Seorang wartawan memotret suasana kantor garasi bus Restu Wijawa di Simo, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021). | ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Nasional

Penyidik Periksa Keluarga Tersangka Asabri

Ada tujuh saksi yang diperiksa dalam lanjutan penyidikan kasus Asabri.

JAKARTA — Penyidik di Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) mulai memeriksa anggota keluarga para tersangka dugaan korupsi dan pencucian uang (TPPU) PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri).

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum di Kejaksaan Agung (Kapuspenkum-Kejakgung), Leonard Ebenezer mengatakan, pada Selasa (9/3) anak dari tersangka Ilham W Siregar diperiksa, terkait kasus yang merugikan keuangan negara setotal Rp 23,7 triliun tersebut.

Ebenezer menerangkan, ada tujuh saksi yang diperiksa dalam lanjutan penyidikan kasus Asabri. “Saksi yang periksa antara lain, IMS, NS, dan BS, serta CL, ABS, MM, dan RO,” kata Ebenezer, di Kejakgung, Jakarta, Selasa (9/3).

IMS, Ebenezer menerangkan, diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Ilham Siregar yang selama ini menjabat sebagai direktur investasi Asabri. “Saksi IMS, selaku anak dari tersangka IWS,” kata Ebenezer.

Adapun saksi NS, mengacu pada Nugroho Surjo, diperiksa selaku direktur utama PT Evergreen Sekuritas. Sedangkan saksi BS, diperiksa selaku kepala divisi kepatuhan dan hukum di Asabri. Saksi CL, mengacu pada nama Chandra Lie yang diperiksa dalam kapasitasnya sebagai komisaris di PT Sriwijaya Air.

photo
Seorang wartawan memotret suasana garasi bus Restu Wijawa di Simo, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021). Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita aset sebanyak 17 unit bus milik PT Restu Wijaya pada Selasa (23/2/2021) malam, terkait dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri. - (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Saksi ABS, mengacu pada nama Arif Budi Satri, yang diperiksa selaku direktur utama PT Strategic Management Service. Sedangkan MM, mengacu pada nama Moudy Mangke, yang diperiksa selaku sekertaris, dan asisten Piter Rasiman, tersangka kasus korupsi dan TPPU PT Asuransi Jiwasraya.

Terakhir, saksi RO mengacu pada nama Rusdi Oesman yang diperiksa selaku direktur utama PT Oso Manajemen Investasi yang juga merupakan tersangka korporasi, dalam kasus Jiwasraya.

Ebenezer menerangkan, pemeriksaan saksi tersebut, sebagai lanjutan dari penyidikan dugaan korupsi dan TPPU dalam kasus Asabri. “Pemeriksaan saksi-saksi tersebut dilakukan guna mencari fakta hukum, dan mengumpulkan alat-alat bukti tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada PT Asabri,” begitu kata Ebenezer.

Direktur Penyidikan di Jampidsus Febrie Adriansyah, Senin (8/3) malam pernah menerangkan, pemeriksaan para anggota keluarga tersangka Asabri untuk menelusuri aset-aset serta penggalian bukti terkait TPPU. “Saat ini, kan baru tiga tersangka yang (dijerat) TPPU,” kata Febrie.

Dalam penyidikan Asabri, Jampidsus sudah menetapkan sembilan tersangka. Mereka antara lain, tersangka dari kalangan swasta, Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat, Lukman Purnomosidi, dan Jimmy Sutopo. Dari jajaran direksi Asabri adalah Adam Rachmat Damiri, Sonny Widjaja, Ilham W Siregar, Bachtiar Effendi, dan Hari Setiono. Tiga tersangka juga dijerat TPPU, yaitu Benny, Heru , dan Jimmy. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat