Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri) berbincang dengan Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial (kanan) beberapa waktu lalu. | ANTARA FOTO
09 Jan 2021, 03:00 WIB

Wali Kota Bandung Berstatus OTG Covid-19

Oded meminta dukungan masyarakat agar dapat segera pulih dan menjalankan karantina mandiri tanpa kendala.

BANDUNG -- Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat (8/1). Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun resmi Humas Kota Bandung di media sosial Instagram. Saat ini, pemimpin nomor satu Kota Bandung ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dinas. 

"Assalamualaikum, warga Kota Bandung yang Mang Oded cintai. Mang Oded menginformasikan bahwa saat ini Mang Oded positif terpapar virus korona. Mang Oded terpapar Covid-19 kategori tanpa gejala," ujarnya, Jumat (8/1).

Oded mengimbau kepada siapa pun yang pernah melakukan kontak erat dengan dirinya lebih dari 15 menit dalam jarak satu meter terhitung sejak 4 hingga 7 Januari untuk melakukan isolasi mandiri. Selain itu, jika didapati gejala-gejala untuk segera melaporkan ke puskesmas terdekat dari rumah. "Mang Oded melakukan karantina mandiri," katanya.

Oded meminta dukungan masyarakat agar dapat segera pulih dan menjalankan karantina mandiri tanpa kendala. Ia pun mengimbau warga lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. Selain itu, warga Kota Bandung diminta menjaga kebugaran tubuh serta memakan makanan sehat bergizi dan optimistis menghadapi wabah pandemi.

Terkait

"Selama proses karantina mandiri ini, Mang Oded tetap memimpin jalannya pemerintahan di Bandung secara daring dibantu Pak Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Bandung dan memastikan pelayanan publik tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Meski tidak keluar rumah, Oded memastikan, seluruh tugas kedinasan tetap dijalankan secara virtual. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Oded kini melakukan isolasi mandiri di rumah dinas dengan pengawasan ketat dari Dinas Kesehatan Kota Bandung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Oded Mohamad Danial (mangoded_md)

"Amanat beliau menitipkan ke saya penyelenggaraan pemerintah harus berjalan maksimal, apalagi ada Pak Wakil. Kita lakukan pekerjaan, tidak ada yang berkurang, tapi harus hati-hati," ujarnya, kemarin.

Ia melanjutkan, seluruh pegawai pemerintahan sudah menerapkan work from home (WFH) sebanyak 70 persen dan work from office (WFO) sebanyak 30 persen. Namun, Ema mengatakan, berdasarkan instruksi menteri dalam negeri, WFH ditambah menjadi 75 persen.

Aktivitas rapat terbatas forum pimpinan daerah yang dijadwalkan Jumat (8/1) sore juga akihrnya dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Wali Kota Bandung, kata dia, tetap ikut terlibat dalam rapat.

Ema menambahkan, dia sudah melakukan rapid test antigen bersama jajarannya yang sering berinteraksi dengan Wali Kota Bandung dan hasilnya dinyatakan negatif. "Saya kontak erat dengan beliau, keseharian dengan beliau. Seharusnya saya karantina, tapi saya harus menjalankan (pemerintahan). Tadi saya menjalankan rapid test antigen, negatif. Driver negatif, bismillah saja, tapi yang utama saya meningkatkan disiplin yang ketat," katanya.


×