Pemain Napoli Lorenzo Insigne (kiri) merayakan kemenangan setelah menjebol gawang Juventus di Stadion Diego Armando Maradona di Naples, Italy, 13 Februari 2021. | EPA-EFE/CIRO FUSCO
15 Feb 2021, 09:37 WIB

Penalti Lorenzo Insigne Dongkrak Napoli

Meski Napoli semakin berprestasi, Nasib Gattuso tetap di ujung tanduk.

NAPLES — Eksekusi penalti Lorenzo Insigne menjadi lompatan Napoli yang menang 1-0 atas Juventus dalam laga pekan ke-22 Liga Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Italia, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB). Tambahan tiga poin mendongkrak Napoli untuk menyodok ke posisi keempat dengan 40 poin. Sedangkan Juventus (42), tetap di peringkat ketiga.

Ini merupakan pertemuan pertama di antara Napoli dan Juve di Liga Italia musim ini, sebab pertandingan yang semestinya dimainkan di Turin pada Oktober gagal dimainkan karena kasus Covid-19. Laga tersebut belum dijadwal ulang, namun kedua tim telah bertemu di Piala Super Italia pada bulan lalu, dengan Juventus keluar sebagai pemenang. 

Juve mendapatkan peluang pertama melalui Federico Bernardeschi, namun ia gagal memaksimalkannya kendati berada dalam posisi yang bagus. Kubu Napoli kemudian meminta hadiah penalti setelah Nikola Maksimovic mengarahkan bola ke lengan Giorgio Chiellini. Wasit Daniele Doveri tidak mengabulkannya.

Namun Chiellini melakukan kesalahan lain saat melompat untuk menghalau bola tendangan bebas. Lengan Chiellini mengenai wajah Amir Rahmani di dalam kotak terlarang, dan kali ini wasit menilai ia melakukan pelanggaran setelah melakukan tinjauan VAR.

Terkait

Insigne kemudian mengambil bola untuk mengeksekusi penalti. Meski ia memiliki catatan buruk dengan tiga penalti sebelumnya ke gawang Juventus selalu gagal berbuah gol, kali ini Insigne sukses memasukkannya. Itu sekaligus menjadi gol ke-100 Insigne sebagai pemain Napoli. 

Gawang Juve kembali terancam saat Chiellini menghalau bola melengkung Insigne setelah mengecoh Matthijs de Ligt. Sebaliknya kubu Juve mencoba balas mengancam melalui sepakan melengkung Federico Chiesa yang tidak tepat sasaran dan tendangan bebas Cristiano Ronaldo membentur dinding pemain. Juve menggebrak sejak awal babak kedua. 

Sepakan Ronaldo melebar, kemudian sepakan volinya mengarah lurus ke kiper Alex Meret.Meret kembali harus bekerja keras saat ia membendung sepakan Chiesa. Selanjutnya Chiellini berada dalam posisi offside saat memberi umpan untuk dijadikan gol oleh Alvaro Morata. Napoli layak berterima kasih kepada kiper Meret. 

Ia menggagalkan sepakan Ronaldo dari serangan balik, dan kembali menyelamatkan timnya saat ia menggagalkan upaya Morata dari jarak dekat. Pada pertandingan berikutnya yang dimainkan pada Ahad (21/2), Napoli akan dijamu lawan yang cukup berat yakni Atalanta, sedangkan Juventus berpeluang kembali ke jalur kemenangan saat menjamu tim juru kunci Crotone pada Senin (22/2) pekan depan. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh SSC Napoli (officialsscnapoli)

Nasib Gattuso

Nasib Gennaro Gattuso sebagai pelatih Napoli kembali menjadi perbincangan. Lagi-lagi Gattuso terancam lengser dari jabatannya. Itu karena rentetan hasil buruk yang dialami I Partenopei. 

Pasukan Biru Langit sudah merasakan empat kekalahan dalam tujuh partai terakhir. Teranyar, Lorenzo Insigne dan rekan-rekan ditaklukkan Atalanta pada leg kedua semifinal Coppa Italia. Anak asuh Gattuso menyerah 1-3 saat bertandang ke Stadion Gewiss, Bergamo, Kamis (11/2) dini hari WIB.

Saat sang juara bertahan tersingkir, Gattuso jadi sasaran tembak. Apalagi, sebelumnya Napoli juga membuang kesempatan menjuarai Piala Super Italia. I Partenopei takluk 0-2 dari Juventus.

Jadwal tak membantu eks gelandang dan pelatih AC Milan ini. Pada masa sulit ini, Napoli justru harus berhadapan kembali dengan Juventus. Insigne dkk akan menjamu Nyonya Tua di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Ahad (14/2) dini hari WIB.

Nasib Gattuso diprediksi bergantung pada hasil tersebut. Ia bisa saja dipecat jika timnya kembali merasakan kekalahan. Meski begitu, sang pelatih tak memedulikan berbagai isu yang berembus. "Saya tidak tahu, Anda harus bertanya kepada klub," kata Gattuso, dikutip dari Football Italia, Jumat (12/2).

Ia hanya berusaha memfokuskan diri pada perbaikan penampilan timnya. Kabar di luar lapangan bukan sesuatu yang dipikirkannya.

Saat Napoli sedang limbung, kubu tamu tengah bagus-bagusnya. Sepanjang 2021, Bianconeri hanya mengalami satu kekalahan dan satu hasil imbang. Selebihnya Cristiano Ronaldo dkk mengoleksi 10 kemenangan. Teranyar, Juventus menyingkirkan Inter Milan dari ajang Coppa Italia. Sebuah modal positif jelang lawatan ke markas Napoli.

Namun, pelatih Andrea Pirlo belum bisa menurunkan kekuatan terbaik dalam laga ini. Setelah Paulo Dybala, bek Leonardo Bonucci ikut-ikutan terkapar. Sang wakil kapten dipastikan absen di markas Napoli. Teranyar, gelandang Arthur Melo juga masuk ruang perawatan.

Untungnya, Pirlo memiliki skuad yang dalam. Tanpa Bonucci, ia bisa menduetkan Giorgio Chiellini dengan Matthijs de Ligt. Masih ada Merih Demiral yang layak mendapatkan kesempatan setelah tampil luar biasa kontra Inter.

 

 

Saya beruntung memiliki empat bek tengah yang sangat bagus.

 

ANDREA PIRLO, Pelatih Juventus.
 

Sementara itu, di area gelandang, terdapat sederet pemain yang mampu mengisi peran Arthur. Ada Rodrigo Bentancur, Adrien Rabiot, dan Weston McKennie yang piawai ditempatkan di beberapa posisi.

 


×