|

Peristiwa

Pelantikan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusional RI

MK sementara ini sudah memperoleh 7 laporan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh hakim MK.

JAKARTA -- Para anggota Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) resmi dilantik oleh Ketua MK Anwar Usman pada Selasa (24/10/2023). MKMK diberikan tenggat waktu selama sebulan guna menginvestigasi dugaan pelanggaran etik para hakim MK.

MK sementara ini sudah memperoleh 7 laporan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh hakim MK mengenai putusan syarat batasan usia capres dan cawapres di Pilpres 2024. Tujuh laporan itu nantinya diperiksa dan diadili oleh MKMK.

"Dengan ini saya membentuk MKMK dan menetapkan keanggotan MKMK sebagai berikut: Wahiduddin Adams sebagai hakim MK, Prof Jimly Asshiddiqie sebagai tokoh masyarakat, dan Prof Bintan Saragih sebagai akademisi," tulis surat keputusan pembentukkan MKMK yang diumumkan Anwar Usman pada Selasa (24/10/2023).

Surat Keputusan Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pembentukan dan Susunan Keanggotaan MKMK Tahun 2023 itu ditandatangani oleh Anwar Usman. MKMK memiliki waktu satu bulan untuk menunaikan tugasnya.

"MKMK menjalankan tugas selama sebulan terhitung sejak surat ditetapkan 23 Oktober 2023 sampai 24 November 2023," ujar Anwar.

Selanjutnya, dalam sambutannya, Anwar mempercayakan anggota MKMK untuk menjalankan tugasnya semaksimal mungkin. Anwar berharap mereka dapat mengemban amanah yang sudah diberikan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Polisi Temukan Bukti Lain Saat Olah TKP Kasus Pembunuhan di Subang

Olah tempat kejadian perkara (TKP) yang telah dilaksanakan sesuai dengan keterangan tersangka.

SELENGKAPNYA

300-an Santri dan Pelajar Bersihkan Sungai dari Sampah

Kegiatan membersihkan sungai ini merupakan rangkaian peringatan Hari Santri 2023.

SELENGKAPNYA

Konser Karawitan 2023

Konser Karawitan dengan tajuk Gaung Gongso Membahana ini menampilkan 11 grup karawitan.

SELENGKAPNYA

Tol Cijago Seksi 3B Tak Kunjung Beroperasi

Seharusnya ruas jalan tol ini ditargetkan beroperasi pada September 2023.

SELENGKAPNYA