Warga saat mengunjungi Tebet Eco Park di Jakarta, Senin (15/8/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali Tebet Eco Park setelah ditutup sementara sejak Juni 2022 untuk perbaikan dan perawatan fasilitas taman. Republika/Putra M. Akbar | Republika/Putra M. Akbar

Jakarta

Tebet Eco Park Kini, Oase Baru di Tengah Ibu Kota

Warga mengaku senang dengan fasilitas hijau bagi komunitas ataupun keluarga di selatan Jakarta

 

OLEH ZAINUR MAHSIR RAMADHAN

Langit terus bergemuruh, saat sebagian orang berlari-lari sambil menutupi kepalanya dari hujan yang tiba-tiba deras di Tebet Eco Park (TEP) Jakarta Selatan, Selasa (4/10). Sebagian pengunjung langsung keluar taman dan melanjutkan perjalanan dengan ride hailing. Sisanya memilih berteduh di pelataran masuk dan keluar taman.

Dalam data penghitungan, pengunjung yang datang Selasa (4/10) hingga pukul 14.00 WIB di Tebet Eco Park mencapai 497 orang. Sementara, total kapasitas dari pengunjung yang diperbolehkan masuk adalah 4.000 orang. Artinya, masih ada 3.503 orang yang bisa masuk di kawasan itu. 

Namun, bukannya bertambah, pengunjung kian berkurang saat hujan deras langsung mengguyur Jakarta Selasa sore. Walau demikian, warga yang mendatangi lokasi mengaku senang dengan fasilitas hijau bagi komunitas ataupun keluarga di selatan Jakarta ini.

“Sebenarnya enak banget dari tadi jam 10-an pagi sampai siang. Mendung-mendung mendukung, apalagi anak bisa bebas main di sini,” ujar warga Jakarta Pusat, Karyati (42 tahun), yang ditemui di TEP.

Dia bertutur, selama rutin berkunjung ke TEP sejak bulan lalu, kondisi yang ada sangat memuaskan. Di samping pengelolaan tempat yang baik, Karyati juga menilai fasilitas taman ramah bagi anak karena mencakup taman bermain dan berbagai fasilitas gratis lainnya. “Buat orang tua yang punya kebutuhan khusus juga aman di sini,” kata dia.

 

 

Buat orang tua yang punya kebutuhan khusus juga aman di sini

 

KARYATI Warga Jakarta
 

 

Karyati bersama keluarga memilih sering ke TEP karena dekat dengan tempat tinggalnya. Terlebih, dia menilai lokasi hiburan akhir pekan atau hari-hari kosong ini bisa dikunjungi secara gratis.“Jadi, lebih nyaman buat kantong juga. Kalau datang ke sini pas sama keluarga lebih ramai dari sekarang,” ujarnya.

Hal serupa dikatakan warga Jakarta Selatan, Sandi (24), yang datang bersama kekasihnya. Menurut dia, lokasi Tebet Eco Park menjadi lokasi yang sentral bagi warga Jakarta untuk berkumpul. “Makanya kami juga nunggu teman pas sekolah dulu di sini. Enak buat kumpul atau reunian,” kata Sandi.

Dia mengatakan, sebelum mengunjungi TEP hari ini, dia sudah mendatangi kawasan hijau ini sebelum ditutup beberapa bulan lalu. Menurut dia, kondisi TEP saat ini cenderung lebih baik dan rapi. Parkir liarnya pun sudah tidak tampak lagi. “Buat pengadaan sudah baik, tinggal perawatannya saja kalau begini,” kata mahasiswa tingkat akhir itu.

photo
Warga saat mengunjungi Tebet Eco Park di Jakarta, Senin (15/8/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali Tebet Eco Park setelah ditutup sementara sejak Juni 2022 untuk perbaikan dan perawatan fasilitas taman. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Sandi menambahkan, ketika mengunjungi taman, dia dan kawan-kawannya merasa dipermudah saat menggunakan aplikasi JAKI untuk mendaftar masuk. Walau demikian, dia meminta pengawasan lebih dari Pemprov DKI agar tidak ada parkir liar yang berdatangan. “Supaya lebih elok, pengawasan harus lebih bagus aja ke depannya,” katanya.

Berdasarkan pantauan Republika, pengunjung yang hadir sejak siang hingga hujan sekitar pukul 14.00 WIB didominasi keluarga dan muda-mudi. Mereka menikmati taman dengan hanya duduk-duduk di rerumputan ataupun bercengkerama dengan yang lainnya.

Dari banyaknya pengunjung, anak-anak yang paling aktif dan bermain di sekitaran taman sebelum hujan. Beberapa di antaranya terlihat di taman bermain perosotan, panjat tebing mini, hingga phootobox.

Meski hari-hari hujan dan mendung, bahkan panas, para pengunjung masih terlindungi dari tutupan dan kesejukan pepohonan. Dari awal pintu masuk, sejumlah petugas keamanan mengarahkan dan membantu para pengunjung untuk mendaftar melalui aplikasi JAKI. Taman dibuka pada dua sesi, mulai dibuka pertama pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB, lalu pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara resmi membuka kembali TEP pada Senin (15/8). Pembukaan kembali itu dilakukan setelah adanya penutupan selama dua bulan sejak pertengahan Juni 2022.

Setelah adanya pembukaan kembali ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga menjaga kedisiplinan dan kebersihan taman tersebut. Riza menambahkan, pengunjung tidak boleh memarkirkan kendaraan sembarangan di Tebet Eco Park karena Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan lima kantong parkir. Kelimanya, yakni di samping Sarana Square, SMPN 73 Jakarta, SPBU MT Haryono, Gedung Graha Pratama, serta Gedung Wisma Pede.

Nggak boleh parkir sembarangan. Parkir di tempat yang ada. Selebihnya kita minta menggunakan transportasi publik," kata Riza, beberapa waktu lalu. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tebet Eco Park (@tebetecopark)

Baca di Tebet, Menepis Kekakuan Baca Buku di Perpustakaan

Ruang literasi ini memiliki lebih dari 25 ribu koleksi buku

SELENGKAPNYA

Pengunjung Taman Tebet Kini Wajib Mendaftar Lewat Jaki

Pemprov DKI membuka kembali Tebet Eco Park atau Taman Tebet setelah menutupnya hampir dua bulan

SELENGKAPNYA