Potret pemilik perusahaan militer swasta Wagner Group Yevgeny Prigozhin dipasang di peringatan jalanan informal untuk anggota kelompok militer Grup Wagner yang tewas dalam kecelakaan pesawat pada hari Rabu, dekat Kremlin di Moskow, Rusia, Minggu, 27 Agust | AP Photo/Alexander Zemlianichenko

Internasional

Pemakaman Yevgeny Prigozhin yang Sunyi Pemberitaan

Saluran utama, Russia 1, mendedikasikan waktu siaran kurang dari satu menit untuk pemakaman itu di berita malamnya.

Pemakaman diam-diam dan hening Yevgeny Prigozhin mengakhiri perjalanan penuh gejolak tokoh yang merintis karier sebagai preman jalanan St Petersburg sampai pendiri kelompok tentara bayaran yang dibiayai Kremlin. Ia tewas dalam kecelakaan pesawat mencurigakan dua bulan setelah pemberontakan singkatnya melawan otoritas Presiden Vladimir Putin.


Televisi pemerintah Rusia yang selama beberapa dekade menjadi sumber informasi utama bagi sebagian besar warga Rusia, nyaris tidak meliput pemakaman tersebut. Salah satu saluran utama, Russia 1, mendedikasikan waktu siaran kurang dari satu menit untuk pemakaman itu di berita malamnya.


Russia 1 juga melaporkan Prigozhin dimakamkan tepat di samping ayahnya, yang meninggal pada 1978. Stasiun televisi populernya lainnya, Channel One, sama sekali tidak memberitakan pemakaman tersebut. "Upacara pemakaman berlangsung tanpa orang luar dan pers atas permintaan keluarga,” kata Russia 1 dalam laporannya, Selasa (29/8/2023) malam.


Pengamat politik pro-Kremlin, Sergei Markov, mencatat Prigozhin merupakan sosok legendaris bagi para pendukungnya yang semakin kritis pada pemerintah. “Pemakaman Prigozhin menimbulkan masalah komunikasi antara sistem pemerintahan Rusia yang birokratis yang tidak memiliki banyak potensi politik dan segmen patriotik yang aktif secara politik dari masyarakat Rusia,” kata Markov.

photo
Seorang pria meletakkan bunga di sebuah peringatan informal di sebuah kafe milik Yevgeny Prigozhin, kepala perusahaan militer Wagner Group di St. Petersburg, Rusia, Jumat, 25 Agustus 2023. Penilaian awal intelijen AS menemukan bahwa kecelakaan pesawat diduga terjadi telah membunuh pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin dengan sengaja disebabkan oleh ledakan.- (AP Photo/Dmitri Lovetsky)
 


Peneliti senior di Carnegie Russia Eurasia Center, Tatiana Stanovaya, mengatakan dinas rahasia “menjadi tahap akhir dari operasi khusus untuk melenyapkannya." “Semuanya dilakukan semaksimal mungkin, di bawah kendali penuh aparat keamanan, dengan manuver yang mengganggu,” katanya dalam komentar di saluran aplikasi kirim-pesan Telegram.


Badan investigasi kriminal Rusia, Komite Investigasi, secara resmi mengonfirmasi kematian Prigozhin pada Ahad (28/8/2023). Komite tidak mengatakan apa yang menyebabkan pesawat pribadi Prigozhin jatuh pada 23 Agustus, beberapa menit setelah lepas landas dari Moskow menuju St Petersburg.

Tepat sebelum kecelakaan terjadi, Prigozhin dilaporkan baru saja kembali dari perjalanan ke Afrika, tempat ia berupaya memperluas aktivitas Grup Wagner. Mantan kepala logistik Wagner Valery Chekalov yang termasuk di antara 10 orang yang tewas dalam kecelakaan itu juga dimakamkan di St Peterburg.

Orang kedua di komando Prigozhin, Dmitry Utkin, pensiunan perwira intelijen militer yang memberi nama kelompok tentara bayaran berdasarkan nama samarannya sendiri, juga tewas dalam kecelakaan pesawat. Asesmen awal intelijen AS menyimpulkan kecelakaan tersebut disengaja.

Pejabat pemerintah Barat menyebutkan daftar panjang musuh Putin yang telah dibunuh. Kremlin menolak tuduhan Barat, Putin berada di balik kecelakaan itu dan menyebutnya sebagai “kebohongan mutlak”.

photo
epa10817441 Bunga dan tempelan berlogo PMC Wagner diletakkan pada peringatan informal di sebelah bekas PMC Wagner Center di St. Petersburg, Rusia, 24 Agustus 2023. Investigasi diluncurkan atas jatuhnya pesawat di wilayah Tver di Rusia pada 23 Agustus 2023, Badan Transportasi Udara Federal Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan. Di antara penumpang tersebut terdapat kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin, lapor agensi tersebut - (EPA-EFE/ANTON MATROSOV)


Prigozhin, mantan narapidana yang mendapat penghasilan jutaan dolar dan julukan “koki Putin” dari kontrak katering pemerintah yang menguntungkan. Ia melayani kepentingan politik Kremlin dan membantu memperluas pengaruh Rusia dengan mengirimkan tentara bayarannya ke Suriah, Libya, Republik Afrika Tengah, dan negara lain.


Wagner, salah satu elemen pasukan Moskow yang paling andal memainkan peran penting di Ukraina ketika mereka merebut benteng Bakhmut di timur Ukraina pada akhir Mei lalu. Kecelakaan pesawat yang menimpanya terjadi tepat dua bulan Prigozhin melancarkan pemberontakan melawan kepemimpinan militer Rusia.


Prigozhin memerintahkan tentara bayarannya untuk mengambil alih markas militer di Kota Rostov-on-Don, kemudian memulai serangan ke Moskow. Mereka menjatuhkan beberapa pesawat militer, menewaskan lebih dari selusin pilot Rusia. 

 

Putin tak Hadir 

photo
Seorang wanita menyaksikan Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato nasionalnya di Moskow, Rusia, 24 Juni 2023. Putin mengatakan tindakan kontra-terorisme diberlakukan di Moskow dan wilayah Rusia lainnya. Pidato tersebut muncul setelah pimpinan Grup Wagner perusahaan militer swasta (PMC) Yevgeny Prigozhin mengatakan dalam sebuah video pada 24 Juni bahwa pasukannya telah menduduki gedung markas besar Distrik Militer Selatan di Rostov-on-Don, menuntut pertemuan dengan pihak pertahanan Rusia. pemimpin. Putin tidak secara terbuka menyebut Grup Wagner maupun pemimpinnya dalam pidatonya. ( EPA-EFE/SERGEI ILNITSKY)


Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berencana menghadiri pemakaman pemimpin tentara bayaran Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin. Prigozhin tewas ketika pesawatnya jatuh pekan lalu.

Kecelakaan itu terjadi dua bulan setelah Prigozhin dan tentara bayarannya melancarkan pemberontakan terhadap komandan militer utama Putin. Mereka mengambil kendali Kota Rostov di selatan dan bergerak maju menuju Moskow. Namun, mereka mundur ketika mencapai 200 kilometer dari ibu kota. “Kehadiran presiden tidak direncanakan,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Peskov mengatakan, Kremlin tidak memiliki informasi spesifik mengenai pemakaman tersebut. Dia menambahkan, pengaturan pemakaman Prigozhin diserahkan kepada keluarganya.

Penyelidik pada Ahad (27/8/2023) mengatakan, berdasarkan tes genetik dikonfirmasi bahwa Prigozhin termasuk di antara 10 orang yang tewas dalam kecelakaan itu. Kremlin telah menolak pernyataan beberapa politikus dan komentator Barat bahwa Putin memerintahkan pembunuhan terhadap Prigozhin sebagai balas dendam. Kremlin menganggap pernyataan Barat sebagai sebuah kebohongan mutlak. 

 

 

 
Pengaturan pemakaman Prigozhin diserahkan kepada keluarganya.
 
DMITRY PESKOV, Juru bicara Kremlin, 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pentagon: Bos Grup Wagner Dibunuh

Wagner didorong membalaskan dendam kematian Prigozhin.

SELENGKAPNYA

Kecelakaan Pesawat Bos Wagner ‘Mencurigakan’

Grup Wagner berperan penting dalam serangan Rusia ke Ukraina.

SELENGKAPNYA

Perang Rusia-Ukraina Melebar ke Belarusia?

Amerika Serikat menginstruksikan warganya tinggalkan Belarusia

SELENGKAPNYA