Motor New Honda ADV160 saat peluncuran di AHM Safety Riding Park, Cikarang, Jawa Barat, (1/7/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV160 dengan mesin baru 160cc 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus) yang menyuguhkan | Republika/Edwin Dwi Putranto

Otomotif

Matik Adventure Makin Dilirik

Sepeda motor transmisi otomatis (matik) telah berkembang dan menjadi lebih bervariasi.

JAKARTA -- Sepeda motor transmisi otomatis (matik) telah berkembang dan menjadi lebih bervariasi. Kini, masyarakat bisa memiliki varian yang diinginkan, mulai dari bergaya cruiser atau touring, sporty, hingga adventure.

Melihat kondisi itu, PT Astra Honda Motor (AHM) pun terus mengakomodasi pasar dengan berbagai produk, termasuk varian adventure. "Secara umum, permintaan sepeda motor matik memang sedang membaik. Termasuk untuk genre motor matik adventure-explorer," kata General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin kepada Republika, Selasa (19/7).

Di segmen ini, Honda mengakomodasinya lewat produk New ADV160. Produk yang menyasar segmen skutik premium ini mencoba meningkatkan penetrasi pasar lewat wajah baru yang makin tangguh, tenaga yang lebih besar, jok yang makin nyaman, dan makin canggih dengan adanya fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control).

Skutik urban explorer ini lebih bertenaga melalui mesin baru 160 cc empat katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus). Lewat mesin itu, motor yang ditunjang oleh sistem pengereman wavy disc brake sebesar 240 mm di roda depan dan 220 mm di roda belakang ini mampu menyajikan output sebesar 16 daya kuda dan torsi 14,7 Nm.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT. Astra Honda Motor (@welovehonda_id)

Lewat beragam fitur tersebut, New ADV160 dipasarkan dengan dua tipe, yakni ABS dan CBS dengan harga Rp 39,25 juta (on the road Jakarta) untuk tipe anti-lock braking system (ABS). Kemudian, Rp 36 juta untuk tipe combi brake system (CBS). Honda meyakini, strategi produk ini membuat New ADV160 bisa terjual sebanyak 60 ribu unit.

Republika telah sempat menjajal performa motor yang menggunakan ban semi dual purpose. Memang, riding impression yang terasa adalah makin nyaman berkat ruang pijakan kaki (step floor) yang lebih luas.

Kenyamanan juga ditunjang oleh jok dengan seat height yang lebih rendah. Dengan begitu, pengendara bisa menginjakkan kaki ke permukaan jalan dengan lebih mantap. Berdasarkan data, dibandingkan dengan versi sebelumnya, seat height motor ini turun 15 mm menjadi 780 mm.

Meskipun begitu, ground clearance New ADV160 tetap cukup tinggi, yakni 165 mm. Dengan begitu pengendara bisa makin leluasa untuk menggunakan motor ini di jalan yang bergelombang. Saat ditanya soal alasan penurunan seat height, Muhibbuddin menyebut bahwa keputusan itu didasari dari adanya masukan dari konsumen.

"Banyak konsumen yang memberikan masukan terkait seat height yang lebih rendah. Kami pun merealisasikanya di produk ini sehingga konsumen bisa merasakan sensasi berkendara yang lebih nyaman," ucap dia.

Di satu sisi, kenyaman pengendara juga ditunjang oleh hadirnya two step adjustable windshield. Dengan begitu, pengendara bisa menyesuaikan ketinggian windshield sesuai kebutuhan.

Saat ingin berkendara dengan lebih aerodinamis, pengendara bisa memosisikan windshield dalam posisi yang lebih rendah. Akan tetapi, jika membutuhkan perlindungan dari terpaan angin, ketinggian windshield bisa ditingkatkan 75 mm lewat pengoperasian two step adjustable windshield yang mudah.

Secara keseluruhan, semua fitur dalam motor ini membuat New ADV160 menjadi produk yang bisa mengakomodasi kebutuhan akan kendaraan dual purpose yang praktis. Ukuranya yang kompak, tenaga yang memadai, dan handling yang nyaman membuat motor ini seakan siap untuk diajak menjadi sahabat perjalan di dalam kota maupun di jalan off road.

photo
Model mengendarai motor New Honda ADV160 saat peluncuran di AHM Safety Riding Park, Cikarang, Jawa Barat, (1/7/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV160 dengan mesin baru 160cc 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus) yang menyuguhkan performa responsif dalam berkendara harian maupun saat mengeksplorasi pengalaman baru. - (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.)

