Pemain Real Madrid merayakan kemenangan. | EPA-EFE/JUANJO MARTIN

Olahraga

11 Dec 2020, 09:30 WIB

Madrid Sempurna

Madrid lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup B.

 

 

MADRID -- Real Madrid menjawab keraguan atas aksi mereka di Liga Champions musim ini dengan sempurna. Tidak pernah berada dalam posisi meyakinkan sejak matchday pertama, Los Blancos lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup B dengan keunggulan dua poin atas pesaing terdekat, Borussia Moenchengladbach.  

Hasil itu diraih setelah Madrid menaklukkan tamunya Gladbach, 2-0, di Stadion Alfredo di Stefano, Kamis (10/12) dini hari WIB. Inter Milan yang ada di grup ini tersisih sebagai juru kunci karena gagal menang atas Shakhtar Donetsk pada saat bersamaan.

Pelatih Madrid Zinedine Zidane mengatakan, pasukannya paham yang dipertaruhkan pada laga ini. Ia mengaku tidak memikirkan ocehan orang tentang performa timnya yang turun-naik. “Satu-satunya yang bisa kami kendalikan adalah penampilan kami di atas lapangan. Para pemain membuktikannya pada laga ini,'' kata Zidane, seperti dilansir laman resmi klub.

Madrid tampil seimbang saat menyerang dan bertahan. Sepanjang laga, Gladbach hanya bisa sekali melepaskan tembakan tepat ke arah gawang. Di sisi lain, Karim Benzema dkk melepaskan 19 tembakan, tujuh di antaranya mengarah ke gawang Gladbach. Kecemerlangan kiper Yann Sommer semata yang membuat Gladbach tak kebobolan lebih banyak.

Keputusan Zidane menurunkan trio gelandang senior bersamaan, yakni Luka Modric, Casemiro, dan Toni Kross, ternyata jitu. Mereka membuktikan diri masih layak tampil di level teratas kompetisi. Kehadiran Sergio Ramos yang kembali merumput setelah cedera memberikan dorongan moral dan ketenangan di lini belakang.

Namun, sorotan terbesar di laga ini diarahkan kepada Benzema. Penyerang asal Prancis itu memborong dua gol kemenangan lewat sundulan pada menit kesembilan dan ke-32. Setelah dibekap cedera otot dan absen di laga kontra Sevilla, striker 32 tahun itu kembali menunjukkan tajinya. Tambahan dua gol membawa mantan striker Lyon itu ke peringkat kelima daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa Madrid. Penyerang yang berseragam Madrid sejak 2009 itu telah mengemas 257 gol dari 527 penampilan di semua ajang.

Benzema juga menjadi pemain asing dengan rekor penampilan terbanyak bersama Madrid dengan 527 laga. Ia berbagi tempat di buku sejarah Los Blancos dengan mantan bek kiri tim nasional Brasil Roberto Carlos. Benzema pun menjadi pemain asing Madrid dengan koleksi kemenangan terbanyak, yaitu mencapai 357 kali. “Kemenangan ini telah meningkatkan kepercayaan diri dan kami sudah berada di trek yang tepat,'' tutur Benzema di laman resmi klub.

Hasil ini membuat Madrid selalu lolos ke fase gugur sepanjang keikutsertaan di Liga Champions dalam 29 musim terakhir. Meski terseok-seok di awal, pencapaian Madrid justru lebih mentereng daripada tiga wakil Spanyol lainnya, yaitu Sevilla, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Ketiga tim tersebut lolos sebagai runner-up grup. Imbasnya, mereka dipastikan menghadapi tim-tim unggulan di fase gugur. Bayern Muenchen, Manchester City, Liverpool, Juventus, Paris Saint-Germain (PSG), Chelsea, dan Borussia Dortmund telah menanti ketiganya. Di sisi lain, lawan Madrid kemungkinan “hanya” satu di antara Porto, Lazio, RB Leipzig, dan Atalanta. Rencananya, undian babak 16 besar Liga Champions akan digelar UEFA pada Senin (14/12) waktu setempat.

 


×