Smartphone Sharp Aquos Sense4 | Dok Sharp Electronics Indonesia
22 Jan 2021, 16:25 WIB

Smartphone Gaming Makin Dilirik

Kendati turun, pasar smartphone di Indonesia masih potensial.

Sepanjang 2020 lalu pasar smartphone di Indonesia masih terasa menggairahkan. Terhitung hingga November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap angka penjualan hingga 40 juta unit, atau rata-rata sekitar 3,6 juta unit perbulannya. Kendati turun sebanyak 4 juta unit dibanding tahun sebelumnya akibat dampak pandemi, namun pasar smartphone di Indonesia masih potensial.

Apalagi, tahun ini diprediksi akan lebih baik dibanding 2020. Saat ini, pasar smartphone di Tanah Air didominasi oleh produk kelas menengah ke bawah yaitu sebesar 90 persen. Sementara untuk segmen mid-range, tepatnya, di kelas rentang harga Rp 4-5 jutaan, pasar ini juga ternyata terus mengalami pertumbuhan.

Melihat potensi tersebut, pekan lalu, Sharp meluncurkan produk smartphone terbarunya, Aquos Sense4 Plus. Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka menjelaskan, di masa pandemi seperti saat ini, permintaan smartphone di Indonesia masih sangat besar.

photo
Smartphone Sharp Aquos Sense4 - (Dok Sharp Electronics Indonesia)

Hadir di segmen midrange, tampilan Sharp Aquos Sense4 Plus terlihat premium, dibalut warna deep fog black yang dipadukan dengan ukuran layar besar 6,7” menjadikan ponsel pintar besutan Sharp ini cocok untuk menikmati berbagai gim dan menikmati tontonan.

Terkait

Mengikuti tren yang saat ini terus brekembang di pasaran, Aquos Sense4 Plus memiliki enam buah kamera yaitu quad camera atau empat kamera pada bagian belakang yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP dengan F1.8, kamera wide 5 MP, kamera makro 1.9 MP, dan kamera depth 1.9 MP yang dapat membantu pengguna mengabadikan momen-momen penting.

Sementara untuk bagian depan disematkan dual kamera atau punch hole, dengan resolusi 8 MP dengan F2.0 yang dibantu kamera depth 1.9 MP untuk menghaasikan swafoto mumpuni. “Aquos Sense4 Plus ini ditujukan sebagai smartphone gaming kelas menengah. Namun kami tetap memberikan kualitas yang maksimal pada bagian kamera baik dari hardware maupun software-nya," jelas Ardy selaku Head Marketing AUVI Product Strategy Division, PT Sharp Electronics Indonesia.  

Karena diperuntukan bagi kalangan gamers, ia melanjurtkan, Aquos Sense4 Plus dibekali beragam perangkat lunak yang mendukung performa gaming, seperti dapur pacu yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 720G Elite Gaming, RAM 8 GB dan memori internal 128 GB menjadikan bermain games menjadi lancar tanpa nge-lag. Dengan dibenamkan Gaming UI akan memberikan kenyamanan tanpa batas saat bermain games.

Salah satunya, adalah fitur Block Notification yang memungkinkan pengguna menghilangkan notifikasi aplikasi lain serta penerimaan panggilan serta pesan yang mengganggu. “Para gamers dapat asyik bermain tanpa merasa terganggu”, tambah Ardy.  

Sharp Aquos Sense4 Plus akan dilepas ke pasaran dengan dibanderol harga Rp 4,5 juta. Penjualan telah dimulai pada 21 Januari 2021 melalui program Pre-Sale yang akan digelar hingga 27 Januari 2021 mendatang.

Ekosistem Gim Kian Ramai

photo
Perkembangan industri gim Tanah Air kian semarak. Pada Kmias (21/1), pengembang gim lokal Megaxus memperkenalkan AyoDance Game Puzzle. - (Dok Megaxus)

Mengawali 2021, industri gim di Tanah Air semakin ramai karena PT Megaxus Infotech (Megaxus) yang merupakan perusahaan gim publisher lokal resmi meluncurkan mobile game terbarunya, AyoDance Puzzles. Permainan baru ini merupakan permainan generasi terbaru dari game puzzle Match-3, yang mengombinasikan puzzle, koleksi avatar, fitur sosial, dan real-time PvP (Player versus Player). 

Founder & CEO PT Megaxus Infotech, Eva Muliawati, menjelaskan, AyoDance Puzzles menjadi tambahan terbaru dari seri Audition AyoDance. “Dengan menyajikan genre puzzle match-3 yang segar dan fitur-fitur kompetisi antar pemain, real-time PvP dan update-update mendatang seperti tambahan stage baru, kami yakin gim ini dapat diterima dengan baik oleh gamer,” ujarnya. 

Menurutnya, AyoDance Puzzles berbeda dengan gim puzzle lainnya, karena pemain bisa memainkan Story Mode untuk menyelesaikan berbagai stage puzzle dan juga bertanding secara real-time dengan pemain lain dalam mode PVP 1vs1, 2v2, 2v2v2, dan 3v3. Selain itu, pemain bisa membuat avatar dan memodifikasinya, supaya menjadi stylish sesuai selera fashion masing-masing. 

Sebelum resmi diluncurkan pada Kmias (21/1), gim ini telah melalui masa pra-registrasi dari tanggal 3 Desember 2020 sampai dengan 19 Januari 2021, dan berhasil mendapatkan lebih dari 100 ribu pra-registrasi, kemudian dilanjutkan dengan Beta Test yang berlangsung dari tanggal 13 Januari 2021 sampai dengan 17 Januari 2021.


×