Selain Honda, pasar motor matik dual purpose juga disasar oleh Aprilia yang mengakomodasi pasar kendaraan roda dua di Indonesia lewat PT Piaggio Indonesia. Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengatakan, merek Italia tersebut ikut meramaikan pasar motor matik lewat produk Aprilia SR-GT.

"Skuter premium sporty ini didesain untuk menghadirkan rangkaian teknologi terdepan yang memberikan keseruan dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan. Mulai dari permukaan aspal, beton, jalan berbatu, hingga jalur tanah. Keunggulan tersebut merupakan buah dari desain yang terinspirasi oleh Enduro World, sehingga menjadikannya teman ideal untuk berpetualang, baik di jalur perkotaan maupun di jalur dengan kondisi tidak terduga," kata Marco dalam peluncuran Aprilia SR-GT di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia juga menekankan, kehadiran produk terbaru Aprilia itu bertujuan menggebrak pasar melalui desainnya yang menarik. Kemudian, pengalaman menyenangkan untuk dikendarai serta memberi pengalaman perjalanan yang seru.

“Brand Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari sirkuit MotoGP yang kompetitif dan bergengsi ke jalanan di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dan paling luar biasa dari keluarga Aprilia yang tetap setia pada esensi brand Aprilia, yaitu designed for racers, built for riders, namun tetap relevan untuk berkendara sehari-hari,” ujarnya.

Secara produk, motor ini tampil dengan desain sporty lewat penerapan front end dan desain headlight yang agresif. Ditambah dengan perpaduan fairing ganda yang unik. Sekilas, tampak depan dari produk rakitan Vietnam ini terlihat seperti motor sport andalan Aprilia, yaitu Tuono 660.

Di bagian belakang, tampilanya terlihat unik berkat penerapan taillight yang khas. Keunikannya juga kian kental berkat adanya mud guard yang menyatu dengan swing arm. Lewat seluruh desain itu, tampilan rear end Aprilia SR-GT 200 jadi terlihat seperti sebuah motor masa depan.

photo
Aprilia SR-GT 200 - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Republika juga telah sempat membuktikan performa motor matik segala medan itu di berbagai kondisi, baik di jalanan Ibu Kota maupun antarkota. Saat mulai duduk di jok, kesan jangkung memang sangat terasa karena suspensi dan ground clearance motor didesain cukup tinggi untuk mengakomodasi kemampuanya sebagai motor dual purpose.

Untuk performa, motor dengan mesin 174 cc berkemampuan 17 daya kuda dan torsi 16,5 Nm ini juga terasa cukup mumpuni untuk diajak berakselerasi. Mesinnya yang halus serta suspensinya yang lembut pun membuat pengendara tetap merasa nyaman saat memacu motor tersebut dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Untuk handling, motor dengan ground clearance 175 mm ini juga terbilang cukup akurat berkat sistem pengereman ABS single channel dengan cakram depan berukuran 260 mm dan cakram belakang 220 mm. Perpaduan hal itu pun membuat motor ini tetap nyaman untuk bermanuver dalam berbagai medan meski dikendarai dengan berboncengan.

Agar motor yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 60 juta ini bisa hadir sebagai motor yang efisien dan ramah lingkungan, Aprilia pun menerapkan teknologi RISS atau regulator inverter start & stop system. Dengan begitu, mesin bisa mati otomatis saat kondisi idle dan kembali menyala saat gas diputar. 

Kebebasan dan Rasa Damai di Ombak Gaza

Dengan perbatasan darat Gaza yang dijaga ketat oleh Israel dan Mesir, Gaza adalah wilayah yang terkepung.

SELENGKAPNYA

Jokowi Bakal Melawat ke Tiga Negara Asia Timur

Joko Widodo menjadi kepala negara asing pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Cina dalam dua tahun terakhir.

SELENGKAPNYA

Mercedes Benz Luncurkan All New C-Class

Mobil ini menerapkan sistem hiburan MBUX (Mercedes-Benz User Experience) yang dilengkapi dengan voice assistant.

SELENGKAPNYA