Menparekraf Sandiaga Uno mendonasikan gajinya ke Baznas untuk kemajuan zakat dan pemberdayaan masyarakat. | ANTARA FOTO

Khazanah

Menparekraf Donasikan Seluruh Gajinya untuk Mustahik

Donasi ini jadi teladan masyarakat dan dorongan untuk Baznas menyalurkan dana zakat.

AKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menerima seluruh gaji Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Hal ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian Sandiaga untuk menyerahkan seluruh gajinya sebagai menteri kepada para mustahik yang memerlukan bantuan di Indonesia. 

Ketua Baznas Prof Dr KH Noor Achmad menyambut baik dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Sandiaga. Menurut Noor, hal ini merupakan bentuk kepedulian dari Sandiaga kepada mustahik dan masyarakat terdampak pandemi serta bencana yang terjadi di Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Menparekraf Sandiaga Uno kepada Baznas. Donasi ini tentu akan sangat bermanfaat untuk disalurkan kepada mustahik yang saat ini membutuhkan uluran tangan berbagai pihak," kata Noor, dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (9/2). 

Lebih lanjut, Noor mengatakan, Sandiaga memilih Baznas untuk menyalurkan seluruh gajinya karena Baznas adalah lembaga yang transparan, akuntabel, dan telah bekerja nyata dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Baznas juga akan senantiasa meningkatkan pelayanan dan literasi kepada masyarakat untuk mendorong kemudahan berzakat yang nantinya digunakan untuk memberdayakan masyarakat mustahik di seluruh Indonesia. 

"Apalagi, di awal tahun ini Indonesia diterpa berbagai bencana alam serta belum terlepas dari pandemi Covid-19," ujar Noor. 

Saat ini, menurut dia, bangsa Indonesia benar-benar membutuhkan kerja sama dan gotong royong untuk membantu sesama. Seperti diketahui, sejak awal 2021, berbagai bencana terjadi di Indonesia, seperti gempa, tanah longsor, banjir, dan lainnya. Berbagai bencana tersebut membuat banyak masyarakat yang harus tinggal di pengungsian dan kehilangan harta benda. 

"Maka ini menjadi tugas kita bersama untuk saling menolong memenuhi kebutuhan dasar korban bencana," ujar Noor. Ia menekankan, donasi yang diberikan Sandiaga akan tepat sasaran dan diterima oleh mereka yang benar-benar membutuhkan. Donasi ini juga akan memperkuat berbagai program yang telah dijalankan Baznas untuk membantu dan menyejahterakan mustahik.

Baznas, lanjut Noor, akan terus berkomitmen menjadi lembaga terpercaya pilihan umat dan lembaga utama menyejahterakan masyarakat. Dia pun berharap langkah positif yang dilakukan Sandiaga akan diikuti berbagai pihak. Harapannya, rasa tolong-menolong di masyarakat akan terus terjaga dan menjadi teladan bagi umat untuk berzakat melalui Baznas.

"Sekali lagi Baznas mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno atas donasi gaji yang diberikan. Donasi ini bermanfaat untuk membantu masyarakat keluar dari krisis."

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat