Pekerja memasang tanda jaga jarak fisik sebagai protokol pencegahan Covid-19 di bangku penonton di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Rabu (1/7). | ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

Kabar Utama

Kapolri Izinkan Turnamen Pramusim 

Turnamen pramusim rencananya digelar pada 20 Maret hingga 25 April mendatang.

JAKARTA -- Setelah hampir satu tahun mengalami kevakuman kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 dan Liga 2 berpeluang bergulir lagi. Peluang itu muncul setelah Polri memberikan izin pertandingan turnamen pramusim. Turnamen yang rencananya dinamakan Piala Menpora 2021 itu bakal digelar pada pertengahan Maret mendatang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, turnamen pramusim digelar dengan sejumlah syarat demi mencegah penularan Covid-19. "Nanti, kita akan lihat apakah syarat-syarat yang ada bisa dilaksanakan dalam penyelenggaraannya," kata Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (18/2). 

Surat izin keramaian turnamen pramusim telah diserahkan Kapolri kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Listy menegaskan, perhelatan turnamen pramusim harus tetap mengedepankan protokol kesehatan. Salah satu syaratnya, kata dia, setiap pertandingan wajib digelar tanpa penonton atau suporter.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar para suporter menyaksikan pertandingan dari dari rumah tanpa harus datang ke stadion. Bahkan, kegiatan nonton bareng tidak diperbolehkan.

Selanjutnya, kata Listyo, akan ada evaluasi secara bertahap saat pertandingan pramusim berjalan. Hasil evaluasi tersebut akan menjadi penentu apakah kompetisi sepak bola Indonesia, baik Liga 1 maupun Liga 2, dapat bergulir atau tidak. Ia berharap para pemangku kepentingan yang terlibat dapat memegang teguh aturan yang disepakati. "Kegiatan pertandingan seperti di luar negeri yang tanpa penonton menjadi salah satu yang akan kita coba," tutur mantan Kabareskrim tersebut.

Kompetisi Liga 1 musim 2020 dihentikan sejak Maret 2020 akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Saat kompetisi dihentikan, Persib Bandung masih bertengger di puncak klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin dari tiga laga yang telah dilakoni. Sementara, untuk Liga 2 2020 belum menggulirkan pertandingan satu pun.

Kemudian, pada awal 2021, kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 resmi dihentikan setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar rapat komite eksekutif. Kompetisi dibatalkan karena alasan force majeure terkait dengan pandemi Covid-19. Selanjutnya, tidak ada juara dan tidak ada degradasi sehingga nantinya peserta masing-masing liga tetap mengacu pada kompetisi musim 2020. 

Menpora Zainudin Amli menegaskan, bergulir atau tidaknya liga ditentukan hasil dari penyelenggaraan turnamen pramusim nanti. "Pramusim ini uji coba bahwa bisa atau tidak kita menerapkan prokes dengan baik. Kalau ini lulus, tentu jadi pertimbangan bagi pihak Polri untuk kompetisi selanjutnya," kata Zainudin di Mabes Polri. 

Selain menjadi penentu, menurut Zainudin, turnamen pramusim juga menjadi kesempatan bagi klub-klub untuk kembali berbenah. Ini mengingat sejumlah klub yang sudah membubarkan tim akibat kompetisi mati suri pada awal-awal masa pandemi Covid-19. Rencananya, turnamen pramusim digelar pada 20 Maret 2021. "Kita butuh mereka untuk mengonsolidasikan lagi dan juga mempersiapkan diri untuk masuk ke prakomprtisi. Tidak bisa kita langsung dengan kompetisi, pasti akan ada kesulitan di masing-masing klub," kata Zainudin. 

photo
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) menyerahkan surat izin keramaian kepada Menpora Zainudin Amali (kiri) usai melakukan pertemuan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Kepolisian memberikan izin keramaian untuk pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang rencananya digelar pada 20 Maret hingga 25 Apri 2021. - (Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO)

Zainudin pada Kamis (18/1) juga menggelar silaturahim dengan pemangku kepentingan sepak bola. Dalam kesempatan itu, Zainudin Amali meminta pemimpin klub dan pimpinan suporter untuk memastikan pertandingan dapat digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Ini ujian bagi Menpora yang menjamin, PSSI yang mengajukan izin, LIB yang menggelar, dan ujian bagi pemimpin klub dan suporter untuk tetap berkomitmen melaksanakan apa yang sudah kita paparkan. Jika bisa, tentu kita bisa menjalankan kompetisi setelah Lebaran nanti," ujar Zainudin. 

Tanpa penonton

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan memaparkan rencana jajarannya untuk melancarkan izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Iwan, sapaan Mochamad Iriawan, menyebut PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan terlebih dulu menggelar turnamen pramusim yang digelar dengan nama Piala Menpora 2021. Turnamen ini direncanakan digelar pada 20 Maret hingga 25 April mendatang.

"Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 inginnya digelar setelah Lebaran, untuk mengisi kekosongan, digelar turnamen prakompetisi sehingga butuh uji simulasi disiplin protokol kesehatan," kata Iwan dalam pertemuan virtual yang dihadiri oleh PSSI, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dan Direktur PT LIB Ahmad Hadian Lukita, Kamis (18/2).

Iwan menyebut turnamen tersebut dapat menjadi uji simulasi dari kompetisi. Dengan begitu,panitia pelaksana pertandingan dapat mempersiapkan dan pemantapan menuju kompetisi dengan sistem baru. "Pertandingan juga dilaksanakan tanpa penonton sehingga turnamen ini bisa menjadi bahan evaluasi perilaku suporter, seperti larangan nobar, pengumpulan massa maupun berkeliaran," kata Iwan.

photo
Sejumlah pesepak bola Bali United mengikuti latihan di Lapangan Karya Manunggal, Denpasar, Bali, Senin (8/2). Bali United memulai latihan perdana di tahun 2021 sebagai persiapan tim untuk mengikuti AFC Cup 2021 dan kompetisi Liga 1 dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah pandemi Covid-19. - (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Di sisi lain, turnamen tersebut diharapkan pula dapat menjadi pemanasan tiap klub untuk seleksi pemain sebelum mendapatkan kontrak permanen. Turnamen tersebut diklaim dapat menyelamatkan pemain sepak bola yang kini harus banting setir mengganti pekerjaan mereka.

"Turnamen berlangsung 48 laga di empat tempat, yakni Solo, Bandung, Malang, Palembang, dengan pertimbangan matang, bukan asal tunjuk. Tentu ada hadiah yang diberikan, nanti akan kita sampaikan secara jelas pada peserta kompetisi," kata mantan kapolda Jawa Barat ini.

Iwan mengakui, rencana pelaksanaan kompetisi akan bergantung pada turnamen Piala Menpora tersebut. Artinya, bukan tidak mungkin kompetisi tidak bisa digelar jika Piala Menpora dinilai gagal dilaksanakan sesuai protokol.

"Ingat, ya, liga baru bisa digelar jika pramusim berjalan dengan protokol kesehatan dan komitmen suporter sehingga izin bisa keluar," kata Iwan.

Iwan berharap turnamen ini menjadi jalan bagi kepolisian untuk memberikan izin liga. Oleh karena itu, dia meminta pemimpin klub dan pimpinan suporter untuk berkomitmen menjaga protokol kesehatan.

photo
Pemain Persipura berselebrasi usai menjebol gawang PSIS Semarang pada pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Ahad (1/3/2020). Pertandingan tersebut adalah salah satu yang terakhir dimainkan pada Liga 1 di masa pandemi. - (ANTARA FOTO)

Sayangnya, turnamen tersebut tidak diikuti oleh semua klub Liga 2. Hal itu pun membuat manajer Perserang Serang, Babay Karnawi, keberatan dan meminta seluruh klub Liga 2 turut andil dalam Piala Menpora. "Jadi, kami mohon dari peserta Liga 2 diikutsertakan pada turnamen pramusim ini karena kami ingin ikut terlibat dalam perkembangan sepak bola Tanah Air," kata Babay.

Saran dari Babay kemudian ditampung oleh PSSI. PSSI pun berjanji akan mematangkan turnamen tersebut, termasuk kemungkinan menambah tim. 

Untuk dapat memanjakan penonton, PT LIB berjanji akan membuat penonton dapat menonton dengan mudah. Ahmad menjamin seluruh pertandingan dapat ditonton oleh supporter dari rumah. "Kami berharap semua penonton mendapatkan akses semudah mungkin dan semurah mungkin, bahkan fasilitas menonton secara gratis agar terjangkau seluruh pertandingan," kata Ahmad.

Ahmad mengakui, seluruh rencana tentu bisa berubah jika izin tidak keluar. Oleh karena itu, penyelenggara membutuhkan komitmen dari suporter untuk menjaga protokol kesehatan sehingga Liga 1 dan Liga 2 bisa kembali digulirkan.

photo
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) berbincang dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri (kanan) sebelum Rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Kompetisi Sepak bola Liga 1 dan 2 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/2). Rapat tersebut guna menindaklanjuti pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada Senin (8/2/2021) untuk memastikan detail kesiapan pelaksanaan kompetisi sepak bola liga 1 dan 2. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

"Kita masih menunggu izin kepolisian karena tentu ada analisis di tempat pertandingan yang akan berlangsung. Kalau akhirnya izin keluar, tentu berkat seluruh dukungan banyak pihak, termasuk suporter," kata Ahmad.

Ahmad pun tetap meminta seluruh suporter menjaga protokol kesehatan tidak hanya ketika pertandingan. Menurut dia, disiplin protokol kesehatan tidak hanya membuat pertandingan bisa digelar, tapi juga bisa membuat pandemi segera berakhir.

"Mari kita tunjukkan kepada semua pihak bahwa kita siap untuk menjalankan protokol kesehatan sebaik-baiknya, laksanakan 3M-nya, tetap pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata Ahmad

Sementara itu, Ketua Umum Viking Persib Club Heru Joko berterima kasih kepada para pemangku kepentingan yang mau memperjuangkan penyelenggaraan kegiatan sepak bola. Heru pun mengaku akan mengajak setiap pendukung Persib untuk turut berkomitmen melaksanakan protokol kesehatan agar liga kembali bergulir.

"Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang berusaha untuk membuat liga kembali bergulir. Kami dukung tim kami dari rumah. Kami akan meminta bobotoh untuk menjaga protokol kesehatan," kata Heru. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat