Tim SAR gabungan TNI, Polri, dan Basarnas bersiap di samping Helikopter AW189 milik Polri untuk mengevakuasi korban kecelakaan heli yang ditumpangi Kapolda Jambi di Kerinci dari Stadion Merangin, Jambi, Selasa (21/2/2023). Upaya evakuasi korban oleh Tim G | ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Peristiwa

Evakuasi Kecelakaan Helikopter Kapolda Jambi

Kapolri pastikan proses evakuasi 8 korban kecelakaan telah dievakuasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Kapolri Listyo Sigit Prabowo memastikan proses evakuasi delapan korban pendaratan darurat helikopter di Hutan Merangin, Kerinci, Jambi berhasil dilakukan, Selasa (21/2/2023). Korban, termasuk Kapolda Jambi Inspektur Jenderal (Irjen) Rusdi Hartono sudah berhasil dievakuasi dari titik lokasi jatuhnya helikopter nahas Bell 412 SP/P-3001 tersebut.

photo
Petugas mengevakuasi Co Pilot AKP Amos Fredily menggunakan tandu setibanya di Stadion Merangin, Jambi, Selasa (21/2/2023).  - (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)


“Saya tadi sempat bertemu dengan Kapolda Jambi (Irjen Rusdi) yang baru saja mendarat dari evakuasi yang sudah dilakukan. Kondisinya masih sadar, cukup stabil,” begitu kata Jenderal Sigit saat konfrensi pers di Jambi, Selasa (21/2/2023).

photo
Petugas mengevakuasi Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta menggunakan tandu setibanya di Stadion Merangin, Jambi, Selasa (21/2/2023).  - (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

 

Evakuasi dilakukan bertahap sejak pukul dua sore tadi menggunakan heli yang menjulurkan tali untuk penyelamatan. Delapan korban tersebut, sudah berada di lokasi titik jatuh helikopter sejak Ahad (19/2/2023) kemarin.

photo
Petugas mengevakuasi Dirpolairud Kombes Pol Michael Mumbunan menggunakan tandu setibanya di Stadion Merangin, Jambi, Selasa (21/2/2023). - (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

 

“Hari ini tadi, akhirnya total ada delapan orang yang mengalami kecelakaan pendaratan darurat semuanya sudah berhasil dievakuasi,” jelas Sigit.

Kapolri melanjutkan, enam korban, termasuk Kapolda sudah berada di RS Bhayangkara Jambi untuk perawatan. Sedangkan dua korban lainnya, kata dia, masih dalam perawatan pertama di GOR Merangin.

photo
Petugas melanjutkan penanganan medis bagi ADC Kapolda Jambi Briptu Aditya menuju rumah sakit usai mendapatkan perawatan di ruang observasi kesehatan darurat Posko Kecelakaan Heli, Stadion Merangin, Jambi, Selasa (21/2/2023).  - (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

“Selanjutnya juga akan dilakukan perawatan lanjutan untuk dibawa ke RS Bhayangkara di Jambi,” begitu terang Sigit.

Helikopter Bell 412 SP/P-3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di kawasan Hutan Merangin, Kerinci, Jambi, Ahad (19/2/2023).

photo
Gubernur Jambi Al Haris (kedua kanan) menenangkan istri Kapolda Jambi Rena Rusdi Hartono (ketiga kiri) saat menunggu evakuasi korban kecelakaan helikopter di Stadion Merangin, Jambi, Selasa (21/2/2023).  - (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Helikopter tersebut membawa tiga kru, dan lima personil Polda Jambi, termasuk Irjen Rusdi. Helikopter tersebut semula akan terbang dari Bandara Sultan Thaha, menuju Bandara Depati Parbo. Tetapi helikopter tersebut mengalami pendaratan darurat akibat cuaca buruk.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat