Kondisi Terowongan MIna pada hari kedua lontar jumrah pada 11 Dzulhijjah atau 29 Juni | Rep-Agung Sasongko

Gaya Hidup

Serba-Serbi Berangkat Umrah Secara Mandiri

Tanpa bantuan travel, biaya perjalanan umroh akan lebih murah.

Salah satu hal yang didambakan setiap Muslim adalah bisa melakukan umrah atau haji. Biasanya, untuk umrah para Muslim memanfaatkan agen travel, sehingga mereka tinggal duduk manis dan mengikuti setiap intruksi yang diberikan.

Namun, ada beberapa orang yang ingin melakukan umrah tanpa agen travel. Ada beberapa alasan yang menjadi pendorong sebagian orang ingin umrah secara mandiri, seperti fleksibelitas dan biaya. Namun, sebelum benar-benar pergi umrah secara mandiri, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, antara lain: 

photo
Umrah haji di Makkah. - (Dok Republika)

1.Pelajari doa-doa umrah

Banyak orang yang ingin memahami lebih dalam tentang ibadah haji dan umrah sebelum berangkat. Ini bisa dilakukan dengan menghapalkan doa-doa serta apa saja yang perlu dikerjakan selama menjalankan umrah.

2. Menentukan jadwal 

Pastikan Anda menentukan jadwal umrah dengan cermat dan memperhitungkan waktu yang Anda miliki, kondisi fisik, dan jadwal kerja Anda.

3. Mempersiapkan berkas-berkas penting

Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen penting, seperti paspor, visa, dan berkas lain yang diperlukan untuk melakukan ibadah haji atau umrah.

4. Mencari informasi umrah 

Saat melakukan perjalanan umrah tanpa bantuan agen travel, Anda harus mencari informasi umrah secara mandiri. Ini bisa dilakukan dengan mencari informasi melalui internet atau dengan bertanya pada orang-orang yang sudah pernah melakukan ibadah haji atau umrah.

Setelah persiapannya sudah matang, selanjutnya adalah sejumlah langkah untuk berangkat melakukan ibadah haji atau umrah:

1. Membeli tiket pesawat 

Belilah tiket pesawat untuk perjalanan Anda ke Tanah Suci dengan cermat. Pastikan Anda membandingkan harga tiket dan memilih jadwal yang sesuai dengan jadwal umrah Anda.

2. Menyewa akomodasi

photo
Pemandangan umum umat Islam yang menunaikan umrah di Masjidil Haram selama bulan suci Ramadhan, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 20 April 2023. (REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY)

Carilah akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Bisa mencari informasi melalui internet atau dengan menghubungi pihak akomodasi secara langsung.

3. Mencari informasi rute perjalanan

Pastikan Anda mengetahui rute perjalanan Anda sebelum berangkat, termasuk juga informasi tentang transportasi umum dan waktu tempuh.

4. Melakukan registrasi visa

Pastikan Anda melakukan registrasi visa sebelum berangkat. Caranya, bisa dengan menghubungi kedutaan atau konsulat negara yang bersangkutan untuk informasi lebih lanjut.

5. Mempersiapkan uang dan mata uang asing

photo
Jamaah haji Aceh menerima uang pemberian wakaf dari Baitul Asyi di Hotel 221 kawasan Syisah, Makkah, Senin (29/7/2019). Setiap orang jamaah asal Aceh, berhak mendapatkan uang wakaf 1200 riyal per orang dari Baitul Asyi setiap tahunnya. - (Muhammad Hafil/Republika)

Pastikan Anda mempersiapkan uang dan mata uang asing yang dibutuhkan untuk perjalanan. Bisa mengecek kurs mata uang sebelum berangkat dan mempersiapkan uang sesuai dengan kebutuhan.

Melakukan perjalanan umrah mandiri tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ini bisa menjadi pertimbangan jika Anda bingung akan menggunakan agen travel atau tidak.

Kelebihan

1. Fleksibilitas: Anda memiliki fleksibilitas untuk menentukan jadwal, rute, dan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

2. Pengalaman yang lebih personal: Melakukan perjalanan umrah tanpa bantuan agen travel akan memberikan Anda pengalaman yang lebih personal dan memungkinkan Anda untuk lebih mengenal budaya dan tradisi negara tujuan.

3. Biaya lebih murah: Tanpa bantuan travel, biaya perjalanan umrah akan lebih murah karena Anda tidak perlu membayar biaya tambahan untuk jasa penyelenggara travel.

photo
Petugas memberikan penjelasan kepada calon jamaah umrah di kantor pusat Maktour Travel Umrah dan Haji, Jakarta Timur, Kamis (27/2/2020). Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menangguhkan sementara pelayanan umrah bagi warga dari luar kerajaan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 - (SIGID KURNIAWAN/ANTARA FOTO)

Kekurangan

1. Repot dan melelahkan

Melakukan perjalanan umrah tanpa bantuan agen travel akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak karena Anda harus mengatasi segala sesuatu secara mandiri.

2. Kurangnya dukungan

Tanpa bantuan agen travel, Anda tidak memiliki dukungan yang cukup dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan pemecahan masalah yang mungkin terjadi selama perjalanan.

3. Risiko keterlambatan atau kehilangan dokumen

Tanpa bantuan agen travel, risiko keterlambatan atau kehilangan dokumen penting, seperti paspor atau visa akan lebih tinggi. 

 

 
Melakukan perjalanan umrah tanpa bantuan agen travel akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Warga Berbondong-bondong Daftar Umrah Bulan Muharram

Hampir setiap travel telah menutup pendaftaran dengan kursi terisi penuh.

SELENGKAPNYA

Panduan Umrah untuk Jamaah Haji

Umrah diartikan sebagai ziarah ke Ka'bah dalam kondisi ihram dengan tawaf,sai dan tahalul.

SELENGKAPNYA