Ilustrasi Dompet Dhuafa. | Republika/Putra M. Akbar

Cahaya Ramadhan

06 May 2021, 10:19 WIB

Pesan Ramadhan di Hari Berbagi Nasional

Dompet Dhuafa ingin menyebarluaskan pesan untuk berbagi kepada mereka para dhuafa.

JAKARTA -- Dompet Dhuafa (DD) menyelenggarakan rangkaian acara pada momen Hari Berbagi Nasional di Kampung Muara Bahari RT 1/RW 7, Kelurahan Tanjung Priok, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/5). DD juga menyalurkan beberapa program kepada para warga kampung tersebut.

Ketua panitia Ramadhan 1442 H Dompet Dhuafa, Ahmad Faqih Syarafaddin, mengatakan, rangkaian acara yang digelar, di antaranya pemeriksaan kesehatan gratis bagi kalangan lanjut usia (lansia), pembagian paket Ramadhan door to door, dan pesantren kilat dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Kami mencoba membuat momentum pada Hari Berbagi Nasional ini karena memang berbarengan dengan teman-teman kami di marketplace atau e-commerce sedang ada diskon besar-besaran pada tanggal 5 bulan 5 ini," ujarnya kepada Republika, Rabu (5/5).

Faqih menyampaikan, agenda ini membawa pesan untuk selalu ingat berbagi dalam keadaan apapun, khususnya ketika berbagai komoditi mendapat potongan harga dengan persentase yang besar. Sebab, masih banyak kalangan masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari mereka yang telah berkecukupan.

Selain masyarakat belanja besar-besaran di e-commerce, jangan sampai lupa ada saudara-saudara yang membutuhkan. DD ingin menyebarluaskan pesan untuk bisa berbagi pada momen ini. “Pesan besarnya adalah, selain belanja, jangan lupa berbagi," kata Faqih.

 
Pesan besarnya adalah, selain belanja, jangan lupa berbagi.
 
 

Dia menyebut, agenda pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat sekitar berlangsung hingga sore hari. Dalam pemeriksaan ini, mereka bisa mengecek kesehatan dan mendapat edukasi tentang perilaku yang memenuhi protokol kesehatan.

Setelah pemeriksaan kesehatan, DD juga menyalurkan parsel Ramadhan di kampung tersebut. Termasuk juga program lain seperti program traktir makan saudaramu untuk berbagi saat berbuka puasa, dan program tebar zakat fitrah. “Jadi, kampung ini menjadi salah satu lokasi penyaluran program DD pada Ramadhan tahun ini," kata dia.

Faqih mengatakan, untuk parsel Ramadhan, ada 50 paket parsel yang dibagikan untuk 50 keluarga. Zakat fitrah juga disalurkan untuk 50 keluarga. Untuk program traktir makan saudaramu, tidak hanya di lokasi tersebut.

“Jadi, kalau ditotal itu 200-500 paket dalam program traktir makan saudaramu," ujarnya.

Pendistribusian makan pada saat berbuka puasa dilakukan secara langsung ke rumah-rumah warga untuk mengurangi risiko terjadinya kerumunan yang bisa berdampak pada penyebaran Covid-19. “Kami door to door, jadi buka puasa bersamanya di rumah masing-masing," kata Faqih.

Di kampung tersebut, DD juga menggelar pesantren kilat yang diisi dengan kegiatan cerita kisah Nabi. Kegiatan ini lebih pada pembacaan buku cerita kisah Nabi. DD mengundang influencer Eriska Rein untuk hadir bersama adik-adik di sana.

Faqih menyebut, program-program serupa terus diselenggarakan hingga momen Hari Raya Idul Fitri. Pada 13 Mei, akan ada program penyaluran ketupat Lebaran dan opor ayam ke beberapa rumah sakit, di antaranya RSUD Depok, RSUD Bekasi, RSUD Bekasi, dan RSUD Tangerang.

Dalam program tersebut, DD berbagi kepada pasien dan keluarganya yang berada di rumah sakit yang tidak bisa berlebaran di rumah. “Kami berbagi kebahagiaan dengan memberi ketupan beserta opor ayam di sana," ujarnya.


×