Foto udara jembatan layang (skybridge) penghubung Stasiun MRT Asean dan Halte Transjakarta CSW di Jakarta, Rabu (11/8/2021). Skybridge penghubung transportasi MRT Jakarta dan Transjakarta Koridor 13 itu akan memiliki sistem pembayaran tiket terintegrasi y | ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Jakarta

JakLingko Kembalikan Dana Dobel Penumpang Transjakarta

Ada sekitar 1.338 pengguna layanan Transjakarta yang mengeluh bayar ganda.

JAKARTA — Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan, pihaknya terus memperbaiki sistem pemberlakuan tarif integrasi pada kartu uang elektronik perbankan.

Menurut dia, berbagai kendala, seperti bayar ganda di moda Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta, PT JakLingko telah menanganinya dengan baik. “Setiap harinya laporan terkait hal tersebut (double deduct di Transjakarta—Red) yang tercatat di JakLingko Customer Care semakin sedikit. Kurang dari 20 laporan per hari,” kata Kamaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (15/11).

Dia mencatat, sejak awal implementasi tarif integrasi pada 4 Oktober lalu hingga Selasa (15/11), ada sekitar 1.338 pengguna layanan Transjakarta yang mengeluh bayar ganda. Meski demikian, pihaknya mengaku sudah mengembalikan 3.464 transaksi ganda, mengingat ada beberapa pengguna yang mengalami lebih dari satu kali kejadian itu.

photo
Penumpang keluar dari gerbang usai menaiki bus Transjakarta di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/8/2022). Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Menurut dia, total yang sudah dikembalikan pihaknya kepada para pelanggan senilai Rp 11.640.000. Dia menambahkan, laporan yang diterima dia sejauh ini berasal dari pelanggan yang kerap melakukan tindak lanjut proses refund atau pengembalian dana.

“Kami mohon agar pelanggan bersabar karena seluruh permohonan refund yang berhasil terverifikasi akan diproses pengembaliannya sesuai antrean," ujar Kamal.

Dia menjanjikan, PT JakLingko akan terus melakukan penyempurnaan integrasi sistem yang beragam dan terus berkoordinasi dengan Transjakarta. Berdasarkan pengakuannya sejauh ini, kata dia, sistem integrasi JakLingko setiap harinya melakukan pemprosesan rata-rata 362.551 dari tiga operator (Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta).

“Namun, terkait kejadian double deduct ini tidak pernah terjadi di operator MRT Jakarta dan LRT Jakarta,” katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Transportasi Jakarta (@pt_transjakarta)

Pada September lalu, Transjakarta menerapkan sistem baru, tapi menuai kritikan karena akibat pemberlakuan tarif integrasi moda transportasi Jakarta. Pengguna Transjakarta mengeluhkan antrean yang panjang tidak seperti biasanya hingga pembayaran yang membingungkan dan sistem baru tap in serta tap out dengan satu penumpang hanya berlaku satu kartu.

 
Jika pelanggan tidak tap out kartu saat naik atau turun, kartu bisa saja terblokir.
ANANG RIZKANI NOOR Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta
 

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan, aturan yang ada memang merupakan kebijakan baru. Dia menyebut, pemberlakuan yang ada seiring dengan tarif integrasi moda transportasi.

“Jika pelanggan tidak tap out kartu saat naik atau turun, kartu bisa saja terblokir,” kata Anang dalam keterangannya. Dampaknya, kata dia, biaya akan dikenakan pada perjalanan berikutnya. Bahkan, konsekuensi jika tidak melakukan tap in dan tap out, kartu milik penumpang bisa terblokir.

4.751 Keluarga di Kabupaten Tangerang Terdampak Banjir

Hingga kini terdapat empat wilayah di Kabupaten Tangerang terdampak banjir.

SELENGKAPNYA

Kriminolog Duga Kematian Keluarga di Kalideres Disengaja

Pengamat menduga para korban penganut Apokaliptik.

SELENGKAPNYA

NA Diminta Perluas Peran Kebangsaan dan Keumatan

NA juga mulai percaya diri tampil di ruang publik dan mengisi lembaga-lembaga negara.

SELENGKAPNYA