
Otomotif
Membuktikan Performa AYC dalam New Xpander Cross
AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan untuk meminimalkan understeer.
JAKARTA -- GIIAS 2022 menjadi momen bagi Mitsubishi untuk meluncurkan New Xpander Cross. Selain tampil dengan beragam ubahan kabin dan eksterior, mobil sport utility vehicle (SUV) ini kini juga hadir dengan fitur andalan, yakni active yaw control (AYC).
Republika pun langsung memperoleh kesempatan untuk menguji performa fitur itu lewat sesi test drive yang digelar Mitsubishi di Indonesia Safety Driving Center, Tangerang Selatan, Banten, pada Rabu (24/8). Fitur AYC diuji dalam lintasan melingkar dengan genangan air untuk memberikan efek lintasan yang licin.
Dalam lintasan itu, New Xpander Cross diajak untuk bermanuver secepat mungkin untuk membuktikan kinerja AYC dalam menunjang stabilitas dan manuver yang akurat. Dalam kecepatan menengah dan lingkar kemudi diputar semaksimal mungkin, Republika membuktikan bahwa AYC bisa secara otomatis memberikan intervensi kepada sistem pengereman.
Intervensi itu diberikan secara terukur kepada roda tertentu sesuai kondisi tikungan. Dengan begitu, kendaraan bisa bermanuver dengan stabil dan akurat.

Sistem ini terintegrasi dengan fitur active stability control (ASC). Artinya, jika fitur traction control dimatikan, otomatis AYC juga dalam kondisi tidak aktif.
Untuk membuktikan, Republika pun sempat bermanuver dalam kondisi tanpa traction control. Dari situ, terlihat bahwa akurasi saat bermanuver sangat jauh berkurang dibanding saat fitur cerdas itu diaktifkan.
AYC bekerja dengan bantuan sejumlah sensor, yakni wheel speed sensor, steering angle sensor, sensor putaran mesin, dan sensor di sistem pengereman. Dengan begitu, mobil akan tetap stabil dengan terus menjaga momentum serta kecepatan dalam tiap kondisi.
Produk ini juga hadir dengan beragam penyegaran dalam berbagai aspek yang membuat mobil ini makin nyaman, mewah, dan tetap fungsional.
Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan untuk meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. Lewat perpaduan dengan anti-lock braking system (ABS) dan ASC, sistem ini diklaim mampu mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.
Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuro Tsuchida mengatakan, New Xpander Cross kini hadir makin lengkap dengan disematkannya sistem pengereman AYC yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan. "Terlebih, produk ini juga hadir dengan beragam penyegaran dalam berbagai aspek yang membuat mobil ini makin nyaman, mewah, dan tetap fungsional," kata Tetsuro Tsuchida, beberapa waktu lalu.

Sama seperti New Xpander, kini New Xpander Cross juga hadir dengan sistem suspensi yang makin stabil berkat penerapan spesifikasi yang mirip dengan Pajero Sport. Bahkan, untuk menunjang kemewahan dan kenyaman pengemudi, kini New Xpander Cross juga menerapkan lingkar kemudi yang mirip dengan Pajero Sport.
Selain itu, produk yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 309 juta hingga Rp 335 juta itu juga telah menerapkan T-shape headlamp, front & rear powerful bumper design, 17 inch alloy wheel design, LED fog lamp, distinctive trapezoid grille, dan wheel arc moulding yang disempurnakan. Di bagian kabin, pengendara kian dimanjakan oleh wireless charger serta LCD meter cluster berukuran delapan inci.
Industri Aftermarket Ikut Berinovasi
Teknologi kecerdasan buatan digunakan untuk memaksimalkan fitur yang ditawarkan.
SELENGKAPNYA