FILE - The TikTok logo is seen on a mobile phone in front of a computer screen which displays the TikTok home screen, March 18, 2023, in Boston. Social media platforms often rely on labels to let users know an account is operated by a Russian state propag | AP Photo/Michael Dwyer

Inovasi

Lazada dan Shopee Harus Hati-Hati, Tiktok Shop Bukan Lagi Raksasa Tidur

Dua tahun sejak diluncurkan, popularitas bisnis lokapasar Tiktok, Tiktok Shop, telah meningkat pesat karena pertumbuhan meteorik global aplikasi video pendek tersebut. Pendakian cepat dari fitur belanja milik ByteDance ini pun menimbulkan pertanyaan, apakah Shopee dan Lazada dapat tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan pasar lokapasar Asia Tenggara?

Tiktok mulai terjun ke persaingan lokapasar pada akhir 2021. Pada 2022,cabang lokpasar dari platform video pendek itu mulai memfokuskan kembali upayanya di Asia Tenggara. Tahun lalu, Tiktok Shop berekspansi ke enam negara Asia Tenggara, Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Menurut data internal dari media teknologi The Information, gross market value (GMV) Tiktok Shop atau total nilai barang yang terjual, meroket lebih dari empat kali lipat menjadi 4,4 miliar dolar AS di Asia Tenggara pada 2022. Tahun ini, Tiktok Shop dikabarkan membidik target GMV di 12 miliar dolar AS.

photo
The Douyin logo, the Chinese counterpart of TikTok is seen on a ByteDance office in Beijing, China, 16 March 2023. The Biden administration has threatened to ban TikTok in the US if the Chinese owners dontsell their stakes. - (EPA-EFE/MARK R. CRISTINO)

Dalam sebuah laporan baru-baru ini di Sea Group, pemilik Shopee yang juga seorang analis di Blue Lotus Research Institute, Shawn Yang, menyoroti bagaimana Tiktok terus berkembang di negara-negara Asia Tenggara. “Kami memperkirakan (GMV) Tiktok 2023 akan mencapai 20 persen dari Shopee, yang kami sarankan mendorong Shopee untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran mulai April secara defensif,” kata Yang dilansir dari Techwire Asia, Senin (5/6/2023).

GMV Tiktok Shop saat ini hanya sebagian kecil dari Shopee dan Lazada. Shopee meraup 73,5 miliar dolar AS dalam GMV untuk 2022, sementara GMV Lazada mencapai 21 miliar dolar AS hingga September 2021.

Menurut laporan akhir tahun Tiktok, GMV bisnis lintas batas internasionalnya tumbuh 136 persen tahun lalu, dengan raksasa media sosial itu menetapkan target GMV baru sebesar 23 miliar dolar AS untuk tahun 2023. “Lebih dari 30 ribu influencer dan 60 ribu toko telah menyiarkan lebih dari 2,7 juta jam konten komersial mempromosikan dagangan mereka, mengumpulkan 1,3 miliar interaksi pengguna,” kata laporan itu.

Ironisnya, kenaikan pesat ke Asia Tenggara terjadi ketika platform lokapasar di Asia, bersaing meningkatkan ekspansi mereka ke luar negeri. Lazada dan Shopee yang dimiliki Alibaba kini memang telah menjelajahi Eropa.

Meski begitu, Shopee yang telah memperluas jejaknya di Malaysia, terus membangun operasinya di Brasil setelah keluar dari beberapa pasar Eropa dan Amerika Latin. Sementara, Tiktok baru-baru ini meningkatkan aktivitasnya di seluruh wilayah, termasuk fitur platform baru, insentif untuk pedagang, dan kemitraan dengan e-commerce enabler dan mitra logistik.

Sementara pasar lokapasar di Asia Tenggara telah berkembang pesat sejak pertengahan 2010-an dan pandemi telah mendorongnya ke fase baru. Dari 2016 hingga 2021, menurut McKinsey, total nilai penjualan lokapasar tumbuh lima kali lipat atau 40 persen setiap tahunnya. Dan pangsa lokapasar dari semua penjualan ritel juga melonjak menjadi 20 persen dari sebelumnya lima persen.

 

Di Asia Tenggara, di sisi lain, popularitas social e-commerce kian dipercepat oleh tingginya tingkat penetrasi mobile internet. Generasi pertama seluler ini menghabiskan banyak waktu di media sosial dan meningkatkan keterlibatan mereka. Dengan lebih dari 250 juta pengguna di kawasan Asia Tenggara, Tiktok berada dalam posisi yang tak terbantahkan untuk memimpin pasar perdagangan.

Menurut survei yang dilakukan oleh perusahaan ritel daring, Cube Asia, sentimen pembeli Asia Tenggara juga mengalami angin perubahan. Menurut Statista, Indonesia memiliki populasi pengguna Tiktok terbesar kedua setelah AS. Selain itu, apa yang membedakan Tiktok Shop dari pesaingnya adalah ia membebankan komisi terendah saat mencoba mendominasi persaingan sebesar satu persen, dibandingkan dengan biaya platform lain sebesar 10 persen.

Tidak diragukan lagi, platform media sosial milik Bytedance ini tengah menghadapi persaingan ketat dari pemain mapan seperti Shopee dan Lazada. Sisi baiknya adalah seiring dengan berlanjutnya ledakan lokapasar di Asia Tenggara, social commerce akan menjadi semakin umum dan Tiktok sangat siap untuk mengeksplorasi ini sebagai sumber aliran pendapatan baru. 

 

 
GMV bisnis lintas batas internasional Tiktok Shop tumbuh 136 persen pada 2022. 
LAPORAN AKHIR TAHUN TIKTOK 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat