Pemain Manchester United Bruno Fernandes merobek gawang Newcastle di Stadion St James Park Inggris 17 Oktober 2020. | REUTERS/Alex Pantling / POOL
26 Nov 2020, 03:03 WIB

Mesin Diesel Manchester United Melawan Newcastle

Pelatih Manchester United Solskjaer mengaku laga di markas Newcastle telah menguji mentalitas para pemainnya.

LONDON — Mesin diesel Manchester United (MU) baru menyala pada sepuluh menit terakhir untuk memastikan kemenangan 4-1 atas Newcastle United di Stadion St James’s Park, Ahad (18/10) dini hari WIB. Tiga gol mengoyak gawang Newcastle dalam empat menit terakhir waktu normal plus enam menit tambahan waktu di babak kedua. 

Klub berjuluk Setan Merah ini meraih kemenangan keduanya di Liga Primer Inggris musim ini. Kemenangan tersebut menjadi respons atas kekalahan memalukan sepekan silam ketika Tottenham Hotspur mencukur United 6-1 di Old Trafford. 

Di laga Liga Inggris lainnya, juara bertahan Liverpool harus berbagi gol 2-2 saat menjalani derby Merseyside melawan Everton di Stadion Goodison Park. Tambahan satu angka itu sudah cukup mengantarkan Everton memuncaki klasemen sementara Liga Inggris. 

Sementara itu, gol semata wayang dari Raheem Sterling membawa Manchester City menang 1-0 saat menjamu Arsenal di Etihad Stadium. Di laga lainnya, bek Southampton Jannik Vestergaard membuyarkan harapan Chelsea untuk merebut tiga angka setelah gol di masa injury time memaksa hasil akhir dengan skor imbang 3-3.  

Terkait

Usai memastikan kemenangan, Ole Gunnar Solskjaer akhirnya bisa melepaskan senyuman. Setelah selama sepekan terakhir menuai kritik, bahkan diisukan bakal didepan dari kursi pelatih MU, Solskjaer mampu menarik napas lega dengan adanya kemenangan ini. Ia pun langsung memberikan pujiannya kepada anak asuhnya yang telah menunjukkan semangat juang setelah mereka sempat tertinggal lebih dulu. 

"Saat kami imbang 1-1 kami membuat banyak peluang dan kami terus menekan Newcastle sehingga saya bisa merasakan gol kedua akan datang," kata Solskjaer dilansir laman resmi klub, Ahad (18/10).

photo
Pemain MU Marcus Rashford menggocek bola mengoyak pertahanan Newcastle United dalam laga pertandingan Liga Inggris 17 Oktober 2020. - (REUTERS/Stu Forster / POOL)

Solskjaer mengakui laga di markas Newcastle ini benar-benar menguji mentalitas para pemainnya, terlebih setelah gol cepat yang dibuat tuan rumah. "Karakter kami diuji setelah kalah 1-6 di laga sebelumnya. Namun, kami terus berjuang dan terinspirasi dari kapten tim, Maguire," sambung pria asal Norwegia.

Dalam laga tersebut, MU sebenarnya sempat tertinggal setelah dua menit laga berlangsung, Luke Shaw melakukan gol bunuh diri. Keunggulan Newcastle itu dibalas oleh kapten MU, Harry Maguire. Baru di sisa sepuluh menit terakhir, MU menunjukkan kemampuannya untuk merebut kemenangan lewat kontribusi Bruno Fernandes, Aaron Wan Bissaka, dan Marcus Rashford. 

Rekor Guardiola

Sementara itu, kemenangan yang didapat City kali ini menjadi catatan kemenangan 500 yang diperoleh oleh Pep Guardiola di sepanjang kariernya sebagai pelatih. 

Menghadapi mantan asistennya di Manchester City, Mikel Arteta, Guardiola mengaku laga tersebut berjalan sulit. Arsenal sempat membuat frustasi lini depan the Eastland.

"Itu kemenangan yang sulit, tetapi kami menang 1-0 dan Ederson Moraes tampil sangat atraktif di bawah gawang. Kami mengaku masih sedikit jauh dari penampilan terbaik kami yang diharapkan," kata Guardiola dikutip BBC Sports.

Sebaliknya, Arteta juga tetap memberikan pujian kepada anak asuhnya. Meski terselip rasa kesal akibat kekalahan ini namun ia mengatakan penampilan timnya sudah semakin baik. 

“Kami sebenarnya sudah berusaha mengambil permainan, dan berusaha untuk membatasi mereka," ujarnya.


,
×