Ilustrasi ambulans gratis. | JESSICA HELENA WUYSANG/ANTARA FOTO

Cahaya Ramadhan

Ambulans Gratis Bagi Warga Bogor

Bantuan ambulans gratis ini merupakan gerakan peduli sosial yang memanfaatkan potensi komunitas.

JAKARTA -- Unit social enterprise Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR) yang bergerak di bidang inovasi teknologi fundrising sosial ekonomi, PT Duta Danadyaksa Teknologi (DDTekno), berkolaborasi dengan Koperasi Komunitas Kicau Indonesia (K3I) menghadirkan ambulans gratis bagi masyarakat Bogor. Dana sosial untuk penyediaan ambulans ini digalang DD lewat para donatur.

"K3I menjadi mitra barzah Dompet Dhuafa wilayah Bogor agar masyarakat yang membutuhkan dapat terakses," kata Direktur Dakwah, Budaya dan Pelayanan Masyarakat DDR Ahmad Sonhaji kepada Republika, Jumat (16/4).

K3I merupakan wadah bagi beragam komunitas pencinta burung berkicau yang tersebar di seluruh Indonesia. Selama ini komunitas-komunitas tersebut ternyata belum mampu memberikan layanan kesehatan yang mumpuni bagi para anggotanya.

Acara serah terima penghimpunan infak dan sedekah ambulans DD Tekno kepada K31 berlangsung di Bogor, Jumat (16/4) lalu. Ini menjadi langkah DD Tekno mendukung pelayanan kesehatan masyarakat dengan bersinergi dengan K3I. Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Staf Khusus Wapres RI yang juga Ketua Pengawas K3I Lukmanul Hakim, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika Nasyith Majidi, dan CEO PT Duta Danadyaksa Teknologi Iskandar Syamsi.

Dalam sambutannya, Lukmanul Hakim menyampaikan rasa terima kasih atas niat baik dari Dompet Dhuafa melalui DD Tekno. "Hari ini Koperasi Komunitas Kicau Indonesia (K3I) memiliki ambulans,” ujar dia.

Lukmanul menjelaskan, K3I menaungi lebih dari seribu Komunitas Kicau Mania yang tersebar di seluruh Indonesia. Nantinya ambulans ini digunakan untuk para anggota komunitas maupun masyarakat yang sakit, utamanya yang membutuhkan tindakan cepat.

“Banyak dari anggota komunitas yang memerlukan ambulans, namun belum terlaksana karena terbentur oleh biaya," ujar Lukmanul.

Selama ini banyak waktu, bahkan biaya yang dikeluarkan untuk membantu para anggota komunitas. Maka, bantuan ambulans ini tentu sangat berarti.

Sementara, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika Nasyith Majidi mengatakan, setiap kegiatan yang bertujuan meningkatkan, memberdayakan, dan melayani dhuafa menjadi target Dompet Dhuafa.

“Hari ini (kegiatan) dengan Komunitas Kicau Indonesia, mungkin di kesempatan lain bisa dengan yang siapa pun. Sepanjang itu untuk kebaikan dhuafa,” ujar Nasyith.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komunitas Kicau Mania Bogor Deny Zaelani mengatakan, dengan adanya ambulans ini, diharapkan dapat membantu anggotanya dalam layanan kesehatan.

"Baru pertama kali dari Komunitas Kicau Mania di Bogor menerima ambulans dari Dompet Dhuafa, terutama bagi anggota kami yang sakit," katanya.

Karena itu, pihaknya sangat bersyukur. Ambulans ini, menurut dia, dapat digunakan bukan hanya untuk akses kesehatan di wilayah Bogor, melainkan juga ke luar Kota Bogor, seperti Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.