Funscience, 21 Agustus 2023 | KPM

Funscience

SCIENCE: Sisir Statis

Adik-adik, sekarang kita bereksperimen yuk.

Pernahkah adik-adik berpikir bahwa kita dapat membuat listrik sederhana tanpa adanya bantuan alat listrik? Apakah bisa? Bagaimana kita dapat mengetahuinya? Tentunya membuat kalian penasaran, kan? Yuk, kita ikuti keseruan eksperimen Nala dan Ria berikut ini.

Apa tujuan dari eksperimen ini?

Adik-adik dapat mengetahui atau mengidentifikasi jenis muatan listrik.

Apa saja alat dan bahan yang disiapkan?

photo
Alat dan bahan eksperimen - (KPM)
 
 

Bagaimana cara melakukan eksperimen ini?

 
photo

Langkah percobaan - (KPM)

 
 

Mungkin kalian penasaran dengan hasilnya, kan? Ayo perhatikan penjelasan berikut ini.

Pada langkah kedua, potongan kertas tetap utuh di permukaan meja dan tidak bergerak sedikit pun saat sisir berada di dekatnya. Namun pada langkah ketiga, sisir menarik potongan kertas dari permukaan ke arahnya, dan akhirnya potongan kertas menempel pada sisir.

Hal ini dapat terjadi karena terjadi gesekan antara sisir dengan rambut. Muatan listrik tersebut berada dalam keadaan diam (statis), oleh karena itulah disebut sebagai listrik statis. Listrik statis merupakan energi yang dimiliki oleh benda bermuatan listrik. Muatan listrik yang dimiliki benda-benda itu bisa bermuatan negatif maupun positif. Begitu penjelasannya, adik-adik.

Bagaimana adik-adik? Seru banget ya melakukan eksperimen ini? Sampai jumpa dengan eksperimen sains menarik lainnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat