid di Stadion Nuevo Jose Zorrilla, sedangkan Madrid akan menjamu Villarreal di Stadion Alfredo Di Stefano pada saat bersamaan.

Dilansir dari Sportsmole, Jumat (21/5), Atletico akan menghadapi lawan yang sedang berjuang terhindar dari degradasi. Kini tuan rumah duduk di posisi ke-19 dengan nilai 31, tertinggal dua poin dari tim peringkat ke-17, Huesca, yang berada di posisi terakhir batas aman.

Hanya kemenangan yang dapat membuat Valladolid punya harapan bertahan di La Liga meskipun harus bergantung pada hasil pertandingan tim lain. Namun, seri atau kalah membuat kepastian terdegradasi ditentukan oleh mereka sendiri. Oleh karena itu, Atletico yang mengincar kemenangan untuk memastikan gelar La Liga menemukan lawan yang tak mudah di pekan terakhir.

Catatan 5 kemenangan, 16 kali imbang, dan 16 kalah dari 37 pertandingan membuat Valladolid tersiksa di urutan kedua terbawah klasemen. Posisi itu lebih buruk daripada sebelumnya, yaitu finis di posisi ke-16 dan 13 dalam dua musim terakhir sejak kembali ke La Liga.

Performa Valladolid musim ini merupakan yang terburuk kedua di La Liga, yaitu hanya mengumpulkan 16 poin dari 18 pertandingan. Namun, performa Atletico juga tak sedang dalam level terbaik. Mereka kehilangan poin pada delapan dari 18 pertandingan tandang La Liga musim ini . Maka dari itu, peluang Atletico tersungkur di detik akhir bisa terjadi.

Striker Atletico Madrid Luis Suarez merupakan senjata ampuh yang dibeli Diego Simeone dari Barcelona. Suarez terbukti memberikan dampak luar biasa bagi ketajaman Los Rojiblancos. Pemain internasional Uruguay itu mencetak gol kemenangan atas Osasuna pada pekan lalu yang membuat posisi Atletico bertahan di puncak.

Mantan pemain Liverpool itu bertekad mengalahkan Valladolid demi membawa timnya meraih gelar La Liga pertamanya sejak 2014 sekaligus mematahkan dominasi Barcelona dan Real Madrid dalam enam tahun terakhir.

“Di water break kami mendengar Real menang dan terkadang ketegangan membuat Anda lebih baik, tetapi kami tetap bersabar dan terus menciptakan peluang. Sekarang kami harus menang di Valladolid dalam pertandingan terpenting musim ini,” kata Suarez, dilansir dari Daily Mail.

Pelatih Atletico Diego Simeone secara terang-terangan mengagumi Suarez. Kualitas terlihat jelas ketika dia selalu mampu mencetak gol di saat-saat pertandingan penting. Menurut Simeone, pengalamannya membantu dia bisa mengubah apa pun sebelum pertandingan berakhir. “Dia selalu bisa diandalkan," ujarnya.

Simeone menyatakan telah mempersiapkan tim semaksimal mungkin dan dengan antusiasme sama seperti saat ia pertama kali datang ke Atletico satu dekade silam. Menurut Simeone, laga kontra Valladolid tidak akan mudah.

Sementara itu, Real Madrid memberikan perlawanan sengit hingga akhir kompetisi. Namun, kali ini, tim asuhan Zinedine Zidane butuh keajaiban agar Atletico gagal menang di kandang Valladolid. Los Blancos unggul head to head atas Atletico musim ini. Itu artinya jika Atletico bermain imbang dan Madrid menang atas Villarreal maka Madrid bisa mempertahankan gelar yang mereka rebut musim lalu. La Liga menggunakan hasil head to head untuk menentukan tim yang peringkatnya lebih baik jika dua tim mengoleksi poin sama.

Madrid telah memenangkan 24 dari 37 pertandingan musim ini. Pada saat performa Atletico menurun, Madrid justru tampil lebih konsisten dibandingkan dengan awal musim. Cedera beberapa pemain utamanya tak membuat Los Blancos kehilangan motivasi.

Dikutip dari Marca, kapten Real Madrid Sergio Ramos sudah ikut berlatih dengan rekan satu timnya jelang menghadapi Villarreal. Latihan pada Kamis (20/5) masih tanpa Dani Carvajal yang cedera dan Lucas Vazquez, Ferland Mendy, serta Toni Kroos yang terjangkit Covid-19. Jika Ramos kembali, itu akan jadi berita bagus karena kehadiran sang kapten akan memberikan suntikan moral untuk berjuang sampai akhir dan mengabaikan kabar dari Stadion Nuevo Jose Zorrilla.

Tiga Teratas Klasemen La Liga

Tim Poin Selisih Gol

Atlético Madrid 83 +41

Real Madrid 81 +38

Barcelona 76 +46

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat