Toyota All New Land Cruiser 2022 | Youtube

Otomotif

20 Jan 2022, 02:32 WIB

Toyota Luncurkan All New Land Cruiser dan New Fortuner

All New Land Cruiser dihadirkan dalam dua varian, yakni VX-R dan GR Sport.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengawali 2022 dengan meluncurkan dua SUV sekaligus. Kedua produk itu adalah All New Land Cruiser dan New Fortuner. Presiden Direktur TAM Susumu Matsuda mengatakan, selama satu dekade terakhir, segmen SUV menjadi populer di global dan Indonesia.

"Karena itulah, selama ini kami terus menghadirkan berbagai jenis line-up SUV di Indonesia, dari segmen entry hingga premium. Kini, kami pun memperkenalkan tidak hanya satu, tetapi dua SUV baru, All New Land Cruiser dan New Fortuner. Kami berharap, keduanya dapat makin mendukung mobilitas masyarakat Indonesia,” kata Susumu Matsuda dalam peluncuran All New Land Cruiser dan New Fortuner yang digelar secara virtual, pekan lalu.

Dia menekankan, Land Cruiser dan Fortuner dikenal sebagai SUV Toyota yang tangguh, bertenaga, dan dapat diandalkan. Land Cruiser menjadi cikal bakal dari segmen SUV Toyota di Indonesia. Sedangkan, Fortuner dihadirkan sebagai high SUV untuk mendukung mobilitas kalangan menengah ke atas yang aktif dan dinamis.

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengatakan, SUV Toyota menjadi jenis kendaraan yang makin diminati oleh masyarakat Indonesia. "Bahkan, dalam 10 tahun terakhir, kontribusi SUV Toyota terhadap total penjualan Toyota meningkat secara signifikan. Pada 2011 masih sekitar 12 persen, namun pada 2021 sudah mencapai sekitar 35 persen. Kami bersyukur jajaran SUV yang kami hadirkan senantiasa mendapatkan respons yang baik di masyarakat Indonesia,” kata Henry.

Di Indonesia, All New Land Cruiser dihadirkan dalam dua varian, yakni VX-R dan GR Sport. Dengan dua varian ini, konsumen bisa memilih produk yang sesuai seleranya masing-masing.

Pada varian VX-R, All New Land Cruiser mendapatkan tambahan power back door with kick sensor, new digital video recorder, new wireless charger, new rear seat entertainment, serta electronic parking brake with brake hold.

Sedangkan, varian GR Sport memperoleh tambahan new stability control dan new adaptive variable suspension sehingga membuat mobil ini menjadi lebih jinak di berbagai kondisi jalan. Varian ini juga dibekali dengan E-KDSS (electronic kinetic dynamic suspension system) dan fitur electronic differential lock.

photo
Toyota Fortuner 2022 - (Youtube)

Mobil dengan desain baru yang lebih boxy dan dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS) ini ditunjang oleh mesin turbo 3,4 liter. Output sebesar 300 daya kuda itu kemudian disalurkan lewat transmisi 10-speed direct shift-10AT.

Sementara, New Fortuner hadir dengan varian tambahan dengan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV. Mesin itu sendiri merupakan mesin turbo 2,8 liter yang menyajikan output sebesar 201 daya kuda.

Direktur Marketing TAM Anton Jimmi Suwandy menambahkan, sejak awal, Fortuner dikembangkan sebagai 7-seater SUV yang tangguh dan dapat diandalkan. Dibekali dengan DNA ini, Fortuner dapat mendukung segala bentuk aktivitas masyarakat di berbagai kondisi jalanan di Indonesia yang beragam.

"Seiring waktu, kami terus meningkatkan performa Fortuner dengan menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga. Mulai dari mesin bensin 2TR, lalu mesin diesel 2KD yang diteruskan dengan 2GD, hingga kini kami hadirkan pilihan mesin diesel baru, yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Kehadiran mesin baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan lebih lengkap dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang memprioritaskan aspek performa dari Fortuner,” kata Anton.

Toyota juga melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak empat roda (4x4) yang memakai mesin diesel 1GD dan dilengkapi dengan fitur easy 4x4 switch serta downhill assist control (DAC). Dengan hadirnya tipe //flagship// dan mesin baru ini, New Fortuner memiliki delapan tipe sesuai selera masing-masing konsumen.

Fortuner dengan mesin baru ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp 580 juta hingga Rp 680 juta. Sedangkan, All New Land Cruiser dipasarkan dengan harga sekitar Rp 2,3 miliar.


×