Jangan Lupa Bahagia | Republika

Gaya Hidup

Cara Mudah dan Murah untuk Hidup Lebih Bahagia

Mereka yang lebih terhubung dengan alam cenderung mengalami pengaruh, vitalitas, dan kepuasan hidup yang lebih positif.

Sains menunjukkan ada cara sederhana untuk memupuk kebahagiaan dan meningkatkan kesejahteraan emosional yang lebih baik. Dengan menetapkan kebiasaan tertentu yang meningkatkan suasana hati dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin dapat secara bertahap menumbuhkan perasaan bahagia.


Dilansir Best Life pada Sabtu (27/5/2023), berikut tujuh hal mudah yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia.

1. Berbicara dengan orang asing

Tetap terhubung secara sosial dengan teman dan anggota keluarga dikaitkan dengan kesehatan mental dan kesejahteraan yang lebih baik. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bukan hanya kelompok kontak inti yang “memperkaya” hidup Anda. Menurut sebuah studi pada 2022 yang dilakukan mahasiswa doktoral Harvard Business School, berbicara dengan orang asing juga penting jika Anda ingin meningkatkan suasana hati.


Para peneliti menciptakan istilah, "keragaman relasional" untuk menggambarkan dua faktor hubungan yang mengarah pada suasana hati yang lebih bahagia, yaitu kekayaan dan kemerataan. Kekayaan hubungan seseorang mengacu pada apakah seseorang berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai tingkat kedekatan (anggota keluarga, teman, kenalan, dan orang asing--Red). Kemerataan mengacu pada seberapa merata interaksi mereka di seluruh kelompok ini.


"Semakin banyak kategori hubungan yang mereka ajak bicara dalam sehari dan semakin banyak percakapan mereka di seluruh kategori tersebut, semakin bahagia mereka," kata mahasiswa PhD yang ikut menulis penelitian tersebut, Hanne Collins.


2. Kesukarelawanan

Melakukan tindakan kebaikan atau menjadi sukarelawan bisa menjadi cara mudah lainnya membuat Anda merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menemukan bahwa partisipasi dalam layanan sukarela secara signifikan memprediksi kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, kepuasan hidup, harga diri, kebahagiaan, gejala depresi yang lebih rendah, tekanan psikologis, serta ketidakmampuan fungsional.


Menurut Mayo Clinic, ada beberapa alasan mengapa memberi kembali dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan. Sukarelawan memberikan kesempatan untuk membina hubungan dan memberi orang rasa makna dan tujuan, yang keduanya dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.


3. Mempraktikkan syukur

Syukur atau praktik mengungkapkan penghargaan atas hal-hal yang Anda hargai dalam hidup, juga dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan.


4. Menghabiskan waktu di alam

photo
Keluarga bahagia (ilustrasi) - (Freepik)

Menghabiskan waktu di alam bebas adalah cara mudah lain untuk merasa lebih bahagia. Dalam sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology, mereka yang lebih terhubung dengan alam cenderung mengalami pengaruh, vitalitas, dan kepuasan hidup yang lebih positif dibandingkan dengan mereka yang kurang terhubung dengan alam. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan di alam lebih erat kaitannya dengan berkurangnya kecemasan, stres, dan perenungan.


5. Mandi

photo
Mandi air dingin (ilustrasi) - (Unsplash/Chandler Cruttendan )

Bagi banyak dari kita, tidak ada yang lebih menenangkan daripada mandi air panas pada penghujung hari yang menegangkan. Kini, penelitian mendukung anggapan bahwa mandi secara teratur memang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.


Secara khusus, sebuah studi pada 2018 menemukan bahwa mereka yang mandi berendam setiap hari selama dua minggu cenderung tidak melaporkan kelelahan, stres, nyeri, dan suasana hati yang buruk.


6. Berolahraga secara teratur

photo
Perenang Azzahra Permatahani berenang di heat 200m Perorangan Medley putri dalam kompetisi renang di SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Ahad (7/5/2023). - (AP Photo/Tatan Syuflana)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), berolahraga setidaknya 150 menit dengan intensitas sedang dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, menurunkan risiko penyakit kronis, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan umur panjang. Olahraga juga bisa membuat Anda jauh lebih bahagia.


7. Tidur nyenyak

Terakhir, istirahat adalah kunci jika ingin merasa lebih bahagia. Faktanya, banyak penelitian menemukan hubungan dua arah antara kurang tidur dan depresi. Artinya, masing-masing berkontribusi untuk mendorong siklus kegelisahan dan suasana hati yang tidak sehat. Meskipun CDC merekomendasikan agar orang dewasa tidur antara tujuh hingga sembilan jam per malam, setidaknya 35 persen orang Amerika rata-rata kurang dari tujuh jam.


Untuk mendapatkan istirahat malam yang lebih baik, pastikan untuk mengikuti rutinitas waktu tidur yang konsisten yang mendukung kebersihan tidur yang baik. Jika masih tidak bisa tidur, pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang insomnia untuk menentukan apakah ada penyebab medis yang mendasarinya. 

 

 
Istirahat adalah kunci jika ingin merasa lebih bahagia.
NAMA TOKOH
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat