
Safari
Praktis dengan Kontak Minimal
Saat berwisata, pelancong tentu menginginkan perjalanan yang lancar dan nyaman.
OLEH SHELBI ASRIANTI, DESY SUSILAWATI
Saat berwisata, pelancong tentu menginginkan perjalanan yang lancar dan nyaman. Salah satunya bisa diwujudkan apabila berbagai pembayaran aspek pendukung wisata, seperti transportasi, akomodasi, dan konsumsi dilakukan dengan transaksi minim kontak. Perjalanan minim kontak (contactless journey) diprediksi menjadi standar baru tren wisata.
Head of Strategy and Business Planning Visa Indonesia Handikin Setiawan menyampaikan, metode itu jadi pilihan utama di banyak negara. "Pembayaran contactless memudahkan masyarakat yang bepergian lintas negara," ujar Handikin saat membahas soal tren bepergian, bulan lalu.
Berdasarkan studi Global Travel Intentions Visa, ada 420 persen peningkatan keinginan pelancong menjadi smart traveler saat merencanakan perjalanan. Studi itu dilakukan pada Maret 2022 hingga Juli 2022 dan peningkatannya dibandingkan dengan November 2021 hingga Februari 2022. Sebanyak 81 persen responden memilih pembayaran dengan kartu kredit dan transaksi contactless.
Temuan lainnya menunjukkan masyarakat mencari fleksibilitas perjalanan, seperti refundable ticket (48 persen) dan 46 persen penurunan kebutuhan perjalanan terkait pandemi. Sebanyak 25 persen responden berwisata untuk tujuan healing dan relaksasi dari kepenatan. Lalu, luxury travel banyak dipilih oleh segmen kelas atas.

Masih dari studi, destinasi internasional favorit pascapandemi, yaitu Singapura (24 persen), Malaysia (15 persen), Thailand (14 persen), Jepang (13 persen), serta Amerika Serikat (8 persen). Untuk domestik, Padang jadi favorit (49 persen), sedangkan Ubud (Bali) paling ingin dikunjungi (88 persen).
Handikin menyoroti kecenderungan travel revenge alias wisata balas dendam. Saat pandemi merebak, banyak orang tidak bisa pelesiran. Begitu pandemi mereda, banyak orang ingin "balas dendam", karena hasrat berjalan-jalan sudah lama terpendam dan terbendung. "Keinginan masyarakat tetap bervariasi. Nikmati momennya tapi tetaplah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku."
Ada pergeseran perilaku pada wisatawan Indonesia pascapandemi Covid-19. Head of Corporate Partnership Traveloka Stevens Hendrajaya mengatakan, pada awal pandemi, pelancong sangat memperhatikan faktor kesehatan di destinasi wisata. Saat pandemi mereda, mereka fokus pada hal lain. "Ada fleksibilitas karena peraturan cenderung berubah. Konsumen lebih terbiasa dengan informasi dadakan," kata Stevens.
Traveloka berusaha menyelaraskan programnya dengan berbagai upaya pemulihan sektor pariwisata yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Stevens menyampaikan, Traveloka fokus pada beragam kebutuhan konsumen yang punya gaya berwisata yang personal.
Sementara, ada tren juga untuk berwisata ke tempat-tempat terdekat, misalnya, warga Jabodetabek yang ingin berwisata di tempat di daerah sekitarnya. Destinasinya seperti ke Pecinan, Glodok, yang biasanya lebih ramai menjelang tahun baru Masehi dan Tahun Baru Imlek.
Selain memberikan sensasi berbeda, berwisata ke kawasan pecinan bisa mendapatkan berbagai sasaran, seperti berburu kuliner dan keunikan budayanya.
Di Pecinan Glodok, Jakarta Barat, terdapat desa wisata di Kecamatan Taman Sari. Desa wisata ini masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dan juara satu ADWI sebagai desa terbaik dalam kategori toilet umum.
Wisatawan bisa menyambangi Pancoran Chinatown Point yang bersejarah. Ada juga Gang Gloria, Petak Sembilan, dan Petak Enam sebagai pusat kuliner. Para penikmat seni dapat menyimak aneka pertunjukan kesenian, seperti tanjidor, ondel-ondel, silat beksi, hingga barongsai. Ragam budaya yang biasanya menjadi daya tarik wisatawan di Glodok, antara lain, perhelatan Cap Go Meh dan Gedung Candra Naya.
Perwakilan komunitas pencinta budaya, sejarah Tionghoa, serta pariwisata Pecinan Glodok, Ng Andre, bersyukur dengan apresiasi bagi desa wisata ini. "Desa Wisata Pecinan Glodok memiliki potensi lengkap di bidang wisata budaya, religi, dan sejarah dengan situs-situs berusia ratusan tahun dan wisata kuliner dan belanja legendaris," ujarnya dikutip dari kanal Youtube Serangkai Tionghoa, Ahad (4/12).
Suguhan Gaya Hidup Berkelanjutan
Masih bingung mau liburan ke mana akhir pekan ini? Coba deh datang ke Senayan Park. Di mall ini terdapat satu tempat yang menarik. Terutama bagi Anda yang menyukai dunia otomotif.
Di sana ada satu tempat unik yang cocok untuk Anda yang suka foto-foto, juga Anda bisa mengikuti workshop dan membuat karya daur ulang sendiri. Bagi mereka yang ingin nongkrong atau kongkow, tempat tersebut dapat memfasilitasinya. Tempat apakah ini?
Tempat tersebut adalah Hyundai Motorstudio Senayan Park dari Hyundai Motor Company di Jakarta. Hadir sejak 9 Juni 2022, Hyundai Motorstudio merupakan brand experience center pertama dengan konsep mobilitas bersih di Indonesia. "Kami ingin mengajak masyarakat luas untuk menjaga lingkungan dan beralih dari gaya hidup yang biasa menjadi gaya hidup mobilitas bersih dan berkelanjutan," ujar pembimbing di tempat tersebut Milka Amadea, kepada Republika, bulan lalu.
Milka menjelaskan, fasilitas ketujuh dari Hyundai ini memberikan pengalaman inovatif dan mobilitas masa depan yang berkelanjutan. Pengalamannya dimulai dengan pameran mobil EV konsep “Prophecy” serta karya LED media wall inspiratif yang mengelilingi seluruh ruangan. Motorstudio juga merefleksikan konsep mobilitas bersih karena menggunakan bahan ramah lingkungan di seluruh komponen interior.
Di layar lebar LED yang mengelilingi interior ruangan akan ditampilkan serangkaian film menarik dan membuka wawasan baru bertajuk “The Clean Mobility Vision” yang akan menggambarkan visi keberlanjutan Hyundai Motor dan memperlihatkan isu-isu lingkungan yang penting bagi generasi milenial dan gen Z (MZ) Indonesia.
"Total ada empat media art, run forever, recycle, sustainability ionic, dan earth day," kata Milka.
Karya yang ditampilkan melalui Media Wall LED ini merupakan konten representatif dari Hyundai Motorstudio Senayan Park dan akan digunakan sebagai platform ‘Media Art’ berkelanjutan. Suguhan ini hasil kolaborasi dengan seniman global maupun lokal. Mereka telah membuka Hyundai Motorstudio Senayan Park untuk membangun citra jenama yang inovatif melalui pengalaman pelanggan yang fokus pada kendaraan listrik ramah lingkungan.
Selain itu, mereka juga menyediakan area lounge dan coffee shop yang bisa mewadahi para pengunjung untuk melihat pemandangan dan menikmati menu yang ramah lingkungan.
"One Fifteenth Coffee sejalan dengan visi misi Hyundai, yaitu keberlanjutan dalam proses operasional maupun kemasan yang digunakan," ujar Milka.
Selain itu, para pengunjung dapat melihat gaya hidup berkelanjutan dengan berpartisipasi dalam kegiatan upcycling workshop dari bahan sisa material mobil serta dapat mengikuti sesi test drive EV. Dalam kegiatan tersebut, Anda akan didampingi pembimbing dalam workshop-nya dalam membuat karya daur ulang.
Perjalanan Penuh Makna
Masih banyak sekali hal yang harus disempurnakan dari perjalanan ini.
SELENGKAPNYAZaman Baru, NU, dan Republika
Republika telah relatif berhasil menempatkan diri sebagai media massa yang menyuarakan Islam yang damai dan berkeadaban.
SELENGKAPNYAMenapak Dunia Baru
Menapaki dunia baru bagi Republika digital merupakan pilihan berani yang niscaya.
SELENGKAPNYA