Striker Timnas U-22 Muhammad Ramadhan Sananta melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Thailand pada final SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Olahraga

Menanti Aksi Ramadhan Sananta

Sananta telah mengemas delapan gol bagi timnas di level U-23.

JAKARTA -- Kehadiran striker Ramadhan Sananta diharapkan dapat menambah daya gedor timnas U-24 di Asian Games 2022. Taktik khusus pun sudah disiapkan pelatih Indra Sjafri untuk menghadapi perlawanan Uzbekistan pada babak 16 besar yang akan digelar di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Cina, Kamis (28/9/2023).  

Performa lini serang timnas kurang belum memuaskan selama fase grup. Indonesia hanya mampu mengemas dua gol.

Keberadaan Sananta sangat diharapkan bisa menambah kekuatan timnas. Bagaimana tidak, striker Persis Solo itu memiliki catatan impresif bersama timnas.

Sananta sepanjang tahun ini telah mengemas delapan gol dalam pertandingan timnas level U-23. Lima gol di antaranya dibukukan dalam perhelatan SEA Games 2023 yang mana Indonesia keluar sebagai juara.

photo
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) melepaskan tendangan bola ke arah gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023)- (ANTARA FOTO)

Pelatih Indra Sjafri menyatakan telah menyiapkan taktik khusus melawan Uzbekistan. Sananta juga mulai mengikuti sesi latihan bersama timnas di lapangan Hangzhou Chen Jinglun Sports School-Southeast, Hangzhou, Cina, pada Selasa (26/9/2023).

"Sebelum persiapan pertandingan melawan Uzbekistan, kita sudah cek semua pemain dalam keadaan siap dan hari ini kita sudah menyiapkan game plan dari hasil laporan tim analis tentang kualitas pemain dari Uzbekistan," kata Indra dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (27/9/2023).

Dalam perhelatan Asian Games, Uzbekistan tampil meyakinkan selama fase grup. Meskipun hanya berisi dua tim di Grup C, yakni Hong Kong dan Uzbekistan, tim asuhan Timur Kapadze mampu menyapu bersih dua kemenangan atas Hong Kong dengan skor masing-masing 1-0 dan 2-1. Indra tentu harus mewaspadai kekuatan tim berjuluk Young White Wolves itu.

Uzbekistan akan menjadi ancaman serius bagi tim asuhan Indra Sjafri terutama perihal ketajaman di lini depan. Sama seperti timnas Indonesia U-23, tim yang ditangani oleh Timur Kapadze itu juga berhasil mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Tapi, dengan catatan yang lebih gemilang.

Selama babak kualifikasi Piala Asia, Young White Wolves telah mengemas 19 gol dan hanya kebobolan satu kali. Saat itu, Uzbekistan berada dalam satu grup dengan Afganistan, Hong Kong, dan Iran. Mereka menaklukkan Afganistan dengan skor 8-1, Hong Kong (10-0), dan Iran (1-0).

Di sisi lain, Indra Sjafri justru tidak bisa menurunkan salah satu pemain jangkar terbaiknya, yakni Rachmat Irianto di laga melawan Uzbekistan nanti. Rian harus absen akibat akumulasi kartu kuning saat melawan Taiwan dan Korea Utara pada laga Grup F Asian Games 2023. Pemain Persib Bandung itu pun hanya bisa memberikan dukungan dari pinggir lapangan.

"Semoga pertandingan berjalan lancar nanti. Persiapan dan perbaikan juga sudah dilakukan oleh para pelatih. Uzbekistan bukan lawan yang mudah, tetapi harus optimis, karena bola itu bundar, jadi tetap berikan yang terbaik," kata Irianto. 

photo
Pesepak bola Timnas U-24 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melewati adangan pesepak bola Kirgistan Adilet Kanybekov (kanan) dalam pertandingan kualifikasi Grup F Asian Games 2022 di Zhejiang Normal University East Stadium, Hangzhou, China, Selasa (19/9/2023). - (ANTARA FOTO/HO-NOC Indonesia/Naif Al’As)

Sementara, Ramadhan Sananta bertekad memberikan penampilan maksimal untuk melawan Uzbekistan.

“Saya harus siap 100 persen. Karena kalau kita dipanggil, harus siap berikan segalanya. Senang juga bisa bergabung dengan teman-teman yang lain,” kata Sananta, Selasa.

Penyerang berusia 20 tahun itu meminta doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar mampu mengeluarkan potensi terbaik saat membela Merah Putih di babak 16 besar.

“Doakan kami supaya bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara, terutama untuk saya agar bisa memberikan 100 persen,” ujar Sananta.

Dalam laga nanti, kiper Ernando Ari diprediksi turun sejak awal. Kiper Persebaya Surabaya ini sempat diistirahatkan saat melawan Taiwan di Grup F. Selebihnya ia menjadi starter Indonesia ketika jumpa Kirgistan dan Korea Utara. Ia juga sudah menjadi andalan di tim senior.

Di posisi bek tengah, Rizky Ridho tak tergantikan. Ban kapten melingkar di lengannya. Ia bakal berduet dengan palang pintu Persikabo 1973, Andy Setyo.

photo
Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri. - (Republika/ Afrizal Rosikhul Ilmi)

Di sektor gelandang bertahan, Alfreandra Dewangga hampir pasti turun sejak awal. Itu karena Rachmat Irianto terkena akumulasi kartu kuning.

Dewangga termasuk pemain serbabisa. Terkadang ia ditempatkan di pos bek tengah kiri atau bek kiri. Jika Indra ingin di sektor lain tetap ada amunisi penting di bangku cadangan, penggawa PSIS Semarang ini bisa saja disiapkan untuk melapisi peran Ridho atau Andy Setyo.

Itu berarti Ananda Raehan bisa mengisi posisi nomor enam. Siapa pun yang turun sebagai jangkar, bakal didampingi Syahrian Abimanyu dan Muhammad Taufany.

Lalu di sektor penyerangan, ada Egy Maulana Vikri di kanan, Ramai Rumakiek di kiri, Sananta di pos ujung tombak. Ini jika Indra menggunakan formasi 4-3-3 atau 4-5-1. Pada format yang disebut terakhir, Egy dan Rumakiek lebih membantu lini tengah, dan fokus pada serangan balik.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat