Pramusaji menyiapkan hidangan untuk konsumen di Rumah Makan Padang Surya di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (12/1/2023). Rumah Makan Padang Surya merupakan salah satu restoran yang menyediakan masakan khas Padang legendaris di Jakarta yang sudah ber | Republika/Thoudy Badai

Peristiwa

Rumah Makan Padang Legendaris di Bendungan Hilir Jakarta

Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960 di kawasan Bendungan Hilir.

JAKARTA -- Rumah makan khas Minang dikenal memiliki citarasa yang khas. Selain itu sebaran rumah makan ini cukup luas dan dikenal masyarakat di tanah air. 

Sebutan Masakan Padang pun menjadi identik dengan ragam makanan khas minang di luar provinsi Sumatera Barat.

Sesuai dengan adat merantau warga Minang, masakan Padang pun turut berekspansi ke daerah rantau. Tidak terkecuali Jakarta.

Salah satu rumah makan khas Minang yang telah lama dikenal di Jakarta adalah Rumah Makan Surya. Kini merupakan salah satu Rumah makan Padang  yang legendaris.

 

photo
Pengunjung membeli makanan khas Padang di Rumah Makan Padang Surya di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (12/1/2023). (Republika/Thoudy Badai)

Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1960 di kawasan Bendungan Hilir.  RM Padang didirikan oleh Hj. Gazali atau merupakan kakek dari Indra (41) yang saat ini merupakan pemilik RM Padang Surya generasi ke tiga.

 

photo
Deretan hidangan masakan khas Padang di Rumah Makan Padang Surya di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (12/1/2023). (Republika/Thoudy Badai)

Hingga kini RM Padang Surya sudah memiliki tiga cabang di Jakarta yakni di Jalan Setiabudi, Jalan Abdul Muis dan di Jalan Jembatan Tiga Jakarta Barat.

 

photo
Pramusaji menyiapkan hidangan untuk konsumen di Rumah Makan Padang Surya di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (12/1/2023).  (Republika/Thoudy Badai)

 

Dalam sehari, RM Padang Surya mampu menghabiskan sekitar 5.000 porsi yang dipesan melalui jasa katering dan layanan makan ditempat. Untuk satu porsi makanan di RM Padang Surya mulai dari Rp20.000 hingga Rp32.000. 

 

photo
Pramusaji menyiapkan nasi boks pesanan konsumen sebelum dikirim di Rumah Makan Padang Surya di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (12/1/2023).  (Republika/Thoudy Badai)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat