Kendaraann terjebak kemacetan di ruas Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Dalam daftar kota termacet di dunia yang dirilis TomTom Traffic Index, Jakarta menduduki peringkat ke-29 dari 389 kota di dunia dan menjadi kota termacet kedua di Asia Teng | Republika/Thoudy Badai

Peristiwa

Pasca-PPKM Jakarta Kembali Macet

Jakarta menduduki peringkat kedua termacet di ASEAN.

JAKARTA -- Setelah mereda dan terkendalinya pandemi di Tanah Air, sejumlah pembatasan masyarakat mulai dicabut. Mobilitas warga pun berangsur kembali normal.

photo
Kendaraann terjebak kemacetan di ruas Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (21/2/2023). - (Republika/Thoudy Badai)

Sejumlah perkantoran pun kembali memberlakukan kebijakan bekerja di kantor alias work from office. Hal ini membuat pergerakan warga menuju dan dari tempat kerja kembali bertambah.

photo
Kendaraann terjebak kemacetan di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/2/2023). - (Republika/Thoudy Badai)

Begitu pula, dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Minimal pada saat pagi mobilitas siswa sekolah berkontribusi pada padatnya arus lalu litas saat berangkat menuju sekolah.

photo
Kendaraann terjebak kemacetan di ruas Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (21/2/2023).- (Republika/Thoudy Badai)

Hal ini membuat lalu lintas di Jakarta terasa kembali semakin macet dibanding pada dua hingga tiga tahun terakhir saat diberlakukan pembatasan masyarakat. Antrean panjang kendaraan saat pagi dan sore sangat terasa di berbagai jalan utama Jakarta.

 

photo
Kendaraann terjebak kemacetan di ruas Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (21/2/2023). (Republika/Thoudy Badai)

Dalam daftar kota termacet di dunia yang dirilis TomTom Traffic Index, Jakarta menduduki peringkat ke-29 dari 389 kota di dunia dan menjadi kota termacet kedua di Asia Tenggara.

photo
Kendaraann terjebak kemacetan di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/2/2023).  - (Republika/Thoudy Badai)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat