Acara Golden Globes di Amerika Serikat. | HFPA

Geni

12 Jan 2022, 04:28 WIB

Golden Globes tanpa Karpet Merah

Golden Globes adalah salah satu acara penghargaan utama untuk televisi dan film di Amerika Serikat (AS).

Acara penghargaan Golden Globes 2022 berjalan secara privat dan tidak disiarkan secara langsung. Penghargaan mewah ini menjadi sorotan sejak NBC mengumumkan tidak akan menayangkan acara itu sehubungan dengan kritik terhadap Hollywood Foreign Press Association (HFPA). 

HFPA dikritik karena kurangnya keragaman ras di antara para anggotanya dan kritikus juga mengajukan pertanyaan apakah hubungan dekat dengan studio film mungkin telah memengaruhi pilihan untuk nominasi dan pemenang. HFPA terdiri atas jurnalis film asing dari berbagai negara di dunia yang memilih nominasi dan pemenang. 

Beberapa kategori di Golden Globes tidak memiliki nominasi orang dengan warna kulit, di antaranya, kategori aktris terbaik dalam film drama, aktor pendukung terbaik dalam film, dan aktris pendukung terbaik di televisi.

Sebelum penyelenggaraan, HFPA menegaskan tidak akan ada penonton atau karpet merah di acara tersebut. "Acara tahun ini akan menjadi acara pribadi dan tidak akan disiarkan langsung. Pengumuman pemenang akan disiarkan di situs web Golden Globes dan media sosial kami," kata penyelenggara pada akhir pekan lalu. 

Golden Globes adalah salah satu acara penghargaan utama untuk televisi dan film di Amerika Serikat (AS). Ini adalah penghargaan yang terbesar menjelang Academy Awards.

Penyelenggara ajang penghargaan Golden Globe ke-79 akhirnya mengumumkan daftar pemenangnya dalam acara yang berlangsung di Beverly Hilton Hotel, Los Angeles, Kalifornia, pada Ahad (9/1) waktu setempat. Dalam perhelatan, penerima penghargaan juga tidak hadir menyusul lonjakan cepat kasus Covid-19 varian omikron di kawasan Amerika.

Di antara daftar pemenang, ada nama aktor Korea Selatan O Yeong-soo sebagai aktor pendukung pria terbaik untuk perannya dalam serial "Squid Game”. Oh Young-soo menjadi aktor Korea pertama yang mendapatkan penghargaan individu di Golden Globes.

Young-soo memenangkan kategori Best Supporting Actor in the Television untuk perannya sebagai kakek Oh Il-nam dalam serial orisinal Netflix, “Squid Game”. Dia mengalahkan nomine lain, yakni Billy Crudup dan Mark Duplass dalam “The Morning Show”, Kieran Culkin dalam “Succession”, dan Brett Goldstein dalam “Ted Lasso”.

"Setelah mendengar berita tentang penghargaan tersebut, saya berkata pada diri sendiri, 'Saya pria yang baik’, untuk pertama kalinya dalam hidup saya," kata Oh Young-soo melalui Netflix, dilansir di Soompi, Senin (10/1).

Young-soo berterima kasih kepada semua orang atas penghargaan itu. Dia berharap semua orang bisa menjalani kehidupan yang indah. Serial “Squid Game” juga dinominasikan untuk Best Television Series–Drama, sementara Lee Jung-jae telah dinominasikan untuk Best Performance by an Actor in a Television Series–Drama. 

OST film No Time to Die yang dibawakan penyanyi Billie Eilish & Finneas O'Connell menjadi lagu terbaik.  Penghargaan tersebut membuat lagu yang berjudul sama dengan filmya ini selangkah lebih dekat ke nominasi Oscar. Seperti dikutip dari Billboard pada Senin (10/1), sebelumnya lagu "Skyfall" dari Adele dan "Writing's on the Wall" Sam Smith menjadi dua OST James Bond telah lebih dulu memenangkan Golden Globes dan Oscar. 

Pemenang Golden Globes lainnya, yakni Encanto dalam kategori Best Motion Picture (Animated), “Hacks” kategori Best Television Series (Musical or Comedy), West Side Story kategori Best Motion Picture (Musical or Comedy), dan The Power of the Dog kategori Best Motion Picture (Drama).


×