Shoimah Kastolani | PWMU

Laporan Utama

Keluarga Sakinah Dasar Kemajuan Negara

Rasulullah menyayangi keluarganya dan itu masih relevan sampai sekarang

 

Keluarga sakinah menjadi dambaan setiap orang. Namun, banyak hal yang harus diperhatikan untuk mewujudkannya. Apa saja? Wartawan RepublikaAndrian Saputra, mewawancarai Ketua Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Shoimah Kastolani. Berikut kutipannya.

Apa dasar untuk membangun keluarga sakinah? 

Surah ar-Rum ayat 21 menjadi acuan kita untuk mewujudkan keluarga sakinah. Ketika ingin meraih kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga, kita harus yakin bahwasanya di antara orang yang paling utama untuk kita berbuat baik kepadanya adalah pasangan kita lebih daripada yang lainnya.

Rasulullah bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya dan akulah yang paling baik di antara kalian dalam bermuamalah dengan keluargaku".

photo
ILUSTRASI Keluarga sakinah - (Republika/Agung)

Seperti apa Rasulullah memberikan teladan pada umatnya dalam membangun keluarga sakinah? Masih relevankah pada masa kini?

Rasulullah menyayangi keluarganya dan itu masih relevan sampai sekarang. Sebab, untuk mencapai sakinah atau rasa tenteram, diperlukan mawaddah yang artinya kasih sayang dan cinta yang membara khusus digunakan untuk istilah perasaan cinta yang menggebu pada pasangannya.

Dalam Islam, mawaddah adalah fitrah manusia. Ini bisa muncul dari hal-hal yang bersifat duniawi. Rasulullah memberikan contoh untuk berpenampilan selalu rapi. Rasulullah bersabda: “Cucilah baju kalian. Sisirlah rambut kalian. Rapilah, berhiaslah, bersihkanlah diri kalian." Apabila menghendaki istrinya berpenampilan rapi dan bersih di hadapan suami, Rasulullah pun memberikan contoh berpakaian rapi dan bersih di hadapan istri.

Kata rahmah yang artinya ampunan, rahmat, rezeki, dan karunia merupakan sesuatu yang datang dari Allah SWT. Rahmah merupakan sebuah proses dalam rumah tangga, sebab ini akan memunculkan rasa saling membutuhkan, menutupi kekurangan, memahami, dan pengertian.

Rahmah atau karunia dan rezeki dalam keluarga ada karena proses dan kesabaran suami istri dalam membina rumah tangga dan membina anak-anaknya. Saat melewatinya dengan kesabaran dan cinta, karunia itu akan diberikan oleh Allah SWT sebagai bentuk cinta tertinggi dalam keluarga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Apa tipsnya bagi pasangan suami istri agar rumah tangga sakinah?

Hubungan yang harmonis antara suami dan istri sangat mendukung terwujudnya keluarga sakinah. Namun, diperlukan perluasan keharmonisan antarkeluarga, misalnya hubungan antara suami-istri harmonis, tetapi hubungan dengan mertua kurang baik. Akan menjadi penghalang terbentuknya keluarga sakinah.

Dikatakan sakinah jika hubungan di luar garis keluarga tetap terjaga, istri menghormati keluarga mertua. Demikian pun suami menghormati keluarga dari istrinya. Sebab, hubungan antarkeluarga ini tidak harmonis akan menjadi masalah dalam keluarga.

Seperti apa hubungan keluarga sakinah dengan kemajuan bangsa? 

Anak adalah calon pemimpin bangsa pada masa depan. Tumbuh kembang karakter anak bergantung pada didikan keluarga. Karena, keluarga merupakan lingkungan terkecil, terdekat, dan terdiri atas orang-orang yang paling didengar serta dijadikan contoh oleh anak-anak.

Pendidikan mengenai kepemimpinan, misalnya, didapatkan anak ketika ia melihat ayahnya bekerja dan memimpin keluarga. Sama halnya mengenai nilai-nilai kasih sayang, kelembutan, dan menghargai sesama, justru didapatkan oleh sang anak jauh sebelum mereka mengenal abjad, melainkan melalui ibunya. 

Seorang penyair mengungkapkan, ibu adalah sebuah madrasah (tempat pendidikan) yang jika kamu menyiapkannya, berarti kamu menyiapkan (lahirnya) sebuah masyarakat yang baik budi pekertinya.

Peran ibu sangat besar dalam pembentukan karakter calon pemimpin. Karena itu, bangsa Arab biasa menyebutkan ibu adalah sekolah pertama bagi kehidupan setiap insan.

Mengenang Koh Steven, Jual Rumah demi Penyintas Pandemi

Pada awal korona merebak, kebutuhan akan APD bagi tenaga medis sangatlah besar

SELENGKAPNYA

Syekh Yusuf al-Qaradhawi Sosok Ulama Moderat

Sikap moderat Syekh Yusuf al-Qaradhawi terlihat pula dalam caranya mendidik putra-putrinya.

SELENGKAPNYA

Perjalanan Hayat dan Pemikiran Syekh al-Qaradhawi

Syekh al-Qaradhawi berpengaruh besar dalam penyebaran ilmu fikih dan paham moderat.

SELENGKAPNYA