Pemain Tottenham Hotspur Harry Kane (kiri) menjebol gawang West Bromwich Albion yang dijaga Sam Johnstone (kanan) di London 07 Februari 2021. | EPA-EFE/Neil Hall

Olahraga

Harry Kane Jadi Tumpuan Tottenham Hotspur

Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho menyebut Harry Kane sebagai penyerang terbaik di dunia.

LONDON -- Tottenham Hotspur mendapatkan suntikan kekuatan penting jelang bertarung dengan Everton pada putaran Piala FA di Goodison Park, Liverpool, Kamis (11/2) dini hari WIB. The Lilywhites sudah bisa diperkuat penyerang andalannya, Harry Kane, yang sebelumnya menderita cedera engkel.

Kane sudah bermain saat Tottenham mengakhiri tiga kekalahan beruntun di Liga Primer Inggris dengan menaklukkan West Bromwich Albion 2-0, Ahad (7/2).

Skuat asuhan Jose Mourinho dua kali kalah dalam dua laga saat Kane absen. Awalnya Kane diperkirakan baru bisa akan tampil dalam laga melawan Everton. Ternyata ia pulih lebih cepat sehingga sudah bisa turun melawan West Brom dan langsung menyumbang satu gol.

Kane yang sudah mencetak 20 gol musim ini di semua kompetisi bakal jadi sorotan dalam laga ini. Winger Tottenham Son Heung-min bahkan mengaku sudah rindu dengan Kane. Son harus bekerja ekstra keras saat Kane absen.

Son mengatakan, Kane pemain penting di skuat the Lilywhites. Terbukti saat Kane kembali ke lapangan, Tottenham bisa langsung memutus tren kekalahan.

"Dia striker terbaik di dunia. Dia kembali dan langsung mencetak gol. Itulah yang kami butuhkan. Kami merindukannya," kata Son, dalam wawancara dengan BT Sport, seusai kemenangan atas West Brom.

Pelatih Tottenham Jose Mourinho juga menegaskan timnya bergantung pada Kane. Menurut dia, Kane pemain yang spesial dan akan memecahkan setiap rekor yang memungkinkan diraih oleh pemain internasional Inggris tersebut. "Dia striker terbaik di dunia. Tim bergantung padanya dan kami tidak bisa menyembunyikan itu," ujar Mourinho, dikutip dari Guardian.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Harry Kane (harrykane)

Di sisi lain, striker Everton Dominic Calvert-Lewin meminta rekan-rekan setimnya tetap percaya mereka bisa bersaing dan mengalahkan klub besar. Sebelum partai knock-out kontra Tottenham, Everton menahan Manchester United 3-3 di liga. 

Everton menunjukkan semangat juang yang tinggi dengan dua kali bangkit dari ketertinggalan. Peluang terbesar untuk mengangkat trofi musim ini yang ada di Piala FA menjadi motivasi lebih bagi klub asal Merseyside itu.

Terlebih, Everton berada di peringkat tujuh klasemen Liga Primer Inggris, satu tingkat di atas Totteham, dengan satu laga sisa lebih banyak. Karena itu, stiker internasional Inggris itu menyebut, tidak ada alasan bagi Everton merasa inferior menghadapi Tottenham.

"Bagi saya, kami mampu meraih lebih banyak lagi, dan saya merasa kami bisa melawan semua tim Kami bisa bersaing dan kami dapat mengalahkan mereka,'' ujar Calvert-Lewin, dikutip dari laman resmi Everton.

Tottenham punya rekor cukup bagus melawan Everton, dengan menang 68 kali dari total 180 pertemuan. Sementara Everton meraih 56 kemenangan. Kedua tim terakhir kali bertemu tahun lalu di liga, di mana Everton memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. Satu-satunya gol tersebut dicetak oleh Calvert-Lewin, yang juga menyelamatkan Everton dari kekalahan di Old Trafford, akhir pekan lalu. n ed: Israr Itah

Jadwal Pertandingan Putaran Kelima Piala FA, Kamis (11/2)

00.30 WIB Swansea City vs Manchester City        

02.30 WIB Sheffield United vs Bristol City             

02.30 WIB Leicester City vs Brighton & Hove Albion         

03.15 WIB Everton vs Tottenham Hotspur

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat