Kosmetika Korea kini makin mendapat tempat di kalangan wanita Indonesia. | Dok Barenbliss

Modis

10 Jan 2022, 07:59 WIB

Raih Peluang dari Demam K-Pop

Masyarakat sudah menyadari pentingnya kesehatan kulit sehingga mereka mulai mencari produk berbahan organik.

Saat ini, masyarakat sudah mulai teredukasi untuk melakukan perawatan kulit secara rutin. Mereka pun jeli dalam memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit mereka. 

Dalam hal ini, fenomena Korean wave terutama K-beauty rupanya memberikan pengaruh pada masyarakat dalam menentukan pilihannya pada produk perawatan kulit. Inilah yang membuat banyak produk perawatan kulit asal Korea berlomba-lomba menggaet pasar di Tanah Air.

Industri kosmetik tergolong yang tumbuh pesat dengan kenaikan sebesar 70 persen di saat pandemi global. Mengutip Euromonitor, pasar skincare di Indonesia diperkirakan hampir mencapai 6 miliar dolar AS (Rp 85,8 triliun) pada 2019, dan berpotensi tumbuh menjadi 8 miliar dolar AS (Rp 114,4 triliun) di 2022.

Kondisi ini membuat berbagai produk mengambil peluang, tetapi dermatologis Dr Arini Widodo menganjurkan agar masyarakat jeli dalam memilih produk skin care. “Selama pandemi, banyak orang yang semakin peduli dengan kesehatan. Jadi, banyak orang yang memilih produk yang ingredients- nya tidak merusak kulit.” ucap dia dalam virtual media gathering Face Republic, bulan lalu.

Saat ini, kata dia, masyarakat mulai mencari produk berbahan organik. Selain itu, dalam pandemi ini, ada isu perubahan iklim yang meningkatkan minat banyak orang kepada skin care yang ramah lingkungan, bebas animal testing, dan lainnya terkait dengan climate change.

Tak hanya itu, sambung Arini, kepedulian terhadap perawatan diri pun ikut meningkat. Pemicunya adalah banyaknya aktivitas di rumah dan hobi menonton film K-drama. Hal itu membuat banyak perempuan mengidolakan kulit khas orang Korea sehingga mereka mencari produk yang membuat kulit cerah dan berkilau.

Di tengah persaingan industri yang semakin ketat, semua berupaya menggaet bintang-bintang ternama Korea dalam K-Pop untuk mengatrol popularitas produknya. Kenyataan itu dilihat dari langkah produk skincare asal Korea Selatan, Face Republic. Meski baru, merek ini berkembang pesat di Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, Taiwan, dan Jepang.

photo
Produk perawatan kulit dari Face Republic (ilustrasi) - (Instagram/FaceRepublic.id)

Lewat risetnya, Face Republic memformulasikan proses perawatan kulit yang mudah bagi pelanggan. “Face Republic hadir dengan empat line, yakni hydro line, glow line, calming line, dan blooming line. Customer-lah yang memilih ingin mencapai skin goal yang mana,” papar CEO Face Republic Yo han Kim yang mulai mem bangun brand-nya sejak 2017.

“Face Republic akan membantu mengarahkan kalian, tidak hanya menemukan kembali skin goal mana yang mau kalian raih, tapi juga memaksimalkan cantik natural versi kalian,” kata Yo han.

Langkah serupa dilakukan oleh brand kosmetik Indonesia, Scarlett. Jenama ini menggandeng grup girl band asal Korea, Twice, sebagai star ambassador yang mendorong tagline Reveal Your Beauty. Dua bulan lalu, mereka bekerja sama dalam meng usung produk Scarlett tersebut.

“Semua orang sejatinya punya pesona masing-masing. Kita semua harus bangga dengan keunikan kita dan berani tampil percaya diri. Jajaran produk skincare Scarlett bisa membantu kita untuk merawat kesehatan dan kelembutan kulit kita setiap saat,” ujar Twice dalam pernyataannya.

Menurut owner Scarlett Felicya Angelista, Twice yang dikelola oleh JYP Entertainment ini cocok dalam mewujudkan tujuan jenama tersebut dan memperkenalkannya kepada masyarakat. “Sebagai jenama skincare terdepan di Indonesia, kami selalu berkomitmen untuk mendengarkan kebutuhan para pengguna dan terus berinovasi dengan rangkaian koleksi perawatan yang lebih baik,” ujar Felicya.

Kolaborasi antara Scarlett dan girlband beranggotakan Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, serta Tzuyu itu akan berlangsung hingga 2022. Selain dengan Twice, Scarlett pun meresmikan Song Joong- ki sebagai star ambassador-nya untuk produk-produk perawatan tubuh. 

 
Kepedulian terhadap perawatan diri pun ikut meningkat pesat selama pandemi. 
DR ARINI WIDODO
 
 

 

Mendapat Tempat Tersendiri 

photo
Rangakian Lip Tint dan Barenbliss. - (Dok Barenbliss)

Tren K-beauty masih menjadi salah satu pilihan favorit di hati beauty enthusiast di Indonesia. Jenama kosmetik asal Korea Selatan Barenbliss (BNB), sejak diluncurkan di Indonesia Agustus 2021 lalu pun terus mendapatkan perhatian khusus di hati K-beauty Enthusiast Tanah Air. 

iHal ini terbukti dengan diraihnya predikat Lip Tint Korea Terfavorit pilihan konsumen. Prestasi ini diraih berdasarkan hasil survei yang dilakukan Beautynesia terhadap ratusan Beautynesian, sapaan pembaca setia Beautynesia.

Fivyola Hendra selaku Brand Director barenbliss Indonesia mengatakan, “Brand K-beauty kini sudah sangat familiar dikalangan beauty enthusiast di Indonesia, banyak brand kosmetik asal negeri ginseng tersebut dipasarkan di Indonesia. Barenbliss pun hadir dengan produk kosmetik yang berbeda,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika

Menurutnya, BNB mengusung tagline beauty in joy, yang membebaskan semua orang untuk berkreasi dengan K-beauty Looks lewat produk BNB. ‘Dengan terpilihnya BNB Peach Makes Perfect Lip Tint sebagai Lip Tint Korea Terfavorit, kami sangat antusias mendapat kepercayaan dari konsumen dan optimis untuk terus menghadirkan produk kosmetik K-beauty yang sesuai dipakai untuk orang Indonesia,” Fivyola melanjutkan. 

BNB Peach Makes Perfect Lip Tint adalah pewarna bibir dengan aroma buah persik bertekstur gel ringan yang melapisi bibir dengan 6 kandungan kebaikan alami, yaitu shea butter, jojoba oil, olive oil, meadowfoam seed oil, sunflower seed oil dan almond oil. Lip tint ini hadir untuk tampilan bibir yang segar dan lembap. Color Pop formulanya mampu menghasilkan warna yang intens, ditambah stain-lock technology yang mampu melapisi dan mewarnai bibir dengan sempurna hingga 12 jam. 

Rangkaian lip tint ini, terdiri dari 4 warna, yaitu paradise found, pretty please, take change, dan never settle. Cara pakainya, oleskan tipis pada seluruh permukaan bibir menggunakan aplikator, ulangi untuk warna yang lebih intens dan berkilau.


×