Pelatih Barcelona Ronald Koeman. | EPA-EFE/JUANJO MARTIN

Olahraga

16 Jan 2021, 11:25 WIB

Ronald Koeman Incar Gelar Pertama

Di Barca, Koeman masih berupaya memperbaiki mental pemainnya.

SEVILLA -- Ronald Koeman punya kesempatan meraih trofi pertama saat kapasitasnya diragukan dalam melatih Barcelona. Di tengah performa yang belum meyakinkan di liga, Blaugrana punya peluang berdiri di podium dan meraih trofi pertama musim ini, Piala Super Spanyol. 

Barcelona akan beradu ketangguhan dengan Athletic Bilbao di Stadion Olimpiade, Sevilla, Senin (18/1) dini hari WIB. Barcelona menyingkirkan Real Sociedad pada babak semifinal. Sedangkan, Bilbao menggagalkan tersajinya El Clasico di partai final setelah mendepak Real Madrid.

Bagi Barcelona, Piala Super Spanyol juga sangat penting untuk mengirim pesan bahwa mereka baik-baik saja. Suasana tak kondusif di ruang ganti yang muncul sejak akhir musim lalu bakal segera dilupakan jika mereka mengangkat trofi ini. Sementara itu, bagi Koeman, piala ini setidaknya dapat menjawab keraguan banyak pihak terhadap dirinya yang dinilai akan sulit memberikan gelar menilik performa Barcelona hingga saat ini.

Sedangkan, bagi Bilbao, ini kesempatan bagi mereka untuk mengangkat lagi piala ini untuk ketiga kalinya. Terakhir kali Bilbao meraihnya pada 2015. Saat itu, mereka mengalahkan Barcelona di partai final dengan agregat 5-1.

Pelatih Bilbao Marcelino Garcia Toral bersemangat menyambut partai final ini. Ia bahkan mengeklaim timnya sudah di ambang juara. Menurut dia, kegembiraan tim akan sempurna jika mampu menjadi yang terbaik pada akhir turnamen ini.

Melaju ke babak final dan mengetahui lawannya adalah Barcelona, pikiran Marcelino langsung tertuju kepada Lionel Messi. Marcelino yang baru memimpin Bilbao menggantikan Gaizka Garitano memandang La Pulga sebagai sosok yang sangat berbahaya.

 

 

Messi akan fit untuk final setelah absen dalam kemenangan adu penalti pada Rabu atas Real Sociedad karena masalah otot.

 

BILBAO MARCELINO GARCIA TORAL, Pelatih Barcelona
 

Namun, meskipun tanpa keberadaan Messi, Barcelona tetap difavoritkan untuk memenangkan pertandingan. Bilbao, bagaimanapun, harus memanfaatkan kepercayaan diri tinggi selepas menyingkirkan Madrid dengan kemenangan 2-1.

Di Barca, Koeman masih berupaya memperbaiki mental pemainnya. Menurut Koeman, mentalitas yang kuat akan berdampak ke permainan yang berujung pada hasil maksimal. “Belakangan ini, tim percaya diri dan memiliki fokus di semua area permainan. Gaya kami juga berkembang,” klaim Koeman.

Koeman juga senang dengan penampilan pemain mudanya, Riqui Puig, yang memiliki mental kuat di pertandingan penting. Puig menjadi penendang penalti kelima atau penentu kemenangan saat Barcelona mengalahkan Sociedad, 3-2. Puig kemungkinan akan mendapatkan kepercayaan kembali dari Koeman di partai final ini.

Ronald Koeman (lahir di Zaandam, Belanda, 21 Maret 1963; umur 57 tahun) adalah mantan pemain sepak bola asal Belanda dan ditunjuk sebagai pelatih FC Barcelona pada 19 Agustus 2020. Dia adalah saudara kandung dari mantan pelatih Feyenoord, Erwin Koeman dan anak dari mantan pemain sepak bola, Martin Koeman.

Dia adalah pelatih yang selamat dari konflik internal di manajemen Barcelona yang ancamannya adalah pemecatan. Pelatih asal Belanda itu membuat Las Blaugranas mengawali awal musim terburuk di Liga Spanyol dalam 33 tahun terakhir.

Pelatih asal Belanda itu jelas masih lebih beruntung dibandingkan pendahulunya Ernesto Valverde yang dipecat Januari 2020 lalu ketika Barcelona berada di puncak klasemen Liga Spanyol dan masih berstatus juara bertahan liga dua musim beruntun.

Koeman tiba dengan reputasi yang jauh lebih gemilang di mata para suporter, mengingat ia merupakan pencetak gol penentu keberhasilan Barcelona menjuara Piala Champions 1992.

Namun, reputasi itu berbanding 180 derajat jika menilik hasil yang diraih Barcelona di bawah tenor kepelatihannya, yang jika dibandingan dua pendahulunya pun bakal tampak sangat buruk. ';

×