Pengunjung menaiki kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Ahad (20/11/2022). Uji Coba Wajah Baru TMII tersebut setelah revitalisasi fasilitas sarana dan prasarana yang dibuka untuk umum dengan kuota terbatas 5.000 orang dari pukul 0 | Republika/Putra M. Akbar

Jakarta

Pesona Baru TMII Tarik Minat Pengunjung

Masih banyak warga yang membawa kendaraan pribadi kesulitan mencari lokasi parkir

JAKARTA – Ratusan pengunjung memadati uji coba pembukaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, setelah revitalisasi pada Ahad (20/11). Pengelola TMII mencatat uji coba TMII hari pertama diwarnai kepadatan hingga sulitnya akses parkir.

Salah satu pengunjung asal Tangerang, Andi, mengaku puas dengan hasil revitalisasi TMII yang makin baik dari segi fasilitas. "Ini sudah rapi sesuai dengan ekspektasi kami yang datang jauh-jauh dari Tangerang," kata Andi di Jakarta, Ahad (20/11).

Meskipun, kata dia, masih ada sejumlah kekurangan untuk pelaksanaan uji coba hari pertama pembukaan TMII tersebut. "Untuk kepadatan di pintu masuk perlu dipertimbangkan lagi karena lebih dekat masuk dari pintu satu. Saya juga tadi cari parkir sampai setengah jam," ujar Andi. 

 
Saya juga tadi cari parkir sampai setengah jam.
ANDI Warga Tangerang
 


Pengunjung TMII lainnya, Agus mengatakan, hal yang serupa terkait fasilitas bagi pengunjung yang perlu diperhatikan oleh pengelola. Dia mengatakan, saat ini pengunjung sudah tidak bisa lagi membawa kendaraan bermotor berkeliling TMII.

Pengunjung harus memarkirkan kendaraannya terlebih dahulu di titik parkir yang telah disediakan kemudian berkeliling menggunakan bus listrik yang telah disediakan pengelola TMII.

"Tadi banyak rombongan masyarakat datang berkeliling harus menunggu mobil keliling. Jadi, harus dievaluasi lagi agar masyarakat bisa berkeliling," ujar Agus.

photo
Pengunjung mengantre untuk memasuki Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Ahad (20/11/2022). Uji Coba Wajah Baru TMII tersebut setelah revitalisasi fasilitas sarana dan prasarana yang dibuka untuk umum dengan kuota terbatas 5.000 orang dari pukul 06.00 WIB - 16.00 WIB serta pembelian tiket masuk melalui online. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Meskipun demikian, Agus mengaku puas dengan perubahan wajah baru TMII setelah dilakukan revitalisasi. "Saya selaku warga Jakarta sangat mendukung sekali dan sangat bagus karena ini salah satu objek wisata yang menampilkan keragaman provinsi," kata Agus.

Kapasitas parkir

Sementara itu, Direktur Eksekutif TMII Emilia Eni Utari mengatakan, pihaknya melakukan evaluasi ketersediaan tempat parkir kendaraan bermotor bagi pengunjung di tempat wisata itu. Saat ini, kapasitas parkir terpadu mampu menampung 800 kendaraan bermotor.

"Karena ini masih uji coba perdana sehingga kami masih melihat akan mengkaji kembali nanti, apakah perlu ditambah kantong parkir atau tidak," kata Emilia.

Emilia menambahkan, revitalisasi TMII bertujuan untuk mengubah kebiasaan masyarakat agar dapat menggunakan transportasi umum saat mengunjungi TMII. Hal itu juga yang membuat pengelola TMII membatasi jumlah kendaraan bermotor yang dapat masuk ke dalam area kawasan tempat wisata tersebut.

 
Sekarang kita edukasi bahwa mobil tidak boleh masuk lagi ke kawasan TMII.
EMILIA ENI UTARI Direktur Eksekutif TMII
 

"Kita juga akan mengubah habbit (kebiasaan) masyarakat yang tadinya boleh masuk membawa kendaraan sekarang kita edukasi bahwa mobil tidak boleh masuk lagi ke kawasan TMII," ujar Emilia.

Pantauan di lokasi pada hari pertama uji coba pembukaan TMII bagi pengunjung secara terbatas masih terdapat beberapa kendala terkait keberadaan tempat parkir kendaraan. Masih banyak warga yang membawa kendaraan pribadi kesulitan mencari lokasi parkir hingga menimbulkan kemacetan di area TMII. Pengelola menyediakan bus keliling bertenaga listrik untuk mengantarkan pengunjung berkeliling ke sejumlah wahana TMII.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Taman Mini Indonesia Indah (@tmiiofficial)



Pengelola objek wisata TMII mulai melakukan uji coba terbatas bagi pengunjung pada Ahad. Pengelola TMII membatasi jumlah pengunjung sebanyak 5.000 dalam uji coba terbatas tersebut. Pengunjung juga harus membeli tiket masuk melalui situs resmi tamanmini.com. Selama masa uji coba terbatas wajah baru TMII, jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Sebelumnya, pemerintah merevitalisasi TMII berdasarkan Perpres Nomor 116 Tahun 2021 dengan total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 1,3 triliun. PT TWC yang ditunjuk sebagai pengelola TMII bekerja sama dengan berbagai pihak terkait (stakeholder), seperti Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN untuk merevitalisasi.

Revitalisasi TMII mengembalikan fungsi ruang terbuka hijau. Beberapa bangunan dan lokasi akan ditata ulang, di antaranya Danau Archipelago yang akan menjadi pusat aktivitas TMII ke depan. 

photo
Pengunjung bersepeda di area Teater Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Ahad (20/11/2022). Uji Coba Wajah Baru TMII tersebut setelah revitalisasi fasilitas sarana dan prasarana yang dibuka untuk umum dengan kuota terbatas 5.000 orang dari pukul 06.00 WIB - 16.00 WIB serta pembelian tiket masuk melalui online. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Menemukan Kembali Ubud Masa Lalu

Orang yang datang ke Bali sebenarnya jarang tahu tentang kehidupan Bali yang sesungguhnya.

SELENGKAPNYA

Revitalisasi TMII

Direncanakan akan menjadi salah satu lokasi KTT G20.

SELENGKAPNYA

Revitalisasi TMII Sudah 98 Persen

Seusai revitalisasi itu, TMII bisa menjadi tujuan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

SELENGKAPNYA