Memilih sepatu sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. | Dok Asics

Modis

Memilih Sepatu Sekelas Profesional

Jika sepatu yang dikenakannya tepat, pergerakan pemain bisa lebih lincah.

 

 

Pemilihan pakaian, juga sepatu, sangat berpengaruh terhadap performa seseorang, terutama bagi olahragawan seperti pebasket. Menurut mantan pebasket profesional Fidyan Dini (Yandi), pemilihan sepatu berpengaruh terhadap kualitas permainan. Kualitas sepatu yang mendukung tentu dapat membuat nyaman dan meningkatkan kinerja pemain.

Dia menyebutkan, setiap atlet punya karakter, posisi, dan cara bermain yang berbeda. “Meskipun pergerakan pemain berbeda-beda, berbagai kelengkapan pendukung yang dipakai nya harus nyaman. Yang paling penting, kaki itu harus nyaman dan cara sepatu men jaga dari cedera, tidak merasakan licin, atau lebih enak yang empuk,” kata Yandi dalam peluncuran Curry Flow 9 bekerja sama dengan Sesame Street, acara televisi di Amerika karya Jim Henson, bulan lalu.

Mantan atlet bola basket profesional lainnya, Ronaldo Sitepu, menyebutkan, lari seorang pemain bergantung pada pergerakannya, baik saat latihan maupun pertandingan. Jika sepatu yang tepat dipakai, pergerakan pemain lebih lincah. “Intinya lari cepat, lompat tinggi, dan mendarat dengan aman karena teknologi sepatu lebih ketat menjaga bagian tengah untuk pebasket, juga performanya makin kencang,” kata dia.

Diakuinya, orang kerap melihat desain dan warna saat pertama kali memilih sepatu. “Cuma memang lebih ke kenyamanan, resistensi, dan daya tahannya saat latihan dan menahan bobot kita itu gimana,” tambah Ronaldo.

Penggemar NBA di Indonesia sudah tak asing lagi dengan idola basket masa kini, yaitu pebasket Stephen Curry. Dia sering memakai sepatu merek fashion olahraga Under Armour ini dari seri Curry 8 dengan Curry 9 X Sesame Street.

Marketing Manager Under Armour Indonesia Ade Maharani mengatakan, seri ini keluar setelah proses pengembangan dan survei yang panjang. Hasilnya, adalah sepatu yang ringan, empuk, dan aman melindungi kaki pemain dari cedera. Warnanya pun variatif dengan desain yang menarik walau edisinya terbatas. Jumlahnya terbatas. Tadinya preorder tapi banyak waiting list.

Curry 9 berteknologi UA Warp sebagai pengunci kaku untuk keseimbangan, UA Flow pada solnya yang mencengkeram lebih kuat, serta durable UA flow outsole-nya juga mampu memberikan stabilitas dengan daya tahan di lapangan. “Kekuatan UA Warp dapat mengunci kaki dengan sepatu yang berdampak besar untuk saya bergerak lebih cepat dan stabil dengan gerakan yang lebih natural,” kata Steph Curry.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Under Armour Basketball (@uabasketball)

Sesame Workshop berkolaborasi dengan UA diyakini oleh organisasi nonprofit yang mampu menginspirasi para atlet muda. “Kami menyukai kampanye yang dilakukan Steph Curry yang mempromosikan gaya hidup yang sehat, aktif berolahraga, dan kerja sama tim,” ungkap Vice President of Global Licensing at Sesame Workshop Gabriela Arenas.

Sepatu profesional lainnya adalah untuk berlari. Asics mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga lewat sepatu khusus lari Gel-Kinsei Blast. Selain nyaman untuk pelari, teknologi propulsion plate Pebax dan bantalan FF Blast Plus pada sol tengahnya membuat pelari dapat meningkatkan ritmenya lebih cepat, tapi tetap nyaman di setiap langkahnya. Kedua teknologi tersebut meminimalkan guncangan.

“Asics pun turut memperkenalkan Gel-Kinsei Blast sebagai sepatu cerdas penuh gaya disertai teknologi mutakhir dari Jepang dengan desain modern untuk para pelari dalam meningkatkan semangat para penggunanya,” ungkap President Director Asics Indonesia Yoshihito Tamura dalam pernyataan yang diterima Republika.

Bahan rajutan di bagian atas sepatu terinspirasi dari baju besi samurai Jepang untuk melindungi kaki, tapi gerakannya dapat dilakukan dengan bebas. Sepatu ini tersedia untuk pria dan wanita untuk mendukung mereka dalam berolahraga lari. 

Tak berhenti sampai di situ, pada Februari 2022, Asics juga mengumumkan peluncuran Gel-Nimbus 24, sepatu lari yang merupakan pembaruan dari generasi pendahulu sebelumnya. Sepatu yang ditawarkan seharga Rp 2,4 juta ini, menawarkan berbagai fitur, salah satunya fitur perlindungan pada bagian bawah sepatu yang dapat melindungi kaki secara canggih melalui fitur FF Blast Plus. 

Fitur ini merupakan teknologi terbaru milik Asics dari hasil riset yang telah dijalankan sebelumnya. “Kami berkomitmen untuk memberikan kinerja dan perlindungan tingkat tinggi untuk pelari dan pengguna sehingga mereka bisa merasakan manfaat kebebasan bergerak yang menyenangkan saat berolahraga,” ujar Tomohiro Nagasue, selaku general manager, performance running footwear, product development Asics.

Ia menjelaskan, sepatu ini memiliki komponen yang lembut di bagian atas sepatu dan pada panel bagian tengah kaki, membuat sepatu ini memiliki sirkulasi udara yang baik serta memberikan kenyaman saat digunakan untuk berlari jarak jauh. 

Melihat minimnya pengetahuan mengenai seberapa penting sepatu dapat mempengaruhi kegiatan olahraga, dan dampak apa yang bisa terjadi jika memilih sepatu yang salah. Terdapat setidaknya 65 persen olahragawan rekreasional yang menggunakan sepatu yang salah dan tidak sesuai dengan jenis olahraga yang mereka lakukan.

photo
Sepatu Asics Gel-Nimbus 24, sepatu lari dengan fitur FF Blast Plus yang merupakan teknologi terbaru untuk perlindungan pada bagian bawah sepatu yang dapat melindungi kaki. - (Dok Asics)

Untuk itu, Asics pun menawarkan Gel-Nimbus 24 sebagai sepatu lari yang memberikan kenyamanan pengguna saat berlari karena memiliki teknologi FF Blast Plus yang membuat sepatu ini menjadi ringan dan tahan benturan. Sepatu ini juga memberikan toe-off yang lebih berenergi dan pengalaman yang lebih lembut saat digunakan oleh penggunanya di setiap langkah saat berolahraga.

Fitur lainnya yang terdapat pada sepatu ini adalah konstruksi lidah rajutan yang nyaman untuk membungkus kaki pengguna dengan rasa yang lebih lembut dan lebih suportif. Penggunaan material outsole karet Asics Lite yang lebih ringan dan lebih kuat dari material outsole standar sebelumnya membantu meningkatkan daya ketahanannya terhadap abrasi saat terjadi guncangan.

 
Setidaknya 65 persen olahragawan rekreasional yang menggunakan sepatu yang salah. 
 
 

 

Sepatu Ringan untuk Olahraga Intensif

Pencinta olahraga intensitas tinggi (high intensity interval training/HIIT) pasti akan mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar olahraganya maksimal. Olahraga seperti itulah yang menginspirasi Puma untuk meluncurkan Pure XT.

“Desain sepatu ini terinspirasi dari olahraga seperti HIIT dan jenis-jenis olahraga lainnya yang dapat ditemukan di studio gym,” ungkap Country Manager Puma Indonesia Achyat Rachman, saat dihubungi Republika, tiga bulan lalu. Berbagai teknologinya, kata Achyat, membuat Puma Pure XT pas untuk latihan intensif dan kompleks, seperti squat, lunges, lompat, push-up, dan bahkan lari kencang.

Puma Pure XT berfokus pada keringanan, stabilitas, dan kenyamanan untuk memberi dukungan maksimum sepanjang latihan. Keringanan dari sepatu tersebut didukung oleh profoam high-rebound EVA yang memberikan bantalan instan serta keringanan. Lalu di sol luarnya dilengkapi fitur karet Pumagrip berdaya tahan lama dan penutup atas sepatunya menjaga seluruh bagian kaki.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PUMA Football (@pumafootball)

Selain itu, ada juga koleksi Rider yang paling populer, yaitu Wild Rider, yang menjadi favorit Neymar Jr saat di luar lapangan. “Sebagai seseorang yang menyukai streetwear, saya sangat senang ketika Puma menghubungi saya untuk menjadi wajah dari koleksi Puma di luar sepak bola,” kata Neymar Jr soal sepatu yang berdesain unik tersebut.

Puma juga menghadirkan berbagai pakaian dan aksesoris, seperti t-shirt, celana pendek, sport bra, legging, hoodie, dan tas yang tidak hanya nyaman untuk digunakan dalam berbagai jenis latihan, tetapi juga tetap gaya.

Adidas pun tak mau ketinggalan dalam meluncurkan sepatu terbarunya, yaitu Yeezy 500 Blush sebagai kolaborasi Adidas dan Yeezy. Koleksi yang hadir pada Februari 2022 ini menampilkan bagian atas sepatu dari bahan kulit dan teknologi yang premium untuk memberikan kenyamanan dan tahan lama.

Tak hanya Yeezy 500 Blush, Adidas Originals juga menelurkan koleksi musim semi untuk sepatu dan pakaian olahraganya dengan tajuk Never Change Your Stripes. Koleksi tersebut hadir pada Januari 2022 sebagai hasil dari inspirasi nuansa tradisional saat perayaan tahun baru.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat