Kurang tidur (ilustrasi) | Pixabay/CDD20

Gaya Hidup

Benarkah Tidur Enam Jam Sudah Cukup? 

Kita semua pernah mendengarnya sebelumnya. Semua orang dewasa harus tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Jika enam jam tidur kurang dari tujuh jam, seberapa buruk hal tersebut bagi kesehatan kita? 


Menurut Peter Polos, seorang profesor kedokteran tidur di Hackensack JFK Medical Center di New Jersey, Amerika Serikat (AS) dan pakar tidur untuk Sleep Number, tidur enam jam itu tidak bagus. Bagi kebanyakan orang, kurang dari enam jam secara kumulatif dapat menyebabkan kurang tidur dan apa yang oleh para ahli disebut sebagai "utang tidur." Itulah situasi di mana, dengan kurang tidur setiap hari, Anda bisa semakin ketinggalan dalam memenuhi kebutuhan kesehatan anda.


“Kurang tidur berdampak negatif pada kesehatan dan kinerja dan kurang tidur secara konsisten dapat memengaruhi sejumlah fungsi tubuh, termasuk otak, kekebalan, metabolisme, dan lainnya,” kata Polos, dilansir dari laman Menshealth.

Menurut dia, saat kita tidur, pikiran dan tubuh kita memerlukan waktu yang cukup untuk beristirahat dan memulihkan diri. Termasuk untuk melakukan konsolidasi, pemulihan, dan pembersihan dari hari itu. "Bahkan, atlet profesional pun mengenali dan menuai manfaat dari tidur yang lebih nyenyak," katanya.


Apakah setiap orang membutuhkan jumlah tidur yang sama? Menurut Polos, sejatinya kebutuhan tidur setiap orang tidak sama. Dia mengakui bahwa ada beberapa orang yang dapat melakukannya dengan sangat baik dengan waktu tidur enam jam atau kurang, tetapi tidak kebanyakan dari kita. “Kebanyakan orang yang membutuhkan tujuh hingga delapan jam dan hal tersebut dapat berubah selama hidup,” katanya.


Salah satu cara untuk mengetahui Apakah anda cukup tidur adalah dengan mengukur seberapa mengantuk Anda pada siang hari. Cara terkenal untuk melakukannya adalah apa yang disebut Skala Kantuk Epworth.


Temukan skor Anda melalui alat interaktif ini di situs CDC. Alat ini menanyakan pertanyaan seperti seberapa besar kemungkinan Anda tertidur jika Anda duduk dan membaca atau sebagai penumpang di dalam mobil selama satu jam atau lebih. Skor 10 atau lebih tinggi menunjukkan bahwa Anda tidak cukup tidur.


Bagaimana Anda bisa menciptakan dan mempertahankan kebiasaan tidur yang baik? Menurut Polos, secara konsisten tidur enam jam setiap malam seharusnya tidak menjadi tantangan besar untuk memprioritaskan menutup mata dan mendapatkan hingga tujuh jam.

Jika Anda tidak merasa mengantuk pada malam hari dan sulit tidur meskipun Anda mempertahankan waktu bangun yang konsisten, penting untuk melewatkan tidur siang atau batasi hingga 30 menit atau kurang jika Anda benar-benar menginginkannya.

Serba Serbi Tidur Nyenyak - (Republika)

  ​


"Tubuh kita berjalan pada jam internal, disebut ritme sirkadian kita, yang membantu mendorong tidur dan bangun," kata Polos. Ia pun menyarankan kita tidur di ruangan yang gelap dan sejuk karena hal itu akan sangat membantu.


Polos juga merekomendasikan untuk menghindari menonton TV atau menggunakan komputer atau ponsel Anda setidaknya 30 menit sebelum tidur, karena hal ini dapat menghambat pelepasan melatonin dan menunda waktu tidur. Anda juga harus menghindari konsumsi kafein atau alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur.

Terakhir, jika Anda lebih suka berolahraga di malam hari daripada di pagi hari, dia menyarankan untuk berolahraga setidaknya dua jam sebelum anda berencana untuk tidur. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang tidur, atau merasa tidak cukup tidur, tak ada salahnya membuat janji dengan spesialis tidur.

photo
Tidur dan kualitas kehidupan (ilustrasi) - (Unsplash/Zohre Nemati)

Mereka dapat membantu anda mengesampingkan masalah kesehatan mendasar yang mungkin menyebabkan sulit tidur atau membuat rekomendasi lain untuk membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Ada juga pelatih tidur yang dapat membantu Anda mengetahui beberapa detail dalam gaya hidup Anda yang membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

 

 
Kebutuhan tidur setiap orang tidak sama.
DR PETER POLOS, Profesor kedokteran tidur di Hackensack JFK Medical Center di New Jersey, Amerika Serikat (AS). 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat