BMW Motorrad Tom Sykes of Britain passes by during the free practice 3 Superbike World Championship at Mandalika International Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Saturday, Nov. 20, 2021. | AP/Achmad Ibrahim

Otomotif

BMW Motorrad Luncurkan M 1000 RR

Pecinta motor kini dapat menikmati BMW Motorrad

 

BMW M atau BMW Motorsport adalah divisi khusus dari BMW yang fokus untuk meracik kendaraan high performance. Kini, divisi itu tak hanya menghadirkan produk mobil, tapi juga telah merambah kendaraan roda dua.

Hal itu diwujudkan lewat produk BMW M 1000 RR. Owner BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, mengatakan, kini pencinta motor sport Indonesia telah bisa menikmati motor spesial tersebut.

"Ini adalah motor spesial karena jadi motor M Series pertama dari BMW. Jadi motor ini akan jadi incaran para kolektor," kata Joe Frans dalam peluncuran BMW M 1000 RR di Jakarta, Rabu (16/2).

Untuk menonjolkan identitasnya sebagai motor high performace, produk ini dikembangkan lewat ajang World Superbike (WSBK). Oleh karena itu, lanjut dia, M 1000 RR disebut sebagai motor yang dilahirkan di race track. "Spesifikasinya mendekati dengan spesifikasi dalam motor WSBK. Sensasi berkendaranya lebih mengedepankan performa dan emosi," ucapnya.

Secara spesifikasi, motor ini dibekali dengan mesin 999 cc yang mampu menyajikan output sebesar 212 daya kuda dan torsi 113 Nm. Performanya pun ditunjang oleh winglet dan sejumlah material karbon sehingga membuat motor ini mampu berakselerasi dengan cepat dan stabil hingga kecepatan 306 kilometer/jam.

Capaian itu pun ditunjang oleh connecting rods dan valve yang dibuat dari titanium di mesin empat silinder segaris dengan BMW ShiftCam tersebut. Velg motor ini pun menggunakan bahan karbon sehingga membuat total dry weight hanya 169,8 kilogram.

Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia, Sukimin Thio, mengatakan, BMW M 1000 RR dipasarkan dengan harga Rp 1,6 miliar off the road. "Saat ini, kami baru impor satu unit saja, sehingga ini merupakan unit pertama dan satu-satunya di Indonesia," kata Thio.

Sebagai sebuah motor spesial, unit ini pun telah laku terjual. Melihat animo yang tinggi, BMW Motorrad pun kembali akan menjembatani konsumen yang menginginkan produk tersebut.

"Untuk proses pembelian perlu inden sekitar empat hingga enam bulan," ujarnya. Dia meyakini, produk ini akan jadi incaran pencinta  motor sport  yang ikonik dan siap untuk diajak menikmati track day.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat