Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (o | Republika/Edwin Dwi Putranto

Otomotif

IIMS 2022 Mundur Sebulan

Awalnya IIMS 2022 akan digelar bulan ini.

 

Awalnya, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan digelar pada bulan ini. Tapi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di DKI Jakarta membuat Dyandra Promosindo mengubah jadwal tersebut.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, mengatakan, awalnya IIMS 2022 dijadwalkan pada 17 hingga 27 Februari 2022. Kini, salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia itu dijadwalkan digelar pada 31 Maret hingga 10 April 2022.

"Keputusan ini diambil sejalan dengan kondisi PPKM Level 3 DKI Jakarta yang diumumkan oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenai peningkatan level PPKM Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung," kata Hendra dalam keterangan pers kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, keputusan yang diambil Dyandra juga sejalan dengan beragam kebijakan, seperti diberlakukannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 50 persen dari kapasitas ruang kelas di sekolah. Oleh karena itu, sebagai penyelenggara, Dyandra Promosindo memutuskan untuk menunda penyelenggaraan IIMS 2022. Hal ini setelah mempertimbangkan faktor kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan para pihak yang terlibat dalam pameran IIMS 2022.

"Kami selalu memantau perkembangan dari penularan Covid-19. Segala langkah telah kami pertimbangkan, termasuk saran dan masukan dari calon exhibitors yang juga memiliki concern yang sama terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Dia pun berharap, IIMS bisa tetap berperan dalam mendongkrak industri otomotif Tanah Air. Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo juga sempat menekankan bahwa momentum kebangkitan industri otomotif harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Khususnya, untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif sebagai salah satu sektor fundamental bagi pemulihan perekonomian nasional.

"Penyelenggaraan IIMS adalah dalam rangka menangkap peluang dan mengoptimalkan kebangkitan tersebut agar benar-benar berdampak positif bagi perekonomian kita. Pemerintah sudah mengeluarkan berbagai aturan, kebijakan, dan regulasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita, termasuk dari dunia otomotif. Kami dari IMI hadir dengan harapan dapat membantu dan mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor industri otomotif," kata Bambang.

Pameran yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ini akan diramaikan oleh sejumlah merek, seperti Chery, DFSK, MG, Mitsubishi, Suzuki, BMW, Honda, Hyundai, Toyota, dan Wuling, juga Astra Honda Motor, Benelli Keeway, Gesits, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Royal Enfield, Utomocorp, Vespa, Volta, dan Yamaha.

Pameran ini juga akan dimeriahkan oleh community experience, IIMS Formula Racing Electric Student Championship, test drive & ride, Indonesian Automodified (IAM), Indonesian custom e-moto expo & championship, dan beragam program lainya.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